Ilustrasi (dok. Pexels)

Mau Kolesterol Turun? Begini Caranya

11 January 2022   |   21:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun jika kadarnya tinggi di dalam darah, efeknya bisa sangat merugikan kesehatan. Lemak tersebut bisa menumpuk di dinding arteri, menyebabkan arteri menyempit sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Risiko angina (nyeri dada) dan serangan jantung menjadi tinggi.
 
Sementara itu, kolesterol tinggi cenderung tidak menimbulkan gejala dan hanya bisa diketahui dari tes darah. Jika kadar kolesterol kamu tinggi, disarankan untuk melakukan perubahan pola makan.

[Baca juga:Waspada, Cek 4 Tanda Kolesterol Tinggi Berikut Ini]

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa dengan menjalani gaya hidup sehat, kamu bisa menjaga kolesterol normal dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

“Tubuh membuat kolesterol yang dibutuhkannya, jadi kamu tidak perlu mendapatkan kolesterol melalui makanan,” tulis CDC dikutip dari Express UK, Selasa (11/1/2022). 

Lantas apa saja makanan yang mengandung kolesterol?

Makan banyak makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan kondisi terkait seperti penyakit jantung.

Oleh karena itu, batasi makanan tinggi lemak jenuh dan sebagai gantinya pilih makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. ”Terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida, sejenis lemak dalam darah,” tutur CDC.

Untuk menjaga kadar kolesterol normal, sebaiknya makan makanan yang secara alami tinggi serat, seperti oatmeal dan kacang-kacangan.

British Dietetic Association telah menguraikan beberapa perubahan kecil pada diet dapat membuat perbedaan besar pada kolesterol.

Sedangkan untuk menurunkan kolesterol, selain mengubah pola makan dan gaya hidup, bisa dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. “Anda mungkin juga memerlukan obat jika Anda berisiko tinggi mengalami serangan jantung atau stroke,” tulis layanan kesehatan Inggris (NHS).

Statin adalah obat yang paling umum untuk menangani kolesterol tinggi. Obat ini bekerja dengan mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat tubuh.

NHS mengatakan bahwa ada lima jenis statin yang tersedia dengan resep seperti atorvastatin, fluvastatin pravastatin, rosuvastatin dan simvastatin.

Dalam studi ilmiah, efektivitas statin yang ditemukan sekitar satu dari setiap 50 orang yang minum obat selama lima tahun akan menghindari kejadian serius, seperti serangan jantung atau stroke, sebagai akibat kolesterol tinggi. Di sisi lain, NHS merekomendasikan untuk menjaga kadar kolesterol di bawah 5mmol/L.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Gratis! Begini Metode Pemberian Booster Vaksin Covid-19

BERIKUTNYA

Intip 5 Desa Wisata yang Pas Buat Healing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: