Ilustrasi paylater (Sumber gambar: Unsplash/Screen Post)

Penggunaan Paylater Naik saat Ramadan, Ini Kategori Produk Paling Banyak Dibeli

12 April 2023   |   16:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tak hanya menjadi momentum untuk beribadah, Ramadan juga menjadi tradisi bagi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan baik untuk diri sendiri maupun untuk berbagi dengan sanak saudara. Biasanya, tren berbelanja Ramadan pun akan terus meningkat menjelang Hari Raya Idulfitri. 

Hal ini ternyata ikut mendongkrak penggunaan paylater oleh masyarakat selama Ramadan, yang tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan total nilai transaksi Kredivo sebanyak 14 persen selama 2 minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Saat Harus Bayar Cicilan Paylater Setiap Bulan

Indina Andamari, Vice President Marketing & Communications Kredivo, mengatakan bahwa 2023 menjadi tahun pertama Ramadan tanpa PPKM setelah 3 tahun. Oleh sebab itu, pihaknya optimis tren belanja masyarakat selama Ramadan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Selama Ramadan 2022 lalu, nilai transaksi Paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55 persen sedangkan jumlah transaksi meningkat 31 persen dibandingkan Ramadan 2021. Hal tersebut menandakan sinyal positif daya beli masyarakat yang terus membaik di masa transisi menuju endemi.

Lantas, bagaimana tren belanja masyarakat dalam penggunaan Paylater Kredivo pada Ramadan tahun 2023? Berikut beberapa data menariknya. 
 

1. Produk Dekorasi Rumah

Produk home & living menjadi kategori dengan transaksi tertinggi selama 2 minggu pertama Ramadan 2023, dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023. Hal ini menandakan bahwa tren mempercantik rumah kerap dilakukan masyarakat selama Ramadan. 
 

2. Gawai & Produk Elektronik 

Tren transaksi di kategori gawai dan elektronik diprediksi terus meningkat pada 2 sampai 1 minggu menjelang Lebaran. Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat, seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid.

Ini juga didorong dengan Tunjangan Hari Raya yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran. Pada 2 minggu Ramadan 2023 ini, tren peningkatan transaksi tersebut juga semakin terlihat dengan jumlah transaksi kategori gadget & electronics yang meningkat hingga 14 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.
 

3. Produk & Layanan Perjalanan

Seiring dengan antusiasme masyarakat yang kembali diperbolehkan untuk melakukan mudik tahun ini, masyarakat sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan perjalanannya dengan membeli tiket dan akomodasi untuk mudik. Hal ini terlihat dari lonjakan transaksi di kategori travel yang tercatat naik hingga 12 persen. 

Indina mengatakan bahwa tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti paylater, yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaannya turut mengalami kenaikan selama periode Ramadan dan menjelang Ramadan. 

“Kami optimis bahwa hadirnya paylater dapat terus menjaga daya beli masyarakat dan menyukseskan momentum pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui momentum Ramadan dan Lebaran 2023 ini,” tutup Indina. 

Baca juga: Godaan Paylater Mengintai Anak Muda, Bikin Untung atau Buntung?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekor Pertemuan Chelsea vs Real Madrid, The Blues Dominan Menang

BERIKUTNYA

Manfaat Pijat Saat Badan Pegal-pegal, Efektif atau Sekadar Sugesti?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: