Ilustrasi (sumber gambar : campaign creators / unsplash)

Penjualan Online Saat Ramadan Meningkat, Ini Kategori Produk Paling Laris

10 April 2023   |   19:52 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan merupakan momen yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia setiap tahun. Di bulan puasa ini, selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, masyarakat juga cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat kanal online.

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini. Sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Baca juga: Generasi Muda Makin Doyan Belanja Online, COD jadi Pilihan Pembayaran

Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak menuturkan, biasanya akan ada produk yang mengalami peningkatan penjualan. Berdasarkan data internal dari Tokopedia produk Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya.

Berikut ini kategori produk paling laris sepanjang Ramadan:


1. Produk Fesyen

Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir enam kali lipat, lebih dari lima kali lipat dan lebih dari tujuh kali lipat di dua minggu pertama Ramadan.

Menurut Nuraini kenaikan ini terjadi seiring dengan adanya berbagai kegiatan khas kala Ramadan, seperti bukber sehingga masyarakat cenderung  lebih memperhatikan penampilan.


2. Produk Perawatan Diri

Sementara itu untuk kategori perawatan diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.


3. Produk Otomotif

Momen lebaran sering dimanfaatkan masyarakat untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Tak heran bila produk perlengkapan otomotif banyak dibeli.

“Di sisi lain masyarakat tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif,” kata Nuraini.

Sementara itu, interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat.
 


4. Produk Rumah Tangga

Pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti stoples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadhan.
 
Nuraini mengatakan bahwa bulan puasa tidak terpisahkan dari sahur dan berbuka, serta momen berbagi dengan kerabat maupun teman. Tak heran bila produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari dua kali lipat. Adapun buah kurma mengalami peningkatan penjualannya lebih dari tiga kali lipat.

Data Tokopedia menunjukkan, selama dua minggu pertama Ramadan tahun ini dibandingkan tahun lalu, penjual yang memanfaatkan layanan berpendekatan Hyperlocal, Dilayani Tokopedia, mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir dua kali lipat. Selain itu, parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia meningkat hampir tiga setengah kali lipat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Menangkap Peluang Bisnis Hampers Jelang Hari Raya

BERIKUTNYA

Survei Praxis: Generasi Z Lebih Peduli Masalah Penegakan Hukum Dibandingkan Seniornya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: