Denzel Washington dalam film Training Day (2001). (Sumber gambar: Warner Bros.)

Memiliki Segudang Pengalaman, Berikut Rekam Jejak Denzel Washington di Hollywood

30 August 2023   |   20:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Denzel Washington telah terbukti menjadi legenda hidup. Dia merupakan seorang raksasa di Hollywood, salah satu aktor terhebat pada masanya dan tidak diragukan lagi adalah aktor Afrika-Amerika terbaik dari generasinya. Kali ini, dia kembali sebagai Robert McCall di film The Equalizer 3.

Ini bukan film populer pertamanya. Pria yang lahir di Amerika Serikat pada 28 Desember 1954 silam itu tercatat telah membintangi puluhan film. Beberapa di antaranya mengantarkannya meraih penghargaan bergengsi, seperti Piala Oscar.

Baca juga: 5 Film Terbaik Denzel Washington, Aktor Langganan Nominasi Oscar

Pria bernama lengkap Denzel Hayes Washington Jr. itu memulai debut layar lebar melalui karya berjudul Carbon Copy pada 1981 silam. Dalam film itu, dia memerankan karakter Roger Porter dan beradu peran dengan sejumlah aktor lainnya seperti George Segal, Susan Santo Yakubus, Jack Warden, dan sebagainya.

Tawaran kian berdatangan setelah sang aktor berhasil menunjukkan perannya yang apik dalam film itu. Tidak hanya di layar lebar, tawaran beberapa drama televisi juga datang menghampirinya.
 

Washington Denzel berperan di film biopik Malcom X (1992). (Sumber foto: Warner Bros.)

Denzel Washington berperan di film biopik Malcom X (1992). (Sumber foto: Warner Bros.)

Pada 1988, namanya tercantum dalam nominasi Best Actor in a Supporting Role atau Aktor Pendukung Terbaik di Piala Oscar. Aktingnya dalam film Cry Freedom menarik perhatian para juri ajang bergengsi dalam industri seni peran tersebut.

Dua tahun berselang, namanya kembali masuk dalam nominasi untuk kategori yang sama. Kali ini, dia menjadi nominasi melalui perannya dalam film berjudul Glory (1989). Saat itu, dia berhasil mengalahkan aktor lainnya seperti Danny Aiello, Dan Aykroyd, Marlon Brando, dan Martin Landau.

Glory menjadi film dengan rangking tertinggi yang diperankan oleh Denzel Washington berdasarkan laman Rotten Tomatoes. Karya besutan sutradara Edward Zwick itu berhasil memperoleh sertifikat Fresh dengan skor 95 persen.

Penghargaan Piala Oscar yang didapatnya pada era 1990an itu membuat namanya kian melambung tinggi. Film-film seperti Mo’ Better Blues (1990), Mississipi Masala pada 1991, Malcom X pada 1992, Much Ado About Nothing (1993), Philadelphia (1993), Devil in a Blue Dress (1995), dan thriller militer Crimson Tide (1995) adalah contoh film yang dibintanginya.

Selain itu, pada 1996, dia juga pernah beradu akting dengan Whitney Houston dalam  The Preacher's Wife, yakni sebuah karya remake dari film berjudul The Bishop’s Wife yang dirilis pada 1947. Film itu berhasil masuk nominasi Piala Oscar untuk Best Music, Original Musical, or Comedy Score.

Era 1990-an bisa dibilang menjadi masa kejayaan Washington, wajahnya kembali hadir di layar lebar lewat film He Got Game (1998) dan The Hurricane (1999). Seperti enggan berhenti dan kian menjadi, namanya kian melambung tinggi di jagat industri seni peran dunia. Memasuki milenium 2000, sejumlah film terus dibintangi oleh sang aktor dengan genre yang kian beragam.

Pada 2001, dia berperan sebagai seorang polusi yang melakukan korupsi di film Training Days. Perannya itu membuat Denzel sebagai aktor Afrika Amerika kedua yang memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Actor pada 2002.
 

The Equalizer 2. (Sumber foto: Warner Bros.)

The Equalizer 2. (Sumber foto: Warner Bros.)

Pada saat itu, dia berhasil mengalahkan nominator lainnya, yakni Russel Crowe yang berperan dalam film A Beautiful Mind, Sean Penn dalam I Am Sam, Will Smith melalui Ali, dan Tom Wilkinson dalam film In the Bedroom.

Setelah itu, beberapa film terus dibintanginya seperti Inside Man (2006), American Gangster (2007), Safe House (2012), dan Flight (2012). Film terakhir bercerita tentang aksi heroik seorang pilot mengatasi masalah membuatnya masuk dalam nominasi Piala Oscar pada 2013.

Genre lain yang dieksplor Washington adalah thrillerThe Equalizer (2014) bahkan menjadi film thriller pertamanya dan dianggap sukses berkat kepiawaian sang aktor menghidupkan karakter Robert McCall yang penuh misteri.

Dari sini, karier Washington kian menanjak. Dia pun mencoba duduk di bangku produser untuk ekspansi waralaba The Equalizer dengan merilis dua sekuel pada 2018 dan 2023. 

Film lain yang diproduseri Washington mencakup Antwone Fisher (2002), The Book of Eli (2010), Safe House (2012), dan sebagainya.

Dalam perjalanan kariernya, banyak penghargaan juga berhasil diraih oleh Denzel. Dia beberapa kali masuk dalam nominasi Piala Oscar, dan beberapa kali memenangkannya. Dia berhasil membawa pulang Piala Oscar melalui karya Training Day dan Glory.

Selain Piala Oscar, Denzel juga memperoleh penghargaan lainnya, seperti Golden Globe (2000) untuk kategori Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Drama melalui karya The Hurricane. Kemudian, dia juga memenangkan ajang itu pada 1990 melalui Glory sebagai Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Motion Picture.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Art Jakarta 2023: Venue Baru & Kejutan Baru

BERIKUTNYA

7 Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh Agar Tetap Bugar saat Polusi Meningkat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: