Bersiap mudik lebaran dengan keluarga (Sumber gambar: Shutterstock)

7 Checklist Wajib Sebelum Mudik Agar Rumah Aman dan Hati Tenang

17 April 2023   |   12:02 WIB

Like
Genhype, libur Lebaran telah tiba nih! Apakah kalian sudah bersiap untuk mudik ke kampung halaman dan bertemu handai taulan? Kalau iya, persiapkan dengan matang ya agar tradisi menyambut hari suci ini dapat berjalan lancar dan aman. Bukan hanya oleh-oleh Lebaran saja, tapi rumah yang akan ditinggal mudik pun harus turut disiapkan.

Mulai dari keamanan, hingga tanaman dan hewan peliharaan kesayangan. Apalagi pemerintah menetapkan cuti bersama lebih awal tahun ini, sehingga waktu berlibur juga menjadi lebih panjang. Jadi pastikan rumah dalam keadaan kondusif selama ditinggalkan.

Baca juga: Mau Mudik Jalur Darat? Yuk Pantau Kemacetan Arus Lalu Lintas dengan 7 Aplikasi Ini

Agar liburan makin tenang, simak beberapa hal di bawah yang bisa Genhype masukkan ke dalam checklist sebelum berangkat mudik.


1. Matikan Aliran Listrik yang Tidak Diperlukan

Dilansir dari keterangan resmi, Direktur PLN Darmawan Prasodjo mengimbau calon pemudik untuk mengamankan listrik di rumah sebelum pergi. Mencabut kabel alat elektronik yang tidak diperlukan dari stop kontak jadi cara sederhana yang efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran. Korsleting masih menjadi penyebab utama kebakaran selama musim mudik lebaran. Di lain pihak, listrik juga jadi lebih hemat. Jadi pastikan semua kabel yang tidak diperlukan tidak tersambung ke aliran listrik.


2. Pastikan Gas Ditutup dan Tidak Bocor

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah memastikan tidak ada kebocoran gas. Pastikan tabung dan selang dalam kondisi yang baik, serta usahakan untuk mencabut regulator dari tabung gas. Tabung gas yang telah dilepas, lantas diletakkan ditempat yang teduh serta terbuka atau berventilasi baik, sehingga jika ada kebocoran, bahaya ledakan gas dapat diantisipasi.


3. Pasang Kamera Pengawas

Teknologi terkini kamera pengawas atau CCTV sangatlah memudahkan. Memantau keadaan rumah saat bepergian dapat dilakukan hanya melalui smartphone saja. Memasang CCTV di beberapa titik yang perlu dipantau khusus seperti teras, garasi atau pintu gerbang, sudah barang tentu menambah rasa tenang saat mudik. Genhype bisa memastikan keamanan rumah kapan saja dari mana saja.


4. Gunakan Lampu Otomatis

Mengganti lampu teras dengan lampu otomatis bisa jadi opsi yang baik untuk menambah keamanan rumah. Lampu otomatis akan padam di siang hari dan menyala di malam hari tanpa harus menekan saklar. Sangat praktis. Genhype bisa pasang di teras serta di luar pagar, sehingga rumah tidak terlalu gelap dan memberikan kesan ‘ada orang di rumah’. Dengan demikian, tindak kriminal pun dapat diminimalisir.


5. Pasang Alat Penyiram Tanaman

Mendapati tanaman kesayangan dalam keadaan layu bukan hal yang menyenangkan saat baru kembali dari mudik Lebaran, ya. Karenanya Genhype perlu menyiapkan alat penyiram otomatis sederhana yang dapat menjaga tanah tetap lembab selama beberapa hari, dan memastikan tanaman tidak kekurangan air.

Genhype juga bisa buat sendiri, lho. Instalasinya sangat sederhana, karena mengandalkan gravitasi saja. Yang perlu disiapkan adalah botol bekas air mineral yang tutupnya telah dilubangi. Setelah diisi penuh, tanam botol secara terbalik dengan posisi bagian atas botol terkubur tanah di pot tanamanmu. Dengan begini, tanah akan menyerap air dari lubang, sedikit demi sedikit, sesuai kebutuhan. Pupuk cair juga bisa ditambahkan ke dalam air untuk ekstra nutrisi.


6. Menitipkan Hewan Peliharaan

Membawa peliharaan turut mudik bukanlah ide baik, tapi meninggalkanya di rumah yang kosong juga bukan keputusan yang bijak. Jasa penitipan hewan peliharaan adalah pilihan yang tepat agar anak bulu tidak terlantar selama ditinggal mudik.

Jasa penitipan hewan saat ini sudah sangat banyak, sehingga Genhype lebih mudah dan punya banyak opsi untuk memilih dimana hewan peliharaan akan staycation untuk sementara. Genhype nantinya tinggal memilih fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan hewan peliharaan, tanpa perlu khawatir lagi.


7. Lapor RT dan Keamanan Setempat

Last but not least adalah berkoordinasi dengan pengurus RT dan keamanan setempat. Sampaikan berapa lama Genhype akan meninggalkan rumah, dan jangan lupa untuk meninggalkan nomor kontak yang dapat dihubungi dalam kedaaan darurat.

Hal itu penting dilakukan, karena dengan begitu pihak keamanan setempat mengetahui rumah mana saja yang akan kosong untuk beberapa hari ke depan, sehingga kewaspadaan di lingkungan dapat lebih ditingkatkan.

Baca juga: Cek Jadwal Contraflow Arus Mudik-Balik 2023, Biar Enggak Kena Macet!

Nah, dari beberapa poin di atas, mana saja yang sudah Genhype lakukan? Pastikan jangan ada yang terlewat ya, agar mudik jadi makin tenang, nyaman dan tentram. Selamat berlibur!

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Sejarah Hari Hemofilia Sedunia yang Diperingati Setiap 17 April

BERIKUTNYA

5 Ide Merayakan Lebaran Tanpa Mudik Tapi Tetap Asyik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: