Transaksi di ecommerce meningkat saat momen Ramadan hingga menjelang Lebaran (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

Cek Daftar Produk yang Paling Banyak Dicari Selama Momen Lebaran 2023

24 April 2023   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Momen Lebaran di Indonesia tak bisa lepas dari beragam tradisi yang melekat di masyarakat seperti membeli baju baru, membagikan hampers dan tunjangan hari raya (THR), hingga menyiapkan beragam hidangan spesial. Tak ayal, jika setiap momen Ramadan dan Lebaran, para pelaku usaha pun dapat meraup keuntungan yang berlipat dibandingkan hari biasa.

Platform e-commerce Shopee mencatat terjadi peningkatan transaksi lebih dari 16 kali lipat pada momen kampanye belanja Ramadan hingga menjelang Lebaran. Lebih terperinci, peningkatan transaksi ini terjadi pada waktu sahur, yang dipengaruhi akses belanja daring yang musah, promo, hingga fitur interaktif.

Baca juga: Penggunaan Paylater Naik saat Ramadan, Ini Kategori Produk Paling Banyak Dibeli

Selama bulan Ramadan, selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan ibadah dengan maksimal, masyarakat juga semakin antusias dalam berburu berbagai kebutuhan dan produk incarannya. Salah satu yang menjadi menjadi perhatian yaitu perkembangan tren fesyen yang muncul selama kampanye Big Ramadan Sale 2023.

Produk yang Paling Dicari
Pasar busana muslim pun semakin diminati, dimana kategori Fashion Muslim mengalami peningkatan transaksi yang mencapai lebih dari 9 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang ingin membeli pakaian baru maupun perlengkapan ibadah agar tetap tampil maksimal dan fashionable di setiap aktivitas Ramadan dan Lebaran. Adapun, produk favorit pengguna atau yang paling banyak dibeli yaitu Gamis Crinkle, Pashmina Ceruty, dan Baju Koko Kurta.

Menjelang Lebaran, kegiatan mengirim hampers ke sanak keluarga atau kerabat menjadi salah satu tradisi dan tren yang kerap dilakukan untuk menjaga silaturahim. Maka tak heran, antusiasme selama puncak kampanye Big Ramadan Sale 2023 terhadap hampers pun turut mengalami peningkatan lebih dari 5 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Selain sebagai momen untuk berbagi kebahagiaan lewat pemberian hadiah, menuju hari kemenangan juga kerap kali diisi oleh berbagai tradisi unik nan khas oleh setiap keluarga. Sebut saja budaya kumpul keluarga sambil makan makanan khas pada hari Lebaran, ada juga tradisi salam tempel atau pemberian THR dengan amplop lucu untuk sanak saudara. 

Tak ayal, produk-produk yang lekat dengan semangat menyambut Hari Raya seperti Amplop Lebaran, Kurma, dan Tas Hampers Idulfitri juga menjadi produk paling banyak dipesan.
 

Transaksi di ecommerce meningkat saat momen Ramadan hingga menjelang Lebaran (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Transaksi di ecommerce meningkat saat momen Ramadan hingga menjelang Lebaran (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)


Melihat rutinitas yang berubah di keseharian masyarakat saat ini, selain memanfaatkan Shopee sebagai platform untuk berbelanja, pengguna juga memanfaatkan fitur-fitur lainnya, seperti Shopee Video, Shopee Live, maupun Shopee Games untuk mengisi waktu luang saat puasa.

Keseruan dari program baru dan inovasi fitur yang dihadirkan pun mendapatkan antusiasme yang juga turut dimanfaatkan oleh pengguna untuk semakin memaksimalkan dan meramaikan momen berbelanja.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengatakan melalui kampanye Big Ramadan Sale 2023, pihaknya tidak hanya menawarkan berbagai cara baru dalam berbelanja, namun juga menjadikan platform e-commerce sebagai ruang berkreasi guna memperkuat potensi melalui program-program inisiatif yang dihadirkan, baik untuk penjual maupun pembeli.

Baca juga: Penjualan Online Saat Ramadan Meningkat, Ini Kategori Produk Paling Laris

"Pencapaian yang kami dapatkan sejak awal kampanye berlangsung hingga hari puncak jelas tak lepas dari dukungan dan kepercayaan seluruh ekosistem Shopee. Harapan kami, kampanye ini tetap dapat menemani perjalanan Ramadan masyarakat Indonesia hingga hari raya Idulfitri mendatang," katanya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Indeks Sinar Ultraviolet Capai Level Ekstrem, Cek Cara Melindungi Kulit

BERIKUTNYA

Begini Cara Membuat Ruangan Adem Tanpa AC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: