Game simulator merupakan salah satu genre permainan populer di kalangan gamer (Sumber: Unsplash/Thisisengineering Raeng)

Rekomendasi Game Simulator untuk PC, Sensasi Jadi Supir Truk sampai Pilot

25 April 2023   |   22:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Gim simulasi atau simulator merupakan salah satu genre yang banyak diminati dan dimainkan para pencinta gim alias gamer. Bagaimana tidak? Model gim ini memungkinkan para pemainnya merasakan pengalaman nyata menjalani sebuah profesi atau pekerjaan. Mulai dari tukang bersih-bersih hingga mengendarai kereta dan pesawat. 

Khususnya di platform komputer (personal computer/PC), game simulator bisa menawarkan pengalaman yang lebih riil lagi dengan bantuan alat tambahan. Misalnya dengan steering wheel untuk jenis simulasi berkendara atau bantuan headset virtual reality untuk jenis permainan yang lainnya. 

Walaupun memang, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk merasakan hal tersebut. Namun, tak perlu khawatir, dengan komputer desktop atau laptop yang dimiliki, kalian tetap bisa menikmati gim simulasi dengan pengalaman yang tak kalah menarik dan terasa nyata. 

Hypeabis.id kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi game simulator untuk PC. Langsung saja yuk simak informasinya dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Pixel Art, Stardew Valley sampai A Space For The Unbound
 

1. Euro Truck Simulator 2/American Truck Simulator

 

Euro Truck Simulator 2 atau ETS2 merupakan gim simulasi mengemudikan truk yang dkembangkan dan diterbitkan oleh SCS Software. Gim ini pertama kali dirilis pada 2012. Walaupun sudah berusia lebih dari 1 dekade, judul ini masih gandrung dimainkan oleh para pencinta gim berkendara mobil.

Alasannya, karena ETS2 menawarkan pengalaman mengemudikan truk yang sangat menarik. Para pemain memiliki kontrol penuh atas dashboard truk untuk menyesuaikan banyak hal. Selain itu, gim ini juga menyuguhkan jalanan dan pemandangan wilayah Eropa yang menenangkan hati. 

Tak hanya berkendara sebagai supir, pemain juga bisa mengembangkan perusahaan raksasa truk, melakukan pengiriman berbagai muatan, dan tersedia pilihan untuk bermain secara daring (multiplayer) bersama dengan orang-orang dari seluruh dunia. 

Sebagai alternatif, SCS juga punya gim serupa tapi dengan kontinen Amerika Serikat, berjudul American Truck Simulator (ATS). Sebagian besar gameplay keduanya memang sama, tapi menyuguhkan pilihan truk hingga bioma yang berbeda. Kalian tinggal memilih jalanan mana yang ingin dijelajahi, Negeri Paman Sam atau Benua Biru. 
 

2. Train Sim World 3


Dari mobil kita beralih ke kereta. Salah satu gim simulasi kereta api terbaik yang bisa dijajal oleh kalian adalah Train Sim World 3, yang merupakan seri ketiga dari waralaba Train Sim World yang dikembangkan oleh Dovetail Games. Permainan ini relatif anyar, karena baru dirilis pada 6 September 2022 di berbagai platform permainan, termasuk komputer. 

Train Sim World 3 memungkinkan pemain berkeliling dunia sebagai seorang masinis atau mode orang pertama kereta api. Kalian akan dibawa ke dalam ruang masinis dan diajarkan cara mengoperasikan kendaraan rel ini. 

Adapun seri terbaru ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti cuaca yang dinamis, awan volumetrik, sistem pencahayaan baru, jadwal musiman, rute Pusat Pelatihan, dan efek visual tambahan lainnya. Hal-hal tersebut membuat grafis gim ini patut diacungi jempol dan gameplay yang lebih bervariasi. 
 

3. Microsoft Flight Simulator 


Lanjut ke transportasi udara, gamer pencinta genre simulasi pasti sudah tidak asing lagi dengan gim satu ini: Microsoft Flight Simulator. Khususnya seri terbaru gim yang berjudul Microsoft Flight Simulator 40th Edition Anniversary Edition, yang dikembangkan Asobo Studio dan diterbitkan Xbox Game Studios pada Agustus 2020. 

Gim ini mendapatkan respons yang sangat positif, tidak hanya dari kalangan pemain gim tapi juga para profesional. Pasalnya, Microsoft Flight Simulator punya fitur yang sangat detail mengenai pesawat terbang dari berbagai perusahaan. Pemain akan dituntun menerbangkan pesawat dari nol hingga ke informasi yang lebih advanced

Ada banyak cerita yang bisa kalian temukan di internet, yang menyebut bahwa gim simulator ini membantu mereka belajar banyak mengenai penerbangan pesawat. Bahkan beberapa pilot mengaku punya keterampilan dan wawasan lebih ketika menghabiskan banyak waktu di Microsoft Flight Simulator.

Selain pengaturan pesawat yang sangat kompleks, gim ini juga menyuguhkan grafis kelas wahid, terutama jika kalian memiliki komputer dengan spesifikasi kelas sultan atau dewa untuk mode grafis tertinggi. Ya, salah satu pertimbangan untuk memainkan gim simulasi ini adalah kebutuhan spek yang tidak rendah, begitu juga dengan ruang penyimpanan yang besar mencapai lebih dari 100GB.
 

4. Cities: Skylines 


Sekarang kita beralih ke permainan simulasi membangun dan mengelola sebuah wilayah. Genhype barangkali juga sudah sangat familiar dengan gim model ini, salah satunya adalah Cities: Skylines yang dikembangkan Colossal Order dan diterbitkan oleh Paradox Interactive sejak 2015. 

Kendati telah berusia lebih dari 8 tahun, gim itu hingga sekarang masih banyak dimainkan. Gim ini akan membawa para pemainnya menjadi seorang walikota, gubernur, atau penguasa. Kalian bisa membangun jalan, daerah perkotaan, perbelanjaan, kawasan industri, fasilitas publik, dan hiburan secara detail. 

Selain itu, pemain juga bisa mengatur bujet pengeluaran agar efisien hingga kebijakan atau regulasi tertentu yang akan diterapkan di tiap-tiap wilayah. Bahkan, kalian juga bisa mendapatkan informasi dari tiap warga yang tinggal di wilayah yang telah dibuat, melihat apa saja aktivitasnya dan menentukan lingkungan yang tepat berdasarkan informasi tersebut. 
 

5. PowerWash Simulator 


Genhype pasti sudah sering mencuci motor atau mobil kan? Pernah membayangkan seperti apa rasanya jadi tukang cuci? PowerWash Simulator menawarkan pengalaman tersebut. Gim yang dikembangkan oleh FuturLab dan diterbitkan oleh Square Enix Collective ini pertama kali dirilis pada 2021 di platform gim digital Steam. 

Di dalam gim ini, pemain akan mengendalikan bisnis pencucian kecil dan mengambil pekerjaan untuk berbagai klien di lokasi yang berbeda. Mulai dari rumah tempat tinggal pada umumnya, taman, hingga lokasi fantasi luar angkasa. Tujuannya satu, membersihkan semua kotoran yang ada menggunakan alat dan bahan tertentu. 

Dalam proses pembersihannya, pemain akan mendapatkan uang sebagai imbalan. Uang tersebut nantinya bisa dipakai untuk melakukan peningkatan (upgrade) alat pencuci sehingga pekerjaan bisa lebih cepat dan efisien. Kalian juga bisa memanfaat alat tambahan tertentu seperti tangga untuk membersihkan objek yang lebih tinggi. 

Hal yang menarik, gim ini punya dua ekspansi waralaba video gim populer lainnya hingga saat ini. Keduanya adalah downloadable content (DLC) berdasarkan gim Tomb Raider yang rilis pada Januari 2023 dan satu lagi didasarkan pada gim Final Fantasy VII Remake yang rilis pada Maret 2023. Bisa dibayangkan gimana rasanya membersihkan objek yang ada di latar dunia gim itu? Pastinya menyenangkan! 

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Ringan Untuk PC, Anti Lag dan Seru!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Momen James Corden dan Adele Nyanyi Bareng di Episode Terakhir Carpool Karaoke

BERIKUTNYA

Cek Line Up Entertainment F1 Singapore Grand Prix 2023, Ada Post Malone & 88rising

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: