Bolu Kojo. (Sumber: Instagram/hc_ink85)

Resep Bolu Kojo Khas Sumatra Selatan Cocok Untuk Idulfitri

17 April 2023   |   16:00 WIB

Sumatra Selatan dikenal dengan Jembatan Ampera, Sungai Musi, dan kuliner berbahan dasar ikan yang memiliki rasa gurih seperti empek-empek. Namun siapa sangka, Bumi Sriwijaya ini juga memiliki ragam kudapan manis yang senantiasa hadir kala acara-acara besar seperti pada Hari Raya Idulfitri atau pernikahan adat.

Kudapan tersebut hadir sebagai makanan pencuci mulut dan camilan yang sangat dinantikan masyarakat. Kebanyakan makanan manis yang dikenal penduduk Sumatra Selatan berbentuk kue bolu dengan rasa manis, legit, dan padat, tidak seperti bolu pada umumnya yang lembut.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuah Putih, Sajian Sedap Khas Lebaran

Kue-kue yang dimaksud antara lain kue maksuba, kue delapan jam, dan yang paling asing didengar adalah kue kojo. Kue kojo atau kemojo ini memiliki arti kemboja karena bentuknya seperti bunga kemboja yang mekar sangat indah. Namun, seiring perkembangan waktu, bentuk bolu ini sudah memiliki kreasi beragaman.

Selain di Sumatra Selatan, kue ini juga bisa dijumpai di Jambi, Riau, dan Bengkulu yang merupakan daerah-daerah pecahan dari Sriwijaya. Jika Genhype tidak dapat pergi ke daerah tersebut untuk mencicipinya, jangan risau karena kue kojo bisa diolah sendiri di Rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Yuk cek saja resepnya di bawah ini.

Bahan basah
- 800 ml santan kental
- 10 lembar daun pandan
- 3 – 5 sendok teh pasta pandan
- 100 gram mentega

Bahan kering
- 4 butir telur
- 300 gram gula halus
- 500 gram tepung terigu

Cara memasak
1. Blender 800 ml santan kental bersama 10 lembar daun pandan yang sudah digunting kasar agar memudahkan dalam pencampuran dengan santan. Blenderlah sampai daun pandan halus dan mengeluarkan warna hijau yang cantik.
2. Saringlah campuran santan dan daun pandan untuk memisahkan dengan ampasnya.
3. Nyalakan kompor dengan api sedang, masukkan campuran santan dan daun pandan ke dalam panci ukuran sedang. Masaklah campuran santan dengan 100 gram mentega, angkat jika mentega sudah meleleh dan bercampur dengan santannya.
4. Sambil menunggu bahan basah dingin, siapkanlah mangkuk besar untuk mencampurkan bahan-bahan kering.
5. Masukkan 4 butir telur ke dalam mangkuk, tambahkanlah 300 gram gula halus atau sesuai tingkat kemanisan yang disuka. Aduklah kedua bahan tersebut dengan menggunakan baloon wisk atau mixer sampai telur dan gula tercampur rata dan jangan mengaduk telur sampai mengembang, cukup sampai tercampur dengan gula saja.
6. Siapkan mangkuk besar satu lagi untuk memasukkan 500 gram tepung terigu ke dalamnya. Buatlah lubang di tengah-tengah tepung lalu masukkan adonan telur secara perlahan dan aduk dari tengah agar adonan telur dan tepung tercampur rata, tidak menggumpal.
7. Tambahkanlah bahan basah ke dalam bahan kering secara bertahap sampai bahan basah habis. Kemudian, aduklah sampai rata dengan ditandai adonan yang diselimuti warna hijau tanpa warna kuning.
8. Panaskanlah oven terlebih dahulu dengan suhu 170 atau api sedang.
9. Siapkan loyang berbentuk lingkaran dan olesi dengan mentega atau minyak agar bolu mudah dikeluarkan saat matang.
10. Masukkan adonan ke dalam loyang secara perlahan dan ketuk-ketuklah loyang supaya adonan mengisi seluruh ruang yang ada. Lalu, masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Pangganglah sampai matang atau kurang lebih 1 jam. Dinginkanlah sebelum dikeluarkan dari loyang.

Baca juga: Intip Resep Semprit Keju, Kue Favorit Khas Lebaran

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Punya Asa Kuat untuk FFSI 2023, Ini Rencana GENESIS DOGMA SF Setelah Juarai FFML S7

BERIKUTNYA

Begini 5 Cara Memilih Jenis Buah Kiwi yang Manis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: