Hilang fokus bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu butuh liburan. (Sumber gambar: Unsplash/ Elisa Ventur)

Jadi Waktu yang Tepat, Cek 7 Tanda Kamu Butuh Liburan pada Momen Lebaran

22 April 2023   |   06:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setelah jenuh dengan rutinitas harian yang padat, hal yang paling diperlukan oleh seseorang adalah liburan. Momentum libur Hari Raya Idulfitri pada tahun ini bisa menjadi waktu yang pas untuk kalian me-refresh tubuh dan pikiran agar kembali berenergi saat harus kembali bekerja atau sekolah. 

Momen liburan memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Pasalnya, aktivitas ini juga bermanfaat bagi kesehatan mental meskipun dilakukan dalam waktu yang singkat, asalkan berkualitas.

Idealnya, waktu berlibur sebenarnya bisa dilakukan setiap akhir pekan. Namun, karena berbagai alasan, seseorang bisa saja tidak memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Hal inilah yang akhirnya membuatnya stres dan tidak fokus terhadap pekerjaan.

Nah, sebelum pergi berlibur di momen Lebaran tahun ini, kenali dulu beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Genhype memang benar-benar butuh liburan dalam ulasan berikut.

Baca juga: Lebaran Enggak Mudik? Cek 6 Wisata Alternatif Sekitar Jakarta Selain Puncak


1. Kurang Motivasi

sumber gambar (Unsplash/ Christian Efurt)

(Sumber gambar: Unsplash/ Christian Efurt)

Salah satu tanda bahwa kamu butuh liburan atau healing adalah kurang motivasi untuk melakukan pekerjaan, atau bahkan hanya untuk bersosialisasi dengan teman-teman baik di lingkungan kerja atau tongkrongan. 

Tak hanya itu, setelah pulang kerja kamu juga kan langsung tidur. Akibatnya, kamu tidak punya motivasi dan malas untuk melakukan kegiatan lain. Padahal, mengalihkan pikiran sejenak dari rutinitas bisa membuat Anda lebih bersemangat.
 

2. Hilang Fokus

Hilang fokus pun bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu butuh liburan. Bila mengalami kondisi ini, umumnya saat bekerja seseorang lebih sering melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang sebenarnya tidak terlalu penting. 

Hal inilah yang akhirnya membuat pekerjaan jadi tidak cepat selesai. Bahkan, kamu lambat menanggapi pembicaraan saat diajak berdiskusi atau meeting dan seringkali  pikiran jadi mudah terdistraksi oleh hal-hal remeh. 
 

3. Tidak Semangat Bekerja

Hilangnya antusiasme terhadap pekerjaan yang kalian miliki juga menjadi tanda bahwa kamu butuh keluar dari rutinitas dan berlibur sejenak. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor, mulai dari stres, rutinitas yang menjemukan, hingga kelelahan.

Oleh karena itu, ambillah cuti sejenak dari pekerjaan agar pikiran menjadi lebih segar. Liburan pada dasarnya tidak harus pergi ke suatu tempat. Namun, cukup mengerjakan hobi, atau mengistirahatkan diri pun cukup untuk mengembalikan energi.
 

4. Badan Sering Pegal & Lelah

sumber gambar (Unspalsh/ Tim Gouw)

(Sumber gambar: Unsplash/ Tim Gouw)

Tanda lain seseorang butuh liburan adalah saat badan mulai pegal dan lelah. Keluhan ini bisa muncul bila kamu mengalami kurang tidur atau insomnia. Namun, kadang kala tidur yang cukup juga masih membuat merasa nyeri yang tidak jelas dari asalnya.

Terlebih jika kamu akhirnya jadi mudah sakit, ini bisa jadi pertanda bahwa tubuh juga sudah mengalami stres butuh kembali penyegaran. Bahkan, jika sudah mengalami hal ini pijat atau spa pun kadang juga tidak ampuh untuk mengatasinya. 
 

5.  Mencari Pelarian Tidak Sehat

Tuntutan dan tanggung jawab dari pekerjaan memang harus dipenuhi. Namun, hal tersebut kadangkala bisa menyebabkan seseorang menjadi stres jika tidak dikelola dengan manajemen yang baik.

Jika pelarian yang kamu lakukan tidak sehat, ini bisa menjadi tanda kamu memang butuh liburan. Adapun, pelarian yang dimaksud misalnya, konsumsi alkohol, makan makanan manis secara berlebihan, atau mengisi waktu hanya dengan berbaring dan menonton televisi.
 

6. Mood yang Buruk

Tanda kamu kurang liburan selanjutnya adalah sering mengalami mood atau suasana hati yang buruk. Menurut beberapa penelitian, kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut bahkan bisa mengganggu kesehatan fisik juga loh Genhype

Adapun, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengambil istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Dengan begitu, maka kamu akan merasa lebih bahagia dan dapat menangani situasi yang membuat stres ke depannya.
 

7. Sering Terlambat Kerja

sumber gambar (Unsplash/ Chris Wade)

(Sumber gambar: Unsplash/ Chris Wade)

Sering terlambat bekerja juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu perlu berlibur. Hal ini biasanya disebabkan sulitnya bangun dari tidur karena pada malam harinya memang susah untuk memejamkan mata.

Namun, selain alasan di atas, hilangnya motivasi untuk bekerja merupakan tanda bahwa kamu sudah mumet dan membutuhkan refreshing. Bila mengalami situasi ini, rasanya memang sudah tidak ada motivasi untuk bekerja meski kamu menyukai pekerjaan tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga saat Hari Raya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

4 Rekomendasi Kamera CCTV 2023

BERIKUTNYA

Makna Idulfitri dan Hikmah di Balik Hari Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: