Ilustrasi ayam kukus dan nasi. (Sumber gambar: Freepik)

Resep Ayam Kukus Jahe Chili Oil ala William Gozali yang Viral di TikTok

21 October 2023   |   16:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

William Gozali atau yang lebih akrab disapa Willgoz dikenal sebagai salah satu chef kenamaan di Indonesia. Pemenang kompetisi MasterChef Indonesia 2012 itu aktif membuat konten-konten resep masakan baik di media sosialnya seperti YouTube dan TikTok.

Tak jarang resep yang dibuatnya viral dan diakui kelezatannya oleh banyak orang. Salah satu di antaranya ialah resep Ayam Kukus Jahe Chili Oil buatan Willgoz yang kini tengah viral di media sosial. Banyak warganet yang mencoba membuat resep tersebut dan menilai bahwa menu dari Willgoz itu enak sekaligus sehat lantaran cara memasaknya yang dikukus.

Baca juga: Resep Bistik Ayam Krispi Ala Chef Devina Hermawan

Sebagai chef, Willgoz memang dikenal kerap membuat resep-resep masakan yang simpel namun rasanya terbukti lezat. Tak ayal, jika kreasi menu-menu yang dibuatnya diikuti oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang ingin memasak hidangan sederhana untuk sehari-hari.
 
@willgoz Anjir sih ini. Gampang bikinnya. Enak nampol rasanya. Ayam kukus bawang jahe. #willgozmemasak #willgozkitchen #homecooking ? Milk Tea - Official Sound Studio


Seperti nama masakannya, Ayam Kukus Jahe Chili Oil terdiri dari potongan ayam yang dikukus dengan bumbu marinasi yang gurih dan kaya rempah utamanya seperti jahe dan bawang putih. Ayam itu dipadukan bersama saus chili oil atau minyak cabai yang pedas dan menggugah selera.

Menariknya, Willgoz juga tak hanya memarinasi daging ayam dengan banyak bumbu dan rempah, sang juru masak juga memberikan tepung maizena sehingga memberikan kesan lembut dan creamy pada daging ayam tersebut.

Sementara chili oil sebagai cocolan, Willgoz juga memberikan resep yang terbilang simpel alih-alih membuat minyak cabai yang sulit dan membutuhkan waktu. Tak heran, jika menunya satu ini membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Apalagi, menu ini juga bisa menjadi pilihan makanan bagi kalian yang sedang berdiet namun tetap ingin mengonsumsi hidangan yang lezat sekaligus sehat. Untuk Genhype yang tertarik mencoba menunya, berikut adalah resep Ayam Kukus Jahe Chili Oil ala Chef Willgoz yang bisa dihidangkan untuk santapan keluarga di akhir pekan.

Resep Ayam Kukus Jahe Chili Oil
Bahan-bahan Ayam Kukus
  • 6 pcs paha ayam utuh
  • 2,5 sdt garam
  • 3 sdm minyak wijen
  • 1,5 sdm saus tiram
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 sdm kecap asin lee kum kee
  • 2 ruas jahe
  • 2 jamur shitake
  • 1 batang daun bawang

Bahan-bahan Chili Oil
  • 1 sdm jahe parut
  • 2 sdm bon cabe
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap asin
  • 10 sdm minyak goreng 

Cara Membuat
  1. Pertama, buat terlebih dahulu ayam kukusnya. Potong-potong paha ayam menjadi tiga bagian lalu masukkan ke dalam wadah agak besar.
  2. Tambahkan kecap asin, minyak wijen, garam, lada putih bubuk, dan tepung maizena, lalu aduk hingga merata dengan ayamnya. Jika sudah, tambahkan saus tiram lalu aduk kembali hingga tercampur merata.
  3. Iris jahe, jamur shitake, dan daun bawang dengan ukuran sedang lalu tambahkan di atas ayam yang telah dimarinasi.
  4. Siapkan alat kukus lalu masukkan ayam dan kukus hingga matang sekitar 30 menit.
  5. Nah sekarang giliran membuat chili oil. Siapkan mangkok kecil lalu masukkan jahe parut, bon cabe, dan bawang putih halus,  lalu aduk hingga merata. Tambahkan kecap asin lalu aduk kembali.
  6. Siapkan piring lalu letakkan ayam kukus jahe dan beri taburan daun ketumbar. Untuk menikmatinya, tuang dengan chili oil. Paling cocok menu satu ini kalian santap dengan nasi putih hangat. Maknyus!
Baca juga: Resep Cumi Goreng Lengkuas, Ide Menu Bisnis Kuliner ala Chef William Gozali

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Faktor yang Harus Diperhatikan Agar Berkendara Aman di Jalan Tol

BERIKUTNYA

Mobile Photographer Berbagi Tip Membuat Foto Produk dengan Kamera Ponsel di Bisnis Muda Day

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: