Ilustrasi perjalanan jauh (sumber gambara Unsplash/ Al Mohe)

5 Makanan dan Minuman yang Dapat Mencegah Mabuk Perjalanan saat Mudik

17 April 2023   |   16:13 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Menempuh perjalanan jauh saat mudik ke kampung halaman memerlukan energi ekstra. Terlebih jika daerah yang dituju cukup jauh dan membutuhkan waktu berhari-hari. Oleh karena itu, diperlukan persiapan khusus sebelum berangkat mudik agar tetap segar saat di perjalanan dan selamat sampai tujuan.

Tak hanya itu, melakukan perjalanan jauh bagi sebagian orang juga sering membuat kondisi tubuh tidak nyaman. Bahkan, seringkali berakhir dengan mabuk perjalanan. Keadaan tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi lemas dan tak bersemangat.

Baca juga: 7 Checklist Wajib Sebelum Mudik Agar Rumah Aman dan Hati Tenang

Dikutip dari laman Siloam Hospital, mabuk saat perjalanan dipicu terganggunya pengaturan posisi dan keseimbangan tubuh di otak dan telinga bagian dalam. Sebab, telinga dalam dan otak kecil merupakan pusat pengatur keseimbangan dan posisi tubuh.

Minum obat antimabuk sebenarnya bisa menjadi solusi hal itu. Namun, bagi yang enggan mengonsumsinya, kalian bisa menyiasatinya dengan membawa makanan atau minuman tertentu. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya.


1. Buah-buahan


ilustrasi buah-bahan (sumber gambar Unsplash/ Jonas kakaroto)

Ilustrasi buah-bahan (sumber gambar Unsplash/ Jonas kakaroto)


Buah-buahan dapat memberikan asupan vitamin bagi tubuh, sehingga akan membuat stamina dan membantu menenangkan sistem saraf sensorik pada tubuh. Buah-buahan dengan kandungan vitamin C dan E seperti jeruk, pisang, kiwi, hingga pepaya bisa jadi pilihan yang baik untuk perjalanan mudik.

Namun, selain buah-buahan segar, kamu juga bisa menyiasatinya dengan buah yang sudah dikeringkan seperti kismis, plum, ara, dan aprikot. Sebab, buah kering memiliki kandungan sodium yang tinggi sehingga dapat mencegah mabuk atau muntah saat perjalanan jauh.


2. Jahe dan Peppermint 

Tumbuhan rimpang ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain menghangatkan badan saat diseduh, jahe juga dapat membantu meredakan mabuk perjalanan jauh jika dikonsumsi dengan tepat.

Untuk menyiasatinya, kalian bisa menyiapkan jahe yang sudah diparut lalu mengonsumsinya sebanyak setengah sendok teh. Namun jika merepotkan, bisa membeli permen jahe atau peppermint yang saat ini banyak dijajakan di supermarket.


3. Roti Gandum

Ilustrasi roti gandum (sumber gambar Unsplash/ Jude Infantini)

Ilustrasi roti gandum (sumber gambar Unsplash/ Jude Infantini)


Selain menyehatkan, roti gandum juga termasuk makanan yang dapat mencegah mabuk perjalanan. Tak hanya itu, roti gandum juga lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak membuat perut terasa penuh dan menimbulkan rasa mual.

Untuk menyiasati rasanya yang tawar, bisa menambahkan berbagai macam isian selai dan makanan pendamping lain dalam roti tersebut. Karena banyak mengandung serat, roti gandum juga akan membuat perut kenyang lebih lama.


4. Kacang-kacangan

Salah satu penyebab rasa mual adalah keadaan tubuh yang kekurangan zat protein. Untuk menyikapi hal itu, mengonsumsi kacang-kacangan bisa menjadi alternatif untuk menghindari rasa mual dan ingin muntah saat perjalanan mudik.

Adapun, beberapa jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung protein adalah kacang mede, kacang tanah, hingga almond. Dengan mengunyah camilan ini, selain menambah energi juga akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman karena mual akan hilang.


5. Air Kelapa 

Ilustrasi air kelapa (sumber gambar unsplash/ Towfiqu Barbhuiya)

Ilustrasi air kelapa (sumber gambar unsplash/ Towfiqu Barbhuiya)


Selain menyiapkan air mineral yang cukup untuk menemani perjalanan mudik, ada baiknya juga minum air kelapa untuk menghindari mabuk perjalanan. Sebab, air kelapa mampu menetralisir racun dan rehidrasi tubuh dengan cepat.

Baca juga: Mau Mudik Jalur Darat? Yuk Pantau Kemacetan Arus Lalu Lintas dengan 7 Aplikasi Ini

Tak hanya itu, kandungan nutrisi dalam air kelapa pun cukup lengkap. Sebanyak 100 ml air kelapa menurut data komposisi pangan Indonesia mengandung 17 kalori, 02 gr protein, 0,1 gr lemak, 3,8 gr karbohidrat, 15 mg kalsium, dan 149 mg kalium sehingga baik untuk stamina.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Kang Dong-won, Aktor Korea yang Disebut Pacar Rose Blackpink

BERIKUTNYA

Enggak Cuma Drakor, 3 Drama China Ini Juga Seru Loh Buat Ditonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: