Salah Satu Ilustrasi Membersihkan Rumah (unsplash/CDC)

Bersih-bersih Rumah Enggak Selalu Menyenangkan, Tapi 7 Manfaat Ini Pasti Bikin Kalian Bersemangat Melakukannya

24 April 2023   |   17:00 WIB

Bersih-bersih rumah merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh Genhype ketika weekend atau hari libur nasional. Kalian bisa memulainya dari beres-beres kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, teras rumah sampai garasi rumah.

Mengutip dari forbes.com, studi selama bertahun-tahun telah mengaitkan kesehatan mental dengan paparan lingkungan. Pada 1997, sebuah studi menunjukkan bahwa kondisi kehidupan masa anak-anak secara signifikan memengaruhi kesehatan di masa dewasa.

Baca juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu & Ruang Makan yang Ciamik Untuk Sambut Lebaran

Kemudian, sebagai perbandingannya, pada 2000, studi juga mengaitkan peningkatan kualitas perumahan dengan peningkatan kesehatan mental penghuni. Lalu, pada 2021, studi pada penduduk di China menyatakan lebih cenderung melaporkan kesehatan yang baik ketika tinggal di rumah yang rapi.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat membersihkan rumah yang harus diketahui oleh Genhype:


1. Memunculkan rasa keteraturan dan kontrol diri

Pada tahun 2017, sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa muda mengalami kekacauan yang terkait dengan penundaan, perasaan kewalahan, dan kualitas hidup yang lebih rendah. Namun, dengan membersihkan rumah secara teratur, dapat meningkatkan rasa keteraturan dan kontrol diri sehingga dapat menghindari penundaan, perasaan kewalahan, dan kualitas hidup yang lebih rendah.


2. Meningkatkan kesehatan fisik

Melakukan aktivitas membersihkan rumah secara teratur dapat menciptakan lingkungan yang indah dan bersih. Hal ini dapat berdampak baik pada kesehatan fisik kita, karena lingkungan yang bersih dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dan alergi.


3. Menimbulkan rasa keakraban

Manusia cenderung menyukai rutinitas yang memberikan stabilitas, terutama di tengah keadaan yang kacau. Merawat dan menjaga barang-barang rumah agar tetap teratur dapat menciptakan rasa keakraban yang dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Namun, perlu diingat bahwa pandangan keteraturan seseorang dapat berbeda-beda dan tidak selalu harus berbaris dengan sempurna atau terkoordinasi dengan warna.


4. Mengurangi rasa stres

Banyak penelitian telah mengonfirmasi bahwa memiliki rumah yang bersih dapat membantu mengurangi tingkat stres. Kekacauan dan ketidakberesan di rumah dapat menyebabkan perasaan kewalahan dan kegelisahan, menghilangkan perasaan tenang dan santai yang seharusnya ada di rumah.


5. Meningkatkan produktivitas

Rumah yang bersih dan nyaman dapat membantu meningkatkan produktivitas dan fokus saat bekerja atau mengerjakan tugas. Hal ini dapat menghasilkan tugas yang lebih baik dan selesai tepat waktu.


6. Menciptakan lingkungan bersih dan nyaman bagi tamu

Jika rumah kita tidak bersih atau tidak nyaman, saat tamu datang kita akan merasa stres dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan semuanya sebelum tamu datang. Hal ini tentu tidak ideal. Oleh karena itu, memiliki rumah yang bersih dan nyaman akan membuat tamu merasa lebih nyaman dan senang berkunjung ke rumah kita.


7. Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik

Meningkatkan kualitas tidur adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita. Namun, memiliki kamar tidur yang berantakan sebenarnya dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Sebaliknya, memiliki kamar tidur yang bersih dan rapi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat kita merasa lebih segar dan bertenaga di pagi hari. Studi juga menunjukkan bahwa orang dengan kamar tidur yang bersih dan rapi cenderung mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Baca juga: 7 Tip Simpel Dekorasi Rumah agar Terasa Lebih Homey

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cara Menormalkan Kolesterol Setelah Lebaran, Coba 5 Makanan Sehat Ini

BERIKUTNYA

Voxxes Suguhkan Karya Paling Emosional dalam Single Stand the Night

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: