Ketupat menjadi salah satu hidangan yang identik dengan Lebaran di Indonesia (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

Cek Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara, Ada Cambaabur & Tagine

22 April 2023   |   17:42 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

6. L'assida, Maroko

Umat muslim di Maroko biasanya akan merayakan Idulfitri yang dimulai dengan menyantap semangkuk L'assida pada pagi hari. Adapun, kudapan ini merupakan sejenis bubur manis dan menjadi makanan pokok yang populer di negara kawasan Afrika Utara.  

Saat Lebaran tiba L'assida biasanya akan dicampur dengan mentega, madu, kacang-kacangan, dan rempah-rempah.  Selain di bulan syawal makanan ini juga biasa disantap untuk memulai hari sebelum mereka melakukan pesta tagine dan hidangan lezat lain.
 

7. Baklava, Turki

Makanan penutup ini sering dikaitkan dengan masakan Yunani di AS, tetapi asal-usulnya ditengarai berasal dari Kekaisaran Ottoman, yang berbasis di Turki modern. Kini, Baklava versi kontemporer banyak diminati di seluruh Levant, Timur Tengah, dan Balkan. 

Adapun, Baklava terbuat dari lapisan kue tipis yang disebut phyllo dalam bahasa Yunani dan yufka dalam bahasa Turki. Selanjutnya phyllo akan dilapisi dengan mentega, kacang, sirup, dan terkadang madu. Kue satu ini memiliki tekstur renyah dengan rasa manis. 
 

8. Sher Kurma, Asia Selatan

Sheer Khurma adalah puding yang kaya rasa dan lembut dari Asia Selatan.  Makanan ini dibuat dengan sejenis mie semolina ekstra halus yang disebut sevayan, yang sering disalah artikan sebagai bihun. 

Makanan ini mengandung rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit dan terkadang beraroma esensi bunga, seperti air mawar. Sher Kurma merupakan  makanan penutup wajib untuk Idulfitri di Asia Selatan dan selalu diakhiri dengan kacang-kacangan dan buah-buahan kering. 
 

9. Kleicha, Irak

Makanan yang menjadi ciri khas Irak dan Arab Saudi ini populer karena merupakan makanan nasional kedua negara tersebut. Makanan ini dihidangkan saat perayaan besar seperti Idulfitri dan Iduladha serta pernikahan atau acara khusus.

Kleicha memiliki variasi bentuk dan isian. Salah satu yang paling populer adalah isian kurma, kacang-kacangan seperti walnut atau pistachio, serta gula dan atau parutan kelapa. Tak hanya itu, Kleivah juga sering ditambahi kapulaga, air bunga mawar, hingga bunga saffron. 
 

10. Tagine, Afrika

Tagine adalah salah satu hidangan yang sering disajikan di negara-negara Afrika Utara seperti Maroko dan Aljazair saat Idulfitri atau perayaan hari-hari besar tiba. Makanan  ini secara sepintas mirip semur daging yang dimasak dalam waktu lama. Adapun, biasanya daging yang digunakan adalah domba atau sapi, dengan sayuran dan atau buah-buahan seperti plum dan aprikot. 

Baca juga: Jangan Kalap, Begini Kiat Mengontrol Kolesterol & Lemak Saat Lebaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

4 Cara Mix and Match Sage Green untuk Tampil Menarik di Hari Lebaran

BERIKUTNYA

Intip 5 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, Turki hingga Mesir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: