Ilustrasi makanan penyebab kolesterol tinggi. (Sumber foto: Unsplash/Fabio Alves).

Cara Menormalkan Kolesterol Setelah Lebaran, Coba 5 Makanan Sehat Ini

24 April 2023   |   15:00 WIB

Lebaran memang menjadi momen yang sangat dinantikan seluruh umat muslim. Kehangatan dari momen Idulfitri ini membuat banyak orang terlalu asyik dengan suguhan yang tersedia. Setelah asyik menikmati menu utama Hari Raya seperti ketupat opor dan sambal goreng kentang, yang diketahui mengandung banyak kolesterol, sebaiknya segera diimbangi dengan memperbanyak asupan yang sehat.

Sebagaimana diketahui, kolesterol adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol jenuh (LDL) yang terlalu tinggi dalam aliran darah dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

?????Baca juga: Jangan Kalap, Begini Kiat Mengontrol Kolesterol & Lemak Saat Lebaran
?????
Kolesterol tinggi dapat dipicu oleh kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans, kurang berolahraga, merokok, stres, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

Untuk mengimbangi asupan kolesterol berlebih selama Lebaran, berikut ini rekomendasi beberapa jenis makanan yang bisa kalian nikmati untuk menjaga ataupun menurunkan kadar kolesterol dalam darah dari Dokter Saddam Ismail.


1. sayur-sayuran

Sayur mayur banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral baik yang diperlukan oleh tubuh. Baik pula jika genhype mengkonsumsi beberapa jenis sayuran hijau tanpa proses pengolahan, sebab sayuran hijau segar rendah kalori, rendah lemak dan juga rendah natrium sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Mengonsumsi sayur-sayuran setiap hari menjadi salah satu tahapan mudah dan praktis untuk menurunkan kolesterol, tetapi jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang tepat dan pastikan porsinya sesuai dengan kebutuhan.


2. Buah-buahan

Beberapa jenis buah seperti apel, strawberry dan anggur memiliki kandungan serat yang larut dalam air (solube fiber) yaitu pektin. Pektin sendiri memang umum digunakan pada obat penurun kolesterol. Tapi jika mengonsumsinya dalam bentuk obat-obatan itu berarti genhype menambah tugas organ dalam untuk mengolah obat.

Sedangkan jika Genhype mengonsumsi buah yang banyak mengandung pektin, tubuh dapat menernanya dengan lebih baik. Tidak hanya mengandung pektin, buah-buahan juga mengandung kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah agar tekanan darah tidak tinggi.


3. Oatmeal

Mungkin banyak dari genhypes yang tidak menyukai makanan yang satu ini, sebab umumnya oatmeal tidak berasa dan lebih banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet atau dijadikan sebagai menu sarapan.

Yang perlu genhype ketahui tentang oatmeal ini, jika Genhype mengkonsumsinya, oatmeal dapat membantu menyerap kolesterol sehingga terbawa ke sistem percernaan, tidak diserap oleh tubuh. Satu hal lagi, serat dari oatmeal juga dapat meningkatkan produksi asam empedu yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol.


4. Popcorn

Wah, popcorn kan biasanya identik sebagai teman untuk menonton film ya, genhype. Walau sebenarnya popcorn dapat dikonsumsi kapan saja, khusus untuk genhype yang ingin berfokus untuk menurunkan kolesterol, kamu bisa menyajikan popcorn dengan mengganti butter atau minyak dengan minyak zaitun. Sedangkan untuk toppingnya, Genhype bisa menaburkan keju secukupnya.


5. Roti gandum

Roti gandum utuh diketahui sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Roti gandum utuh mengandung serat dan protein yang membantu menurunkan kolesterol.

Untuk menyajikannya, genhype bisa menggunakan parutan keju cheddar yang mengandung prebiotik yang juga bagus untuk kesehatan pencernaan.


6. Kacang-kacangan

Jenis kacang yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik adalah kacang almond, kacang kenari, dan kacang pecan. Sebagai orang Indonesia, kacang menjadi camilan favorit semua kalangan.

Pun, kacang-kacangan yang disebutkan sebelumnya mengandung kalori tinggi dan disarankan bagi genhype yang akan mengkonsumsi jenis kacang-kacangan tersebbut dengan jumlah tertentu. Untuk kacang almond, disarankan mengkonsumsi sebanyak 14 buah, sedangkan kacang kenari 20 buah.

Baca juga: Begini 5 Cara Aman dan Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Genhype, itulah daftar makanan yang dapat dinikmati untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Cara Membuat Ruangan Adem Tanpa AC

BERIKUTNYA

Bersih-bersih Rumah Enggak Selalu Menyenangkan, Tapi 7 Manfaat Ini Pasti Bikin Kalian Bersemangat Melakukannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: