salah satu adegan film Buya Hamka (sumber gambar YouTube Falcon Pictures)

Obati Kerinduan Tokoh teladan, Film Biopik Buya Hamka Tayang Lebih Cepat Jadi 19 April

15 April 2023   |   11:57 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar gembira siap menyapa masyarakat jelang Lebaran tahun ini. Pasalnya, film biopik tokoh teladan Buya Hamka tayang sehari lebih cepat dari jadwal sebelumnya menjadi tanggal 19 April 2023 di seluruh bioskop Tanah Air.

Kabar mengenai keputusan untuk mempercepat penayangan tersebut datang mengikuti libur cuti bersama libur Lebaran dari pemerintah pada 19-25 April 2023. Selain itu juga karena antusiasme masyarakat yang tinggi untuk menyaksikan film tersebut.

Baca juga: Potret Kegigihan Perjuangan Sang Ulama dalam Trailer Film Buya Hamka

"Semangat para penonton film Indonesia untuk menyaksikan film #BuyaHamka luar biasa, sehingga Jadwal tayang dimajukan pada tanggal 19 April 2023 serentak di Bioskop kesayangan Anda," tulis Instagram Falcon Pictures selaku rumah produksi.
 
 

Film Buya Hamka akan berfokus pada tokoh nasional yang bernama asli Abdul Malik Karim Amrullah. Hamka merupakan ulama, sastrawan, dan juga politikus terkenal sekaligus Ketua Majelis Ulama (MUI) pertama di Indonesia.

Dibesut oleh Fajar Bustomi, film ini mendapuk aktor Vino G. Bastian untuk memainkan peran utama sebagai Hamka. Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin mengatakan bahwa hadirnya film Buya Hamka dapat mengobati kerinduan masyarakat terhadap sosok panutan.

"Buya Hamka seorang tokoh yang patut kita jadikan teladan, baik sebagai tokoh ulama maupun sebagai seorang pejuang bangsa dan juga sebagai sastrawan," ujar Wapres dikutip dari laman Kemenag.

Selain menggarap filmnya, Falcon Pictures melalui Falcon Publishing juga akan merilis novel biografi Buya Hamka karya Ahmad Fuadi berdasarkan skenario film dan diperkaya dengan riset penulisnya mengenai sosok tersebut.

Baca juga: Siap Tayang Saat Idul Fitri 2023, Cek 5 Fakta Menarik Film Buya Hamka 

Adapun, film Buya Hamka akan dibagi dalam beberapa fase. Salah satunya mengisahkan kehidupan sang ulama setelah menikah. Ada juga momen saat dia berdakwah dengan santun tapi diselingi sikap yang tegas dan kuat untuk menyebarkan kebaikan.

Memiliki proses penggarapan yang cukup lama, film Buya Hamka disebut juga akan tampil dengan trengginas. Salah satunya mengenai pemilihan selusin lokasi syuting di Indonesia hingga Kairo Mesir yang siap memanjakan mata penonton.

Tak tanggung-tanggung, sebagai proyek besar film ini juga mendapuk aktor papan atas Tanah Air. Selain Vino G. Bastian ada juga Laudya Cynthia Bella, Reza Rahadian, Mathias Muchus, Roy Sungkono, Cok Simbara, dan Marthino Lio. 

Film Buya Hamka nantinya akan mengisahkan kehidupan ulama tersebut dari kanak-kanak, remaja, hingga berkeluarga. Sastrawan penulis novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck itu memang mengalami berbagai fase hidup sebelum akhirnya dikenal publik.

Ketua MUI bidang LSPBI, KH Jeje Zainuddin berharap, pemutaran film tersebut juga dapat menambah wawasan pendidikan serta pembentukan karakter bangsa. Salah satunya  dari sikap keteladanan yang dicontohkan oleh Buya Hamka saat ulama itu masih hidup.

“Secara materil dan konten, film ini sudah siap tayang tinggal menunggu momentum yang tepat agar betul-betul bisa dinikmati sebagian besar rakyat Indonesia khususnya kaum muslimin,” kata di Jeje dikutip dari laman MUI.

Baca juga: Vino G Bastian & Laudya Cynthia Bella Beradu Akting dalam Film Buya Hamka

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Aplikasi untuk Kirim THR Online, Enggak Perlu Ribet Bawa Uang Cash

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Contraflow Arus Mudik-Balik 2023, Biar Enggak Kena Macet! 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: