Tampilan pengelolaan akun Microsoft (sumber foto: tangkapan layar Windows)

Beragam Manfaat dari Akun Microsoft

16 February 2023   |   15:01 WIB

Bagi Genhype pengguna komputer Windows, pasti mengenal akun Microsoft. Apalagi dengan diluncurkannya Windows 11, makin banyak pengguna komputer pribadi yang mau tidak mau harus membuat akun Microsoft. Microsoft memang mewajibkan pengguna untuk masuk log dengan akun Microsoft sejak Windows 11.

Selain digunakan untuk masuk log ke Windows, akun Microsoft dibutuhkan untuk menggunakan berbagai layanan dari Microsoft, seperti Microsoft 365, Teams, Xbox,  Microsoft Store, dan berbagai produk lainnya. Semua layanan tersebut mewajibkan penggunaan atau pembuatan akun Microsoft.

Apakah Genhype pernah menggunakan layanan surel (Hotmail, Outlook.com),  dan Skype, kalian mungkin sudah punya akun Microsoft. Identitas pada layanan ini bisa digunakan untuk masuk log ke Windows dan layanan Microsoft lainnya. Bila tidak, cukup mudah untuk membuat akun baru. Pembuatan akun dapat dilakukan dari laman account.microsoft.com.

Untuk membuat akun Microsoft, ada tiga cara yang bisa digunakan. Cara yang pertama adalah membuat akun layanan surel Microsoft (Outlook.com). Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan alamat Hotmail (Hotmail.com).

Meskipun kita bisa saja membuat akun surel, sebenarnya tidak ada keharusan untuk itu. Kita bisa saja menggunakan alamat surel lain yang sudah ada (misalnya, Gmail, Yahoo, atau surel institusi).  Alamat surel ini akan digunakan Microsoft untuk berbagai keperluan, seperti verifikasi dan pemberitahuan lainnya.

 

Tampilan laman pembayaran

Tampilan laman pembayaran



Terakhir, tersedia pula opsi untuk menggunakan nomor ponsel untuk membuat akun Microsoft. Nomor ponsel ini akan digunakan untuk mengirim nomor OTP (one-time password) ketika kita masuk log, serta informasi lainnya.
 

Mengelola Akun

Laman account.microsoft.com dapat digunakan untuk mengelola berbagai produk Microsoft dan perangkat Windows. Beberapa yang ditampilkan di laman tersebut antara lain Microsoft Office (termasuk Microsoft 365), OneDrive, dan tentunya Windows.

Produk Microsoft ini tidak hanya layanan daring serta  perangkat lunak, tetapi juga  termasuk perangkat keras (Xbox dan komputer jinjing Surface).Kita bisa mengelola dukungan produk seperti garansi dan informasi lain tentang produk. 

Anda juga bisa meninjau perangkat Windows, namun fungsi yang tersedia di sini hanyalah fitur Find My Device. Fitur ini digunakan untuk mendeteksi lokasi komputer pribadi Windows Anda, dan akan cukup berguna bila komputer Anda hilang atau dicuri. Bila Anda punya lebih dari satu komputer, semua perangkat tersebut juga akan ditampilkan di sini.

Saat ini kita belum bisa menambahkan perangkat Android dan iOS, namun tampaknya Microsoft berencana untuk menyertakan fitur tersebut. Aplikasi Phone Link sudah mengintegrasikan ponsel Android dengan komputer Windows, dan Microsoft bisa saja menambahkan fitur pelacakan perangkat dari sini.

Anda juga bisa mengelola fitur privasi dan  keamanan layanan daring dari laman situs web akun Microsoft ini. Bila Anda ingin menggunakan layanan berbayar Microsoft, Anda harus mengatur alat pembayaran dari laman akun Microsoft, atau langsung dari tautan https://account.microsoft.com/billing/payments.

Saat ini layanan Microsoft hanya dapat menerima kartu kredit dan debit, berbeda dengan layanan daring lain seperti Google yang sudah menerima dompet elektronik (e-wallet).

Baca jugaMicrosoft Integrasikan Mesin Pencari Bing & Edge dengan Dukungan AI ChatGPT

Layanan Microsoft yang sedang atau pernah Anda gunakan bisa ditinjau dari laman https://account.microsoft.com/services. Bila Anda pernah menggunakan aplikasi Microsoft (seperti Office), tetapi Anda kehilangan media instalasinya, Anda bisa mengunduh installer-nya di sini. Tentunya, Anda sudah harus sudah mendaftarkan produk tersebut secara daring.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Orang Indonesia Habiskan 55 Persen Waktunya di Open Internet, Apa Saja yang Diakses?

BERIKUTNYA

Serial Thriller Terbaru Nora Roberts Encore In Death Kembali jadi Novel Terlaris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: