ICAD 12 "Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow" (Sumber gambar: Instagram ICAD)

Keren, ICAD Mewakili Indonesia di Milan Design Week 2023

11 April 2023   |   21:49 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) oleh Artura kembali mewakili Indonesia pada ajang desain bergengsi internasional. Lewat Superdesign Show, ICAD akan hadir di perhelatan desain terbesar di Milan Design Week 2023 pada 17-23 April 2023.

ICAD bakal menampilkan berbagai karya seni dari seniman di Tanah Air dalam ajang tahunan di Milan, Italia itu. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta pun turut mendukung perhelatan internasional ini.

Ajang ini akan menghadirkan berbagai karya dari ide intelektual hingga turunannya dalam bentuk material fisik. Salah satunya melalui metode menganyam atau menenun yang akan diaplikasikan ke berbagai bentuk karya seni.

Baca juga: Menengok Relasi Masa Lalu & Masa Depan Lewat Karya Seni di ICAD 2022

Kurator pameran Diana Nazir mengatakan tema yang dibawa tahun ini adalah Weaving the World. Tajuk tersebut dipilih sebagai bentuk upaya untuk mencapai kesatuan, koeksistensi, dan persinggungan dalam membaca gejala global melalui metode pembuatan karya seni.

"Kata weaving atau menganyam dan menenun yang terdapat dalam judul pameran ini merefleksikan visi untuk menggabungkan berbagai aspek menjadi satu dalam karya seni," Diana Nazir dalam diskusi daring Selasa, (11/4/23).
 
 

Menurut Diana, aspek- aspek seni yang sering dipandang terpisah nantinya juga akan diejawantahkan dalam ruang pamer. Beberapa di antaranya termasuk seni dan desain, kriya dan teknologi,hingga material kelembutan dan kekokohan untuk menawarkan keseimbangan di antara keragaman karya.

Tak hanya itu, pameran ini juga akan menampilkan para pelaku seni dari Indonesia yang berada di garis depan dunia seni dan desain. Salah satunya adalah seniman kontemporer Indonesia yang terkenal dengan instalasi rajut imersifnya, Mang Moel.

"Mang Moel akan tampil untuk pertama kalinya di Milan Design Week lewat responnya terhadap ruang dengan menghadirkan karya ikoniknya yang bernama Mogus," papar Amanda Ariawan, Asisten kurator ICAD.

Mewakili Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Sherly Yuliana, menjelaskan bahwa partisipasi DKI Jakarta di Milan Design Week 2023 merupakan bentuk dukungan mereka terhadap pekerja kreatif. Selain itu, langkah ini diambil untuk memperkenalkan khazanah warisan budaya tradisional Betawi ke kancah internasional.

"Ini adalah untuk kedua kalinya Jakarta melakukan promosi industri kreatif sekaligus promosi budaya ke lanskap global. melalui pameran ini, kami berharap produk-produk dari pekerja kreatif di Tanah Air bisa tembus hingga pasar Eropa," papar Sherly Yuliana.

Total, akan ada 17 seniman yang akan ikut berpameran di Milan Design Week 2023. Selain Mang Moel, juga akan ada  seniman visual Ayu Andiani dan desainer grafis Harry Purwanto. Lalu speaker BaNa dan TAGA yang terinspirasi oleh kerajinan tangan tradisional, serta keranjang anyaman Polkaa Goods yang didesain oleh duo desainer interior; Rina Renville & Nuantika. 

Perusahaan material VIRO juga turut berkolaborasi dengan desainer interior, seniman ITJUK dan KEZIAKARIN dalam dua proyek yang berbeda. Terdapat juga desainer dan brand yang selalu bereksplorasi dengan bentuk dan material dalam mengedepankan fesyen di industri kreatif. 

Termasuk BYO by Tommy Ambiyo, Iyonono, KaIND, KAIT Handmade, Rinaldy Yunardi, RUEVERSE by Savira Lavinia, dan Threadapeutic. Brand furnitur Djalin dan Studio Hendro Hadinata juga masing-masing kan menghadirkan desain menarik dalam pameran yang berlangsung di Superstudio Events, Via Tortona 27, Milano, Italia itu. 

Baca juga: Cerita Seniman Nyoman Nuarta Pilih Desain Burung Garuda untuk Istana Kepresidenan di IKN

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Tip Konsumsi Buah yang Tepat saat Sahur & Buka Puasa

BERIKUTNYA

Profil Jung Chae-yul, Aktris Pemain Zombie Detective yang Meninggal Usia Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: