Ilustrasi THR (Sumber foto: Pexels/Cottonbro Studio)

Simak Berbagai Cara 'Menghabiskan' Uang THR yang Masih Tersisa

18 April 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah dana yang kerap diterima oleh banyak orang setiap Ramadan tiba. Ada berbagai macam cara yang diterapkan oleh individu dalam mengelola tunjangan tersebut. Terlepas dari cara tersebut, ada baiknya dana yang tersisa dialokasikan dengan tepat. 

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id dari PT PFI Mega Life Insurance, sebagian besar orang disebut akan terlena untuk menghabiskan tunjangan hari raya yang diterima dalam sekejap. Untuk kebutuhan beli baju baru, kue kering, dan hal lainnya menyambut hari raya.
 

Padahal, penting bagi seseorang untuk mengelola dana tambahan tersebut daripada menghabiskannya begitu saja agar kondisi keuangan pada masa yang akan datang terjaga. Namun, dapat tetap menikmati hari kemenangan bersama dengan keluarga dan orang-orang terkasih.

Berikut sejumlah alokasi dana THR yang bisa diterapkan demi masa kondisi finasial pada masa yang akan datang menurut perusahaan dan berbagai sumber yang dihimpun Hypeabis.id.


Tabungan

Menyimpan uang di dalam tabungan di bank adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh seseorang ketika memperoleh dana tunjangan hari raya dari perusahaan pada Ramadan tahun ini selain untuk keperluan lainnya.

Uang yang dialokasikan ke dalam tabungan ini bisa digunakan untuk keperluan lain yang mungkin saja dibutuhkan pada masa yang akan datang meskipun pada saat ini belum memiliki rencana terkait penggunaannya.

Dana yang ada di dalam tabungan juga bisa digunakan sewaktu-waktu ketika seseorang berada dalam kondisi darurat, sehingga membutuhkan biaya tertentu. 


Investasi

Selain tabungan, dana tunjangan hari raya  juga dapat dialokasikan untuk investasi ketika berbagai kebutuhan untuk merayakan Idulfitri sudah terpenuhi. Langkah ini lebih baik jika dibandingkan harus menghabiskannya begitu saja tanpa kejelasan.

Pada saat ini, berbagai jenis produk investasi sudah marak disosialisasikan oleh banyak pihak, baik dalam bentuk saham, reksadana, emas, dan sebagainya. Kalian dapat memilih produk investasi yang  sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko dengan dana sisa tunjangan hari raya yang dimiliki. 


Sedekah

Sedekah adalah tempat lain bagi individu penerima tunjangan hari raya untuk mengalokasikan dana tambahan yang dimiliki ketika seluruh kebutuhan untuk Idulfitri telah terpenuh dan masih memiliki dana sisa. 

Kegiatan ini merupakan cara untuk berbagai kebahagiaan bersama dengan orang-orang yang membutuhkan. Selain membuat orang lain senang, sedekah juga menjadi kegiatan yang akan menambah pahala mengingat Ramadan adalah bulan di mana Sang Kuasa melipatgandakan setiap pahala yang diberikan.


Asuransi

Ketika seluruh kebutuhan untuk merayakan hari kemenangan sudah terpenuhi dan masih memiliki dana sisa dari THR yang didapat, individu dapat mengalokasikan uang tersebut ke asuransi sebagai bentuk perlindungan diri dan keluarga.

Pada saat ini, sejumlah perusahaan menawarkan berbagai produk asuransi guna memberikan perlindungan seperti pendidikan, penyakit kritis tertentu, jiwa, dan sebagainya. Individu dapat membeli produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan menggunakan dana THR yang masih tersisa.

Baca juga: THR Udah Cair? Jangan Lupa 4 Hal Penting Ini Ya!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Taxi Driver Season 3 Dikonfirmasi, Cek Dulu Yuk Cara Ok Ju Man Pengaruhi Umatnya pada Season 2

BERIKUTNYA

Jadi Debut Kim Seon-ho, Cek Sinopsis Film The Childe yang Tayang Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: