Kamera pengawas CCTV (Sumber gambar: Unsplash/Alex)

4 Rekomendasi Kamera CCTV 2023

22 April 2023   |   20:06 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Televisi sirkuit tertutup (closed circuit television) alias CCTV sudah mulai banyak dipakai oleh masyarakat, tidak hanya di kawasan perkantoran tapi juga rumah. Perangkat yang berfungsi sebagai ‘mata’ ini memang praktis digunakan, apalagi dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan penggunanya memantau situasi lewat ponsel. 

Dengan memasang kamera pemantau CCTV baik di dalam maupun di luar rumah, para penghuninya bisa sedikit lebih tenang ketika ingin bepergian karena mereka bisa tetap mengamati kondisi rumah. Beberapa perangkat bahkan punya fitur yang memungkinkan komunikasi dilakukan melalui perangkat tersebut. 

Saat ini, ada banyak perusahaan yang menawarkan produk CCTV dengan ragam fitur. Untuk dijadikan sebagai referensi, Hypeabis.id merangkum beberapa rekomendasi produk yang bisa dipertimbangkan bagi kalian yang ingin membeli produk ini. 

Baca juga: 4 Macam Kegunaan Kamera Keamanan CCTV, Salah Satunya Ungkap Kejahatan
 

1. Bardi IP Camera CCTV Outdoor Static

(Sumber: Bardi)

(Sumber: Bardi)

Vendor perangkat rumah pintar (smart home) Bardi punya banyak produk kamera pengawas, salah satunya adalah Bardi IP Camera CCTV Outdoor Static Lite Version. Perusahaan menyatakan bahwa produk ini merupakan kamera pintar yang dapat menyalurkan video dan suara lewat smartphone

Model ini dibekali dengan slot SD Card dengan kapasitas maksimal 128GB. Perangkat lunak yang ada di dalamnya juga memungkinkan produk memberikan notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang ditentukan di dalam aplikasi perusahaan, yakni Bardi Smart Home. 

Pada posisi gelap, kamera pemantau CCTV ini juga bisa melakukan switch otomatis ke Night Vision dan memiliki lampu LED untuk pengambilan gambar yang lebih jelas dan berwarna. Selain itu, perangkat ini telah dilengkapi dengan sertifikasi IP 65, yang membuatnya tahan terhadap air hujan dengan intensitas sedang. 

Harga: kisaran Rp520.000 
 

2. Mi Smart Camera C200 

(Sumber: Xioami)

(Sumber: Xioami)

Produsen perangkat elektronik asal China, Xiaomi, juga punya daftar panjang perangkat kamera pemantau. Salah satunya yang tersedia di Indonesia adalah Smart Camera C200. Salah satu keunggulan perangkat ini adalah hasil kualitas gambarnya yang punya resolusi Full HD 1080p dan memiliki fitur Night Vision. 

Selain itu, kamera ini juga telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pendeteksi manusia untuk pelacakan dan perekaman otomatis. FItur ini dapat diaktifkan dan dinonaktikan secara manual melalui aplikasi Mi Home/Xiaomi Home. 

Mi Smart Camera 200 juga punya monitor yang bisa melakukan pan-tilt-zoom hingga 360 derajat serta mendukunga pemasangan standar dan terbalik dengan rotasi layar 180 derajat. Dengan begitu, pengguna bisa memantau seluruh ruangan dan tidak memiliki hambatan blind spot. Produk juga mendukung panggilan suara dua arah secara real time

Harga: kisaran Rp440.000 
 

3. TP Link Tapo C200 

(Sumber: TP Link)

(Sumber: TP Link)

TP Link Tapo C200 punya spesifikasi yang mumpuni untuk Kamera CCTV saat ini. Termasuk resolusi Full HD 1080p, pan-tilt, audio dua arah, Night Vision, deteksi gerakan, dan mode privasi. Dengan bantuan aplikasi Tapo, pengguna akan punya akses penuh ke berbagai fitur yang disediakan oleh perusahaan. 

Misalnya fitur deteksi gerakan yang akan mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna beserta dengan klip video gerakan yang dimaksud. Kamera juga bisa digerakkan hingga 360 derajat rentang horizontal dan 114 derajat rentang vertikal.

Perangkat juga mampu menyimpan fail di kartu Micro SD hingga 128GB, yang dalam klaim perusahaan dapat merekam selama 384 jam atau sekitar 16 hari. Selain itu, tersedia juga opsi untuk penyimpanan awan (cloud). 

Harga: sekitar Rp360.000 
 

4. Ezviz C6N 

(Sumber: Ezviz)

(Sumber: Ezviz)

Kamera CCTV C6N dari Ezviz sudah menawarkan spesifikasi dan fitur yang diperlukan untuk para penggunanya mengawasi rumah dari jarak jauh. Gambar resolusi 1080p, pan dan tilt 360 derajat, Sleep Mode untuk melindungi privasi, deteksi gerakan, smart tacking, dan audio dua arah serta kapasitas memori Micro SD hingga 256GB. 

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fungsi Smart IR, yang menggunakan pencahayaan inframerah untuk menangkap lebih banyak detail dalam cahaya redup. Dengan fungsi ini, intensitas LED inframerah di kamera dalam mode malam akan secara otomatis disesuaikan untuk mencegah paparan berlebih dan membuat objek lebih jelas. 

Harga: sekitar Rp490.000 

Baca juga: Hati-Hati, Begini 5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi di Tempat Umum

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Operasional MRT dan Transjakarta Selama Libur Lebaran

BERIKUTNYA

Jadi Waktu yang Tepat, Cek 7 Tanda Kamu Butuh Liburan pada Momen Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: