Denzel Washington dalam suatu adegan film Carbon Copy (Sumber gambar: tangkapan layar laman IMDb)

Berkarakter dan Karismatik, Intip Profil Denzel Washington yang Comeback di Film The Equalizer 3

26 April 2023   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Denzel Washington akan kembali memerankan karakter Robert McCall dalam The Equalizer 3. Keterlibatannya kembali dalam film ini menjadi daya tarik yang kuat bagi para penggemarnya, lantaran sosok aktor yang berkarakter dan penuh karismatik ini telah sangat identik dengan film aksi tersebut.

Pemilik nama lengkap Denzel Hayes Washington Jr itu adalah salah satu aktor papan atas Hollywood dan The Equalizer adalah satu dari sekian banyak film yang pernah dibintangi sepanjang kariernya sebagai pelaku seni peran. Tidak hanya itu, sang aktor juga tercatat telah melakoni berbagai genre film. 

Baca juga: Profil Coldplay, Band Rock Alternatif Asal Inggris yang Disebut Bakal Konser di Indonesia

Dirangkum dari berbagai sumber, Denzel Washington lahir di Mount Vernon, New York, Amerika Serikat pada 28 Desember 1954 silam. Anak dari pasangan Denzel Hayes Washington Senior dan Lennis itu mampu menembus ketatnya persaingan industri perfilman di Negeri Paman Sam.

Ketertarikannya terhadap dunia akting muncul saat dia tampil dalam produksi drama mahasiswa ketika berkuliah di Universitas Fordham, New York. Setelah lulus, dia pun memutuskan untuk berkarier di dunia seni peran.

Sebagai bagian dari keseriusannya dalam dunia akting, dia pindah ke San Francisco dan menjadi bagian dalam American Conservatory Theater (ACT) selama 1 tahun. Dia mendapatkan peran pertama yang dibayar dalam sebuah pertunjukan teater berjudul Wings of the Morning setelah keluar dari teater tersebut. 

Berperan sebagi Mathias Da Sousa, penampilannya dinilai cukup mumpuni. Dia memulai debut film layar lebarnya melalui karya berjudul Carbon Copy pada 1981 silam. Pada saat itu, dia berperan sebagai Roger Porter dan beradu akting dengan sejumlah bintang seperti George Segal, Susan Santo Yakubus, Jack Warden, dan sebagainya.

Setelah menjadi bagian dalam film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Michael Schultz itu, Washington mendapatkan banyak tawaran untuk bermain di sejumlah karya untuk layar lebar dan drama televisi.

Karier suami dari  Pauletta Washington itu kian cemerlang ketika berhasil masuk dalam nominasi Piala Oscar atau Academy Awards pada 1988 melalui film Cry Freedom. Pada saat itu, dia bersaing untuk kategori Best Actor in a Supporting Role. Namun, dia belum mampu membawa piala. 

Setelah hanya menjadi nominasi, namanya kembali bersaing dengan aktor lainnya dalam kategori Best Actor in a Supporting Role pada Piala Oscar edisi 1990 melalui film Glory. Di ajang ini, dia berhasil meraih piala tersebut.

Denzel Washington merupakan salah satu aktor yang tercatat sering masuk nominasi dalam ajang Academy Awards. Sejak 1988, dia tercatat telah 9 kali menjadi bagian dari penghargaan paling bergengsi dalam industri perfilman dunia.

Dari 9 kali menjadi nominasi, 2 di antaranya berhasil menjadi pemenang. Selain kategori Best Actor in a Supporting Role melalui film Glory pada 1990, dia juga meraih Piala Oscar edisi 2002 melalui perannya dalam film Training Day.

Pada saat itu, dia berhasil mengalahkan para pesaingnya guna merebut piala untuk kategori Best Actor in a Leading Role. Pada tahun lalu, sang aktor masuk nominasi melalui perannya di film The Tragedy of Macbeth untuk kategori Best Performance by an Actor in a Leading Role.

Selain penghargaan Academy Awards, Washington juga berhasil meraih piala di ajang Golden Globes dan masuk dalam sejumlah kategori. Dia meraih piala pada 1990 melalui film Glory sebagai kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Motion Picture.

Baca juga: Profil Ryuichi Sakamoto, Komposer Legendaris di Balik Serial Anime Exception

Kemudian, dia kembali meraih kemenangan pada 2000 melalui film The Hurricane sebagai Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Drama. Lalu, pada edisi 2016, dia meraih Cecil B. DeMille Award, yakni sebuah Golden Globe Award kehormatan yang diberikan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA) untuk jasa besar terhadap dunia hiburan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tempat Asyik di Tebet yang Wajib Kalian Kunjungi

BERIKUTNYA

Berkompetisi di Festival Film Cannes, Cek Fakta Menarik Basri and Salma in A Never-Ending Comedy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: