Ilustrasi Bloke Core Fashion (Sumber: Unsplash/Vishy)

Mengenal Bloke Core Fashion dan Trennya di Indonesia

14 April 2023   |   19:28 WIB

Bloke Core Fashion merupakan salah satu tren yang cukup digandrungi oleh anak muda saat ini. Block Core merujuk pada mode atau gaya busana yang memadukan antara pakaian jersi (jersey) bola dengan celana jin (jeans), serta sepatu kasual seperti sneakers

Tren ini marak digaungkan di platform media sosial seperti TIkTok. Misalnya yang dilakukan oleh pengguna dengan akun @brandonlhuntly yang memposting video mengenakan mode dengan fesyen tersebut. Walau terbilang unik dan tak lazim, tren fesyen ini marak diikuti oleh generasi muda. 

Dilansir dari whiteboardjurnal.com, inspirasi dari tren ini adalah gaya berpakaian stereotypical pub-goer British men yang mayoritas tidak memiliki ketertarikan terhadap mode gaya busana. Fesyen ini identik dengan penggunaan jersey tim sepak bola favorit untuk pakaian sehari-hari.

Selain penggunaan jersey tim sepak bola kesayangan, celana longgar dan sneakers juga umumnya jadi ciri dalam gaya fesyen ini. Lalu, tren ini juga merambah ke lingkungan superfan sepak bola dan konsumen tren TikTok. 

Baca juga: Setelah Kue dan Mamba, Muncul Tren Gaya Fesyen Dangdut


Ide Outfit Bloke Core

Di platform media sosial video pendek itu, ada beberapa kreator yang rajin menyuarakan tren Bloke Core ini. Yuk simak beberapa di antaranya, yang bisa jadi inspirasi juga buat Genhype
 

1. Jersey Baller Club Studio Series Clover

Model jersey ini, direkomendasikan oleh akun TikTok @haekalmajid. Jersey ini terbuat dari bahan polyester microfiber dan daily logonya menggunakan oven press. Pada bagian logo Baller Club-nya sendiri memakai rubber.

Haekal Majid di dalam video rekomendasinya tersebut mengatakan jersey ini cocok untuk orang yang ingin mencoba tren Bloke Core, tapi tidak punya tim sepak bola favorit atau memang tidak mengerti bola sama sekali. Jadi, menurutnya, jersey ini cocok untuk orang yang ingin mencoba tren Bloke Core.
 

Jersey Balles Club Studio (TikTok/@haekalmajid)

Jersey Baller Club Studio (TikTok/@haekalmajid)


2. Jersey Insurgent Ballers Club, Baggy Jeans, dan Sneakers Adidas Superstar

Untuk outfit ini, direkomendasikan oleh akun TikTok @lukaskahnb. Menurut Lukas, pemilihan jersey sangatlah penting. Dia menyarankan untuk jersey yang punya looks retro atau vintage. Untuk looks seperti ini, rata-rata ukurannya over size dan lebih asyik buat styling.

Dalam video rekomendasinya, dia menggunakan jersey Insurgent Ballers Club. Kemudian, Lukas menggunakan baggy jeans reworked by Beastmarket yang warnanya sama dengan jersey agar matching. Lalu, dia memadukan jersey dan baggy jeans dengan sneakers klasik, yakni Adidas Superstar. Dia juga menambahkan penggunaan sling bag dalam style-nya tersebut.
 

Outfit Bloke Core

Outfit Bloke Core (TikTok/@lukaskahnb)
 

Jersey Lokal

Adapun, Genhype juga bisa membeli jersey untuk tren Bloke Core memakai produk lokal. Mengutip dari Froyonin, ada beberapa brand jersey lokal yang mendukung tren Bloke Core ini: 
 

1. Ballers Club Studio

Produk lokal satu ini berasal dari Bandung, Jawa Barat yang mengusung konsep budaya sepak bola dan musik ke dalam produk mereka. Ballers Club Studio telah melakukan kolaborasi dengan produk lokal lainnya seperti produk lokal asal Bandung juga, yakni Vearst.

Hasil kolaborasi tersebut menghadirkan 3 macam jenis jersey, yakni ‘Clover Shirt’, ‘Le Racé Shirt: Circa 1996’ dan ‘Webb-Ellis Shirt’. Tiap jersey mempunyai maknanya masing-masing. Selain merilis jersey, kolaborasi ini juga menghadirkan atribut seperti syal, t-shirt hingga yang paling nyeleneh yaitu skate deck dan sticker pack

 

Jersey kolaborasi antara Ballers Club Studio dengan Vearst (Instagram/@vearst__)

Produk kolaborasi antara Ballers Club Studio dengan Vearst (Instagram/@vearst__)


2. Urbain.inc

Urbain.inc merupakan merek lokal asal Jakarta Selatan. Brand ini berawal dari bisnis majalah yang menceritakan kehidupan dan kultur urban pendirinya, yakni Rico lubis. Dia merupakan seorang pemain basket streetball professional Indonesia dan akhirnya membuat suatu brand bernama Urbain.inc. Urbain.inc juga melakukan kolaborasi dengan Ballers Club Studio berupa jersey.
 

Jersey kolaborasi antara Urbain.inc dengan Ballers Club Studio

Jersey kolaborasi antara Urbain.inc dengan Ballers Club Studio (Instagram/@urbain.inc)


3. Kamengski

Produk lokal ini berasal dari Jakarta. Sejak 2008, sang pemilik, Sulaiman Said, mulai menjalankan dan mengembangkan brand pakaian ini. Kamengski mempunyai karakter yang cukup nyentrik di kalangan para pelaku bisnis clothing lokal lainnya. Kamengski juga sering merilis jersey bola. 

 

Salah satu jersey bola yang dirilis oleh Kamengski (Instagram/@kamengski)

Salah satu jersey bola yang dirilis oleh Kamengski (Instagram/@kamengski)


4. Thanksinsomnia

Thanksinsomnia dibangun oleh Mohan Hazian sejak 2013. Thanksinsomnia juga sering melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti brand Smiley, seniman Indonesia Alipjon hingga tokoh ilustrasi dari seri manga, yakni Jujutsu Kaisen. Selain itu, Thanksinsomnia sering merilis produk jersey original mereka sendiri.
 

Salah satu jersey original Thanksinsomnia (Instagram/@thanksinsomnia)

   Salah satu jersey original Thanksinsomnia (Instagram/@thanksinsomnia)


Baca juga: 5 Tren Desain Kuku 2023 Versi Popcoat, Ada French & Chrome Nails

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Fakta Raim Laode, Pencipta Lagu Komang yang Viral di TikTok

BERIKUTNYA

Perkuat Ekosistem Sinema di Daerah, Apresiasi Film Indonesia Kembali Digelar Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: