Ilustrasi mudik menggunakan kendaraan pribadi (Sumber: Bisnis/Suselo Jati)

Bawa Kendaraan Pribadi saat Mudik? Cek Lokasi Bengkel Siaga dari APM Ini Yuk!

17 April 2023   |   16:05 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah agen pemegang merek (APM) di dalam negeri menyediakan bengkel siaga di sejumlah titik ruas jalan selama periode mudik Lebaran tahun ini. Langkah tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemilik kendaraan saat berangkat dan pulang kampung. 

Kendaraan pribadi mobil adalah sarana yang kerap menjadi pilihan bagi para pemudik saat hendak pulang ke kampung halaman guna merayakan Lebaran bersama keluarga. Ada berbagai alasan yang membuat mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum seperti bus, kereta api, atau pesawat. 

Baca juga: Hypereport: Cerita-Cerita Tak Terungkap tentang Mudik

Beberapa di antaranya adalah biaya dan kepraktisan untuk bepergian ke tempat tujuan. Saat melakukan perjalanan, berbagai keadaan bisa saja terjadi terhadap kendaraan yang digunakan meskipun persiapan telah dilakukan. Mengatasi kondisi yang tidak diinginkan, sejumlah agen pemegang merek di dalam negeri membuka bengkel siaga.

Dengan begitu, para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memakai jasa bengkel tersebut. Lebih dari itu, para pemudik juga tidak perlu merasa khawatir jika terdapat kondisi yang tidak diinginkan dengan situasi jalanan yang tidak menentu. 

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar agen pemegang merek yang membuka bengkel siaga di sejumlah titik jalur mudik pada periode Lebaran 2023. Yuk cek daftarnya. 
 

1. Suzuki

Pada masa mudik Lebaran tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyediakan bengkel siaga di 65 titik yang tersebar di Pulau Sumatra, Jawa, dan Bali. Dari total tersebut, manajemen menyediakan 55 bengkel siaga untuk mobil dan 10 lainnya untuk sepeda motor.

Bengkel siaga ini akan mulai beroperasi dan dapat digunakan oleh pemudik sejak 19 April sampai 27 April 2023 selama 12 jam setiap hari. 

Sementara itu, dari 55 bengkel siaga untuk mobil, 29 di antaranya akan beroperasi selama 24 jam. Pemudik yang menggunakan bengkel ini akan mendapatkan layanan pemeriksaan 23 item terhadap kendaraan secara gratis dan sesuai dengan standar Suzuki.

Tidak hanya itu, perbaikan kendaraan dan penggantian suku cadang juga dapat dilakukan secara langsung di bengkel siaga jika diperlukan. Kemudian, konsumen juga dapat memanfaatkan fasilitas lain seperti ruang istirahat, musala, sudut anak-anak, dan suvenir gratis di bengkel ini.

Pemilik kendaraan Suzuki yang mengalami kondisi darurat saat perjalanan, seperti ban pecah atau kendala terhadap mesin dapat memanfaatkan layanan emergency roadside assistant ketika berada jauh dari bengkel siaga. 
 

2. Toyota

Agen pemegang merek lain yang menyediakan bengkel siaga pada masa Lebaran tahun ini adalah PT Toyota Astra Motor (TAM). Perusahaan menyediakan sebanyak 308 titik pelayanan servis bagi pemudik yang melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Seluruh pelayanan tersebut akan beroperasi mulai dari 19 sampai 30 April 2023. Adapun, layanan itu merupakan bentuk kerja sama antara manajemen bersama jaringan dealer resmi Toyota.

Dari 308 layanan, 297 di antaranya berupa bengkel siaga yang akan beroperasi meskipun pada masa libur Lebaran 2023. Sementara 11 lainnya adalah berupa posko siaga yang berada di sejumlah titik, yakni tempat istirahat KM 57 dan KM 62 di tol Cikampek; rest area KM 68 tol Merak; dan tempat istirahat KM 102 lajur Tol Cipali.

Kemudian, posko siaga juga terdapat di Resta Pendopo KM 456A, Jl. Tol Bawen-Salatiga; Jl. Tol Semarang-Batang KM 360; dan rest area TRAVOY KM 207 A Palikanci.

Di Pulau Sumatra, posko siaga terdapat di Jl. Raya Banyuglugur km 2 - Timur PLTU Paiton, Situbondo; rest area 49 A di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar; dan Pondok Pindang Bu Ijah Jl. Sriwijaya No. 16 Karya Jaya, Kec. Kertapati. Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Tidak hanya itu, posko siaga juga terdapat di  Jl Bangkinang-Payakumbuh Batu Bersurat Kec XIII Koto Kampar Kab Kampar Riau atau di depan Masjid At-Taqwa.

Halaman selanjutnya: Mitsubishi-Wulling
1
2


SEBELUMNYA

Ekspresi Kerentanan Hati Solois Keenan Tee dalam Single Scars

BERIKUTNYA

Punya Asa Kuat untuk FFSI 2023, Ini Rencana GENESIS DOGMA SF Setelah Juarai FFML S7

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: