Ilustrasi kebun teh di Pangalengan (Sumber gambar: Adnan La/Unsplash)

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangalengan, Cocok Buat Healing Sejenak

22 August 2022   |   15:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit banyak orang, Bandung tidak pernah kehabisan sisi untuk dijelajahi. Selain Lembang dan Ciwidey, wisatawan kerap mengisi liburannya dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata di kawasan Pangalengan.

Terletak di area Bandung Selatan, Pangalengan merupakan sentra pertanian, perkebunan, dan peternakan. Oleh karena itu, tak heran jika Pangalengan merupakan wilayah yang terkenal asri dengan hawanya yang sejuk. Apalagi, di Pangalengan juga terdapat beberapa destinasi wisata kekinian yang diincar anak-anak muda.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Makassar Ini Wajib Masuk Bucketlist Liburan Kalian

Beragam tempat wisata di Pangalengan bisa menjadi referensi berlibur bagi kalian yang penat dengan rutinitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Pangalengan yang menarik untuk dikunjungi.


1. Nimo Highland Pangalengan

Nimo Highland adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Pangalengan. Nama Nimo sendiri merupakan kependekan dari Nini Mountain atau Gunung Nini. Hal ini lantaran Nimo Highland berada di kawasan Gunung Nini.

Salah satu daya tarik wisata satu ini adalah adanya bangunan unik ala Santorini berpadu dengan interior khas Indian. Ada pula spot keren untuk background foto ciamik yaitu jembatan kaca estetik sepanjang 150 meter. Dari jembatan itu, kalian bisa melihat keindahan lanskap alam mencakup hamparan kebun teh, hutan, pegunungan, dan danau.


2. Nuansa Riung Gunung Pangalengan

Selain Nimo Highland, destinasi yang juga hit di Pangalengan adalah Nuansa Riung Gunung. Daya tarik tempat ini adalah pemandangan hamparan perkebunan teh yang luas dengan perbukitan di sekelilingnya. Sama seperti Nimo Highland, Nuansa Riung juga terdapat jembatan kayu panjang estetik untuk berjalan melihat-lihat perkebunan teh yang luas nan indah.
 
 


3. Taman Langit Pangalengan

Destinasi wisata ini terbilang masih baru beroperasi di Pangalengan karena baru diresmikan pada 2020 lalu. Di tempat ini, kalian bisa menikmati hamparan kebun teh yang membentang serta panorama sunrise dan sunset yang romantis. 

Jika kalian ingin berlama-lama di Taman Langit, kalian juga bisa camping dengan menyewa tenda. Sambil menunggu matahari terbit di ufuk Timur, manfaatkan waktu dengan membuat api unggun untuk menciptakan nuansa romantis di tengah gemerlapnya bintang-bintang di langit.


4. Kampung Singkur

Destinasi berupa kampung wisata di Pangalengan ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin liburan melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Di tempat ini, kalian bisa menikmati beragam wahana air mengasyikkan seperti arung jeram, paint ball, flying fox, dan tubing trip. Untuk masuk ke dalam wisata Kampung Singkur, kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.


5. Perkebunan Teh Cukul

Tak afdol jika kalian tidak mengunjungi salah satu perkebunan teh di Pangalengan. Satu spot wisata kebun teh yang bisa kalian kunjungi adalah Perkebunan Teh Cukul. Tempat ini banyak dikunjungi oleh anak-anak muda lantaran pemandangannya yang indah dan estetik sehingga cocok sebagai spot foto. Selain kebun teh, kalian juga bisa menikmati danau yang berada tak jauh dari perkebunan. Di tempat ini, kalian juga bisa berburu pemandangan matahari terbit yang indah.
 
 


6. Curug Panganten

Sesuai namanya, Curug Panganten memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan layaknya sepasang pengantin di pelaminan. Curug Panganten memiliki pemandangan alam nan indah, lantaran berada di balik rimbunnya hutan tropis hijau yang berlumut.

Air sungai di curug ini juga bersih dan jernih sehingga bikin udara di sekitarnya segar. Selain Curug Panganten, di sekitar Pangalengan juga masih ada beberapa curug lain yang tak kalah menarik seperti Curug Malabar, Curug Cisadawindu, Curug Ciruntah, Curug Plengan, Curug Sanghiang, Curug Cikakapa, Curug Cibaliung, Curug Patra, dan Curug Cihideung.
 

7. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan seluas 1400 hektar yang berada di ketinggian 1.550 mdpl dan dikelilingi oleh Kebun Teh Malabar. Situ Cileunca juga memiliki area perkebunan arbei dan jeruk.

Wahana lain di kawasan ini ialah menaiki perahu mesin untuk menjelajahi Situ Cileunca dan spot estetik di sekitar Jembatan Cinta. Jika kalian ingin bermalam, tak perlu bingung, sebab ada banyak hotel dan villa di sekitar Situ Cileunca.


8. Hutan Pinus Rahong

Hutan wisata berupa pepohonan pinus ini telah menjadi destinasi wisata populer di Pangalengan sejak beberapa tahun terakhir. Suasananya yang sejuk dengan panorama alam yang memukau membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Dengan lokasinya yang dekat dengan sungai jernih dan berada di tengah hamparan pohon, hutan pinus ini juga kerap dimanfaatkan para wisatawan sebagai tempat berkemah. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sensasi Menaiki Kereta Trans-Siberia: Semalam Bersama Leo Tolstoy

BERIKUTNYA

10 Kesalahan Dasar dalam Merencanakan Keuangan Keuangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: