Vino G Bastian berperan sebagai Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Potret Kegigihan Perjuangan Sang Ulama dalam Trailer Film Buya Hamka

23 March 2023   |   21:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Falcon Pictures dan Starvision menghadirkan satu film biografi tentang tokoh ulama besar Indonesia, Buya Hamka. Film ini akan menampilkan kisah hidup Buya Hamka sebagai salah satu tokoh suri tauladan bagi Bangsa Indonesia yang semasa hidupnya dikenal sebagai ulama, sastrawan, dan filsuf. Jelang penayangannya, Falcon Pictures merilis trailer film Buya Hamka.

Film Buya Hamka yang akan tayang di bioskop merupakan bagian pertama dari tiga sekuel yang disiapkan untuk mengisahkan perjalanan panjang kehidupan tokoh Pahlawan Nasional Indonesia bernama Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan nama Buya Hamka.

Namun, dalam trailer berdurasi  5 menit 43 detik, ditampilkan cuplikan dari ketiga sekuel film Buya Hamka yang akan tayang. Dilihat dari trailernya, pada bagian pertamanya, film Buya Hamka bercerita tentang fase kehidupan Buya Hamka setelah menikah.

Film ini secara tajam menyoroti bagaimana Buya Hamka, sebagai Ulama Muhammadiyah, menyampaikan dakwah secara santun namun dengan karakter yang tegas dan kuat. Dikisahkan pula bahwa selain menjadi seorang ulama dan tokoh pemikir terkemuka, Buya Hamka juga aktif sebagai sastrawan yang produktif.

Adapun karya sastranya yang terkenal di antaranya novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan Di Bawah Naungan Ka’bah, sedangkan beberapa buku dakwah yang ditulisnya seperti tafsir Al Azhar, Tasawuf Modern, dan Falsafah Hidup.
 

Poster film Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Poster film Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Selain itu, film ini juga menyampaikan bahwa Buya Hamka juga merupakan seorang pejuang yang gigih dalam melawan penjajah Belanda dan Jepang menjelang dan setelah kemerdekaan Indonesia, khususnya melalui pidato dan tulisan-tulisannya yang mengobarkan api semangat perjuangan.

Melanjutkan bagian pertamanya, cerita dalam sekuel kedua film Buya Hamka juga tampaknya masih berfokus pada perjuangan Buya dan para muridnya untuk melawan penjajah Belanda dan Jepang dengan semangat Islami. Namun, perjuangannya juga mendapatkan tuduhan dari sejumlah pihak sebagai bentuk pemberontakan.

Dalam klip trailer, ketika Buya Hamka (diperankan oleh Vino G Bastian) menginjak usia tua, dia justru dijebloskan ke dalam penjara. Namun, dari dalam jeruji besi, dia tetap menulis dan membawa nafas kebaikan bagi keluarga dan masyarakat. 

Sementara dalam trailer bagian ketiganya, film Buya Hamka justru mengisahkan fase kehidupan Buya Hamka sejak lahir hingga masa mudanya yang kerap berkonflik dengan sang ayah. Menginjak dewasa, Buya Hamka memutuskan hijrah ke Pulau Jawa dan ingin mengabdi sebagai guru mengaji.

Merasa tidak memiliki cukup ilmu, Buya Hamka pun memutuskan untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah dengan  menempuh perjalanan kapal. Di sana, dia bekerja sembari mendalami ilmu agama sebagai modal untuk mensyiarkan ajaran-ajaran Islam kepada masyarakat luas.
 

Fajar Bustomi selaku sutradara film Buya Hamka, menjelaskan sebelum memulai produksi film ini, dirinya terlebih dahulu mendalami karakter Buya Hamka melalui riset sejumlah buku.  Dalam membuat film ini, dia melakukan riset terkait buku-buku  yang dipelajari Buya Hamka semasa hidupnya, termasuk buku biografi sang ulama.

Menurutnya, ketika membuat sebuah film biografi seorang tokoh, sutradara harus juga mempelajari cara berfikir si tokoh. Secara tidak langsung, pembuat film harus berusaha untuk masuk ke dalam pola fikir tokoh yang akan dikisahkan dalam film. "Akhirnya tokoh dan sutradara ini memiliki kedekatan, sehingga memudahkan sutradara saat membuat filmnya," terangnya.

Sementara itu, Produser Falcon Pictures, Frederica mengungkapkan hadirnya film Buya Hamka didasarkan atas ketulusan ingin memberikan suguhan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dia menambahkan bahwa film ini adalah bentuk dedikasi pihaknya kepada dunia hiburan Indonesia.

Sebab, menurutnya, film Buya Hamka bukan hanya menghibur, tapi juga bisa memberikan tuntunan bagi para penontonnya. "Kami juga berharap banyak pelajaran positif yang bisa dipetik usai menonton film ini dan momen lebaran merupakan waktu yang pas untuk menikmati film Buya Hamka bersama keluarga," ujarnya.

Baca juga: Vino G Bastian & Laudya Cynthia Bella Beradu Akting dalam Film Buya Hamka

Film Buya Hamka dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Tanah Air yakni Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, dan Mawar De Jongh.

Tak hanya itu, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama juga terlibat dalam film tersebut.

Adapun, film Buya Hamka dijadwalkan tayang di bioskop pada 20 April 2023.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Karen’s Diner Jakarta Bikin Sensasi Baru pada Bulan Ramadhan

BERIKUTNYA

Cek Ketentuan Berbuka Puasa di KRL Commuterline Selama Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: