Illustrasi Buah Kiwi Hijau (Sumber Foto: Pexels/Dmitry Demidov).

Begini 5 Cara Memilih Jenis Buah Kiwi yang Manis

17 April 2023   |   19:43 WIB

Genhype, pasti enggak asing kan dengan buah kiwi? Buah yang berbentuk lonjong dengan kulit berwarna kecokelatan ini sangat terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan. Selain bisa dimakan langsung, buah ini juga biasa dikonsumsi dengan cara dijus. 

Untuk kalian ketahui, buah ini memiliki beragam varian, ada kiwi hijau dan kiwi kuning. Pada buah kiwi hijau dan kiwi kuning, terdapat perbedaan yang sangat mencolok pada tampilan visualnya. Pada kiwi hijau, kulitnya berwarna kecoklatan dan berbentuk oval.

Baca juga: Yuk Bangkitkan Semangat Pagi dengan Sarapan Kiwi

Adapun, pada kiwi kuning, perbedaan kontras terdapat pada kulitnya yang lembut tidak berbulu, serta berewarna kuning keemasan. Nah, cara memilih buah kiwi sebenarnya sangat mudah. Untuk dapat membedakannya, kalian bisa mempelajari ciri-ciri jenis buah kiwi dan bagaimana cara memilihnya.


1. Memilih buah kiwi berdasarkan warna kulitnya

Cara pertama yang bisa kalian coba adalah pilih buah kiwi berdasarkan warna kulitnya. Untuk mendapatkan kiwi jenis hijau, maka kalian bisa memilih buah yang berwarna hijau kecokelatan (pekat), sedangkan untuk kiwi jenis kuning, pilihlah kulitnya berwarna kuning keemasan.


2. Memilih buah kiwi dengaan cara menekannya

Hanya dengan menekan bagian atas buah kiwi menggunakan ibu jari, serta bersamaan menekan badan buah kiwi dengan jari lainnya. Jika buah yang kalian tekan terasa lunak, maka buah kiwi kuning tersebut sudah bisa dimakan. Namun, jika Genhype ingin rasanya lebih manis lagi, kamu bisa menunggu hingga buah lebih lunak lagi.


3. Memilih buah kiwi berdasarkan baunya

Aroma buah kiwi yang bagus dan sudah matang adalah seperti bau citrus yang harum dan segar. Jangan memilih buah kiwi yang bau masam atau kecut.


4. Memilih buah kiwi berdasarkan kondisi dan tekstur kulit

Genhype harus menghindari untuk memilih buah kiwi yang kulitnya sudah berkeriput, lembap, atau bahkan berjamur. Buah kiwi dengan kondisi seperti itu kandungan gizi dan airnya sudah pasti sangat berkurang. Untuk itu carilah buah kiwi yang masih segar dengan tekstur kulit halus dan kencang.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan cara memilih buah kiwi yang tepat, Genhype juga harus tahu bagaimana baiknya menyimpan buah kiwi yang sudah dibeli.


5. Simpan di Lemari Es

Simpanlah buah kiwi di dalam lemari es agar kesegarannya tetap terjaga. Sebab, buah kiwi juga lebih nikmat disantap jika dalam keadaan dingin. Jangan biarkan buah kiwi berada dalam suhu kamar atau lembap terlalu lama.

Cara mengkonsumsi buah kiwi dapat disesuaikan dengan jenis buah kiwi yang kalian miliki. Untuk buah kiwi jenis hijau, sebaiknya kulitnya dikupas atau belah buah kiwi dan dagingnya diambil dengan sendok. Bila Genhype akan menyantap buah kiwi kuning, kamu bisa menyantapnya bersamaan dengan kulitnya. 

Baca juga: 10 Tip Memilih Durian yang Matang, Manis & Banyak Dagingnya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Bolu Kojo Khas Sumatra Selatan Cocok Untuk Idulfitri

BERIKUTNYA

Rekomendasi 6 Tempat Makan Siomai di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: