Salah satu adegan film Suzume no Tojimari atau Suzume (Sumber gambar: Twitter/@suzume_tojimari)

Rekor, Animasi Suzume No Tojimari Cetak Box Office di Korea

30 April 2023   |   22:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Animasi Jepang memang enggak ada matinya. Salah satunya adalah Suzume No Tojimari yang berhasil mencetak rekor di box office Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, animasi besutan Makoto Shinkai itu berhasil meraup 52 miliar Won atau sekitar Rp570 miliar pada Minggu, (30/4/2023) waktu setempat.

Menurut laporan Korea Times, animasi petualangan fantasi itu bahkan telah berhasil menjual sekitar 5 juta tiket di Negeri Ginseng. Bahkan, film asal Jepang itu pun menjadi satu-satunya sinema yang pertama melakukannya serta berhasil mencetak sejarah baru di dunia perfilman Korea.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Oshi No Ko, Serial Anime Fiksi Karya Aka Akasaka

Tak hanya itu,  Suzume No Tojimari juga menjadi film Jepang berpenghasilan tertinggi pada 14 April. Animasi ini juga mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh film animasi bola basket The First Slam Dunk karya sutradara Takehiko Inoue.

Diketahui, The First Slam Dunk dirilis pada Januari 2023 mencatat penjualan tiket sebanyak 3,81 juta pada bulan Maret. Rekor ini bertambah hingga tembus 4,48 juta penjualan tiket di bulan berikutnya. Namun, gelar tersebut berhasil diserobot oleh Suzume No Tojimari dengan total penjualan mencapai 5 juta tiket di Korsel.
 
 

Dilansir dari Box Office Mojo, film itu hingga saat ini bahkan sudah mengantongi US$164,260 juta atau setara Rp2,4 triliun dari bioskop seluruh dunia. Tak hanya itu, saat rilis di Jepang, Suzume no Tojimari juga langsung mejeng di peringkat 1 mingguan layar bioskop Jepang.

Animasi Suzume mengikuti karakter perempuan bernama Suzume yang harus menyelamatkan kota Kyushu dari kegelapan. Remaja berusia 17 tahun itu sebelumnya bertemu laki-laki pengelana yang mencari sebuah pintu di sebuah reruntuhan.

Suzume kemudian mengikuti pemuda tersebut, hingga suatu ketika mereka  menemukan sebuah pintu di reruntuhan pegunungan. Namun, pintu itu akhirnya terbuka dan menjadi awal kejadian bencana hebat yang terjadi di Jepang.

Pintu misterius inilah yang menjadi awal cerita anime Suzume no Tojimari. Suzume pun berusaha menutup kembali pintu tersebut agar malapetaka dapat berhenti di Negeri Matahari Terbit.

Film ini sebelumnya juga sempat masuk jajaran kompetisi untuk Berlin International Film Festival (Berlinale) 2023. Selain itu, Suzume juga menjadi film anime pertama Jepang yang ikut kompetisi tersebut dalam 21 tahun terakhir, sejak Spirited Away karya Hayao Miyazaki menang piala Golden Bear pada 2002.

Diproduksi CoMix Wave Film, Suzume no Tojimari juga masih diarahkan oleh Noritaka Kawaguchi selaku CEO, serta Kazumi Sunami dan Koichiro Ito sebagai Directors. CoMix Wave memang dikenal sebagai distributor film anime populer untuk iklan televisi hingga film-film pendek di Jepang.

Baca juga: Selain Suzume No Tojimari, Cek 5 Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai Lainnya

Adapun, Makoto Shinkai sebelumnya juga  sudah dikenal lewat karya-karyanya seperti Kimi no Nawa (Your Name), Tenki no Ko (Weathering With You), Kotonoha no Niwa (The Garden of Words), dan 5CM Per Second. Dari sinilah, perlahan nama Makoto Shinkai moncer di industri film anime Jepang dan dikenal sebagai sineas dengan sederet karya fenomenal.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wahai Kolektor Muda, Begini Tip Mengoleksi Karya Seni yang Harus Kalian Ketahui

BERIKUTNYA

Rekomendasi Buku tentang Prinsip Dasar Investasi yang Banyak Jadi Rujukan Investor Sukses

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: