Poster Film Buya Hamka (Sumber gambar: Twitter Falcon Pictures)

Siap Tayang Saat Idul Fitri 2023, Cek 5 Fakta Menarik Film Buya Hamka 

17 March 2023   |   19:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kisah tentang tokoh-tokoh bangsa memang selalu menarik untuk divisualisasikan dalam format sinema. Terbaru, film biografi mengenai sosok Buya Hamka pun siap menyapa pencinta film di Tanah Air pada momen Idulfitri Tahun ini.

Kabar mengenai jadwal tayang film tersebut diwartakan oleh Falcon Pictures, selaku rumah produksi yang menaungi pembuatan film. Hal ini terungkap lewat perilisan poster terbaru yang diunggah di laman media sosial resmi mereka.

Baca juga: Vino G. Bastian Jadi Ustaz Rukiah di Trailer Film Horor Qodrat

"Teaser poster #BuyaHamka, lebaran di bioskop!" tulis rumah produksi dalam cuitan di Twitternya pada Senin, (13/3/23).

Adapun, dalam poster tersebut nampak para pemain tampil dalam balutan busana old school khas zaman pra kemerdekaan. Vino G. Bastian dan Laudya Cynthia Bella pun didapuk sebagai pemeran utama dalam film besutan Fajar Bustomi itu.
 
 


Dihimpun dari berbagai sumber resmi berikut fakta-fakta unik film Buya Hamka yang dijadwalkan rilis pada momen Idul Fitri 2023.


1. Ide Pembuatan Film Dimulai Sejak 2014

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Buya Hamka merupakan ulama, sastrawan, dan juga politikus terkenal. Dia adalah Ketua Majelis Ulama (MUI) pertama, dan juga dikenal sebagai tokoh Masyumi dan ulama Muhammadiyah.

Adapun, ide cerita mengenai pembuatan film ini muncul pada 2014 saat produser Starvision, Chand Parwez bertemu mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin. Dari sinilah kemudian dibuat skenario film dan proses casting dengan melibatkan banyak pemain berbakat di Tanah Air.


2. Proses Produksi Memakan Waktu 9 Tahun

Sebagai sebuah film, proses produksi Buya Hamka sebenarnya terbilang cukup lama, yakni sekitar 9 tahun. Hal ini dikarenakan penulisan naskah yang digawangi oleh Alim Sudio dan Cassandra Massardi itu kerap mengalami perubahan. 

Selain itu, untuk mematangkan konsep film juga dibutuhkan waktu tiga tahun untuk memperkuat alur cerita sebelum memulai proses casting. Hingga akhirnya didapuklah aktor Vino G. Bastian untuk memerankan karakter utama dalam film tersebut pada 2017.


3. Usung Keteladanan Ulama Besar

Meski proses pembuatan film berlangsung lama, tapi semangat dan visi kehadiran film Buya Hamka sarat dengan moral dan keteladanan seorang ulama besar. Terlebih, momentum pemutaran filmnya sendiri dijadwalkan saat Lebaran tiba.

Ketua MUI bidang LSPBI, KH Jeje Zainuddin berharap, pemutaran film tersebut juga dapat menambah pendidikan serta pembentukan karakter bangsa. Salah satunya tentu dari sikap keteladanan yang dicontohkan oleh Buya Hamka saat ulama itu masih hidup.

“Secara materil dan konten, film ini sudah siap tayang tinggal menunggu momentum yang tepat agar betul-betul bisa dinikmati sebagian besar rakyat Indonesia khususnya kaum muslimin,” kata di Jeje dikutip dari laman MUI.


4. Dimeriahkan Aktor & Aktris Papan Atas 

Selain Vino G. Bastian dan Laudya Cynthia Bella, film  Buya Hamka juga dimeriahkan dengan aktor dan aktris papan atas Indonesia. Hal ini pun dapat disimak dari perilisan poster yang diunggah oleh rumah produksi.

Beberapa di antaranya termasuk Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva, Reza Rahadian, Mathias Muchus, Roy Sungkono, Cok Simbara, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, hingga Anjasmara.


5. Sinopsis Film Buya Hamka

Layaknya film biopik lainnya, Buya Hamka nantinya akan mengisahkan kehidupan dari sang tokoh mulai dari kanak-kanak, remaja, hingga berkeluarga. Sastrawan penulis novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck itu memang mengalami berbagai fase hidup sebelum akhirnya dikenal publik.

Film ini pun akan menyoroti bagaimana cara ulama itu saat menyampaikan dakwahnya secara santun pada masyarakat. Selain itu, film ini juga akan menyingkap bagaimana pandangan Buya Hamka tentang pluralisme dan pentingnya menjaga keutuhan bangsa.

Baca juga: Cerita Reza Rahadian & Laura Basuki Bintangi Film Berbalas Kejam

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Mengenal 5 Kasta Brand Mewah Dunia

BERIKUTNYA

5 Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Mulai Berbisnis Sejak Kuliah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: