Ilustrasi belajar (Sumber gambar: Michael/Pexels)

Microsoft Tawarkan Sertifikat Fundamental Gratis, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

25 April 2023   |   19:41 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Microsoft menawarkan sertifikat fundamental yang bisa didapatkan gratis melalui beberapa ujian daring. Sertifikat ini dapat diakses oleh siswa yang memenuhi syarat tertentu. Adapun, tujuan Microsoft menghadirkan ujian sertifikasi dasar ini untuk membantu keterampilan siswa khususnya pengetahuan dan ketahanan mereka di bidang teknologi.

Selain itu, siswa juga diharapkan mampu membangun keterampilan teknis mereka berbekal dari kredibilitas dalam suatu bidang teknologi. Oleh karena itu, Microsoft tidak hanya menghadirkan satu jenis sertifikasi saja. Ada beberapa jenis ujian yang spesifik untuk bidang teknologi. Sertifikat ini nantinya akan diberikan dalam bentuk Microsoft Certified Fundamentals (MCF).

MCF mencakup konsep dasar pemrosesan dan penyediaan landasan penting bagi siswa yang memiliki ketertarikan dalam satu bidang teknologi. Sehingga, mereka bisa mengejar sertifikasi teknologi lebih cepat dengan bantuan MCF ini.

Apalagi, data dari Microsoft menyebutkan sekitar 91 persen perekrut menggunakan sertifikasi sebagai salah satu kriteria penting dalam mengevaluasi kandidat pekerja. Karena sertifikasi dihargai dalam dunia kerja, program MCF dibuat sebagai salah satu jalan pengembangan pengetahuan teknis yang jelas.

Baca juga: Beragam Manfaat dari Akun Microsoft

Microsoft juga memberi penawaran fasilitas dalam program sertifikasi gratis ini antara lain, konten pembelajaran melalui daring yang juga bisa diakses gratis lewat Microsoft Learn, latihan yang bisa diakses gratis untuk persiapan ujian Fundamentals, hingga voucer ujian sertifikasi Pearson Vue Fundamentals yang bisa diakses gratis per satu kali ujian untuk setiap satu siswa.

Adapun Pearson Vue Fundamentals sendiri menggunakan pengujian dengan lab berbasis skenario, courseware, tes praktik dan sebagainya. Ini menjadi bagian penting untuk mengasah kemampuan siswa dalam berpikir dan mengambil tindakan.

Program MCF ini akan terus berlangsung hingga Juni 2023. Siswa diharuskan mendaftar dan mengikuti seluruh persyaratan seperti mengisi dokumentasi, email sekolah atau universitas, dan kelengkapan data lainnya. Kemudian pengguna akan dihadapkan dengan beragam pilihan sertifikasi yang ingin diambil. Seluruh sertifikasi bisa didapatkan gratis setelah mengisi seluruh pertanyaan yang diberikan.

Soal atau pertanyaan merangkum tiga model yakni pilihan ganda, esai singkat, dan tarik-letakkan.Terdapat lima program yang bisa Genhype pilih sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan bidang teknologi. Dilansir dari laman Microsoft, berikut beberapa program MCF dan cara mendaftarnya:
  • Power Platform Fundamentals (PL-900): Sertifikasi ini mencakup konsep dasar Microsoft Power Platform, termasuk Power Apps, Power Automate, dan Power BI.
  • Azure Fundamentals (AZ-900): Sertifikasi ini mencakup konsep inti Microsoft Azure, termasuk komputasi cloud, keamanan, dan penyebaran.
  • Artificial Intelligence Fundamentals (AI-900): Sertifikasi ini mencakup konsep inti layanan Microsoft Azure AI, termasuk layanan kognitif, pembelajaran mesin, dan ilmu data.
  • Data Fundamentals (DP-900): Sertifikasi ini mencakup konsep inti Layanan Data Microsoft Azure, termasuk SQL, Tanpa SQL, Analisis Data, dan Visualisasi Data.
  • m365 Fundamentals (MS-900): Sertifikasi ini mencakup konsep inti Layanan Microsoft M365, termasuk tim, grafik, titik berbagi dan API kantor, pengembangan, keamanan, dan penerapan.


Cara Mendaftar:

  1. Masuk ke akun Microsoft Learn dan buat profil
  2. Tentukan sertifikasi dasar yang ingin dipilih
  3. Verifikasi status siswa sesuai pendaftaran di lembaga akademik terakreditasi
  4. Setelah tersertifikasi, kamu bisa mendapat kredit kuliah untuk keterampilan baru sesuai dengan bidang yang dipilih.
  5. Ikuti juga blog belajar Microsoft dan bagikan pencapaian sertifikasi.

Baca juga: Menjajal Bing Chat, Mirip Chat GPT dari Microsoft

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Pengamat : Transportasi Umum Seharusnya Jadi Andalan Destinasi Wisata

BERIKUTNYA

Lionsgate Garap Twilight Jadi Serial TV, Ini Bocorannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: