salah satu adegan film Buya Hamka (sumber gambar YouTube Falcon Pictures)

Sinopsis Film Buya Hamka, yang Tayang di Bioskop 19 April 2023

18 April 2023   |   21:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para pencinta film di dalam negeri. Satu lagi karya sineas Indonesia yang ditunggu-tunggu akan segera datang. Karya sinema itu adalah film biopik berjudul Buya Hamka, yang tayang pada Rabu, 19 April 2023 di seluruh bioskop Tanah Air. 

Dikutip dari laman Lembaga Sensor Film (LSF), film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Fajar Bustomi itu merupakan biopik yang akan disajikan dalam tiga volume. Volume pertama bercerita tentang sosok Buya Hamka ketika menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar. 

Di sana, dia berhasil memajukan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Setelah itu, Hamka pindah ke Medan untuk menjadi pimpinan majalah Pedoman Masjarakat pada 1938.

Baca juga: Siap Tayang Saat Idulfitri 2023, Cek 5 Fakta Menarik Film Buya Hamka 

Sementara volume kedua bercerita tentang keadaan setelah Indonesia merdeka dan agresi kedua yang dilakukan oleh tentara sekutu. Hamka rajin menyuarakan persatuan antarmasyarakat dengan lisan dan tulisan di tengah keadaan genting. Upaya itu tidak selalu mendapatkan apresiasi. Langkah tersebut membuat sang tokoh menuai banyak kecaman dan membuatnya berada pada situasi yang penuh dengan ancaman.

Kemudian, pada volume ketiga, film ini akan mengajak para pencinta tontonan di dalam negeri bernostalgia dengan Hamka kecil yang lahir dan tumbuh di Maninjau, Sumatra Barat. Penonton dapat menikmati konflik pelik yang dialaminya, dari keputusan belajar ke Makkah, mendapatkan misi membangun Islam, sampai bertemu Siti Raham.

Sang wanita merupakan sumber inspirasinya dalam mencipta karya-karya besar, seperti Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan Di Bawah Lindungan Ka’bah
 

Penggarapan film Buya Hamka menghabiskan waktu selama tiga tahun dengan jumlah total rancangan naskah mencapai 12 draf. Proses syuting karya ini dimulai sejak April 2019 di beberapa tempat, seperti Danau Maninjau, Lembah Harau, Bukik Takuruang, dan masih banyak lagi. 

Dalam karya ini, aktor Vino G. Bastian berperan sebagai Buya Hamka. Sementara itu, Laudya Cynthia Bella memainkan karakter Siti Raham yang merupakan istri Buya Hamka.

Selain mereka berdua, bintang yang berperan dalam karya ini adalah Donny Damara, Anjasmara, dan Reza Rahardian. Kemudian, ada juga Ayu Laksmi, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.

Dalam sebuah rilis yang diterima Hypeabis.id, Direktur Utama PT Kharisma Starvision Plus, Chand Parwez Servia, mengatakan bahwa film ini dapat dinikmati oleh seluruh keluarga dari generasi z sampai generasi yang lebih senior. “Perjuangan hidupnya menginspirasi, dari semangat belajarnya dan perjalanan beliau yang penuh romantika dan sangat menarik,” katanya.

Menurutnya, Buya Hamka adalah film yang sangat dibutuhkan sebagai pencerahan kehidupan yang amanah untuk semua orang. Sementara Vino berharap karya ini dapat menjadi sebuah tuntunan bagi para penonton. Dia mengaku senang lantaran pada akhirnya karya ini akan tayang setelah melalui penantian yang tidak sebentar. 

Baca juga: 4 Film Indonesia yang Tayang pada Momen Lebaran, Buya Hamka hingga Sewu Dino
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Cek 5 Rekomendasi Dash Cam Mobil, Cocok untuk Mudik Jalur Darat

BERIKUTNYA

Tayang 26 April, Intip Trailer & Sinopsis The Good Bad Mother

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: