Contoh salad buah. (Sumber gambar : Freepik/Lifeforstock)

Tip Konsumsi Buah yang Tepat saat Sahur & Buka Puasa

11 April 2023   |   22:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menerapkan pola hidup sehat dengan asupan gizi yang seimbang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa. Selain asupan karbohidrat, protein, lemak, dan sayur, buah wajib dikonsumsi karena mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat baik untuk tubuh. 

Namun demikian, pemilihan buah yang tepat dan cara mengonsumsinya perlu diperhatikan ketika sahur dan berbuka. Salah pilih menu justru akan memengaruhi saluran pencernaan, yang pada akhirnya bisa mengganggu ibadah puasa kamu. 

Dosen Gizi dari Universitas Esa Unggul, Nazhif Gifari, menerangkan buah memiliki kandungan zat gizi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral cukup banyak. Pemenuhan zat gizi ini sangat dibutuhkan tubuh terlebih dalam kondisi berpuasa.

“Kandungan antioksidan dalam buah juga berperan dalam imunitas tubuh, menurunkan risiko PTM (penyakit tidak menular). Kandungan air dalam buah untuk metabolisme tubuh khususnya selama menjalani puasa saat ini,” ujarnya dalam peluncuran Mayumi Saus Salad Buah di Jakarta, Selasa (11/4/2023). 

Baca juga: 4 Tip Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Praktis Bernutrisi

Nazhif menyampaikan selama berpuasa, ada baiknya memilih buah dengan kandungan air cukup tinggi seperti pir, semangka, melon, pepaya, atau apel agar tidak cepat haus. Kurma juga dianjurkan pada saat sahur atau berbuka karena memberikan energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

“Hindari buah-buahan yang mengandung gas seperti durian karena membuat asam lambung cepat naik dan memicu GERD. Nangka kalau makan banyak, sifatnya bergas. Mangga muda, rujak, membuat tidak nyaman di perut,” tuturnya. 

Terkait cara mengonsumsinya selama Ramadan, Nashif mengatakan buah bisa dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka. Saat sahur, ada baiknya buah dikonsumsi menjelang imsak untuk menjaga kadar air di dalam tubuh. Sementara ketika berbuka, buah seperti kurma disarankan sebagai kudapan awal yang dimakan untuk menggantikan energi yang hilang.

Dalam mengonsumsi buah, dia juga menyarankan untuk memakan buah yang masih utuh atau dipotong ketimbang dibuat jus. Pasalnya, buah yang dijus lebih cepat diserap oleh tubuh karena seratnya rusak dalam proses pembuatan jus. Seringkali, jus juga diberi gula tambahan. Adapun buah yang masih dalam kondisi utuh atau berupa potongan melalui tahap proses pencernaan yang lebih baik. 

Bagi anak-anak yang kurang suka buah, Nashif meminta agar para orang tua bisa sedikit berkreasi. Sebagai contoh, ortu bisa membuat es buah tapi menghindari penggunaan pemanis buatan seperti sirup kental manis dalam jumlah tinggi. Opsi lain yakni dengan membuat salad buah. 

Salad (Unsplash/Brenda Gudina)

Salad (Unsplash/Brenda Gudina)

Seperti yang dilakukan artis Mona Ratuliu. Dia menyiasati dengan membuat puding atau salad agar anak-anaknya mau mengonsumsi buah. “Snack aku di rumah buah-buahan. Kita siapkan camilan sehat di rumah. Akhirnya paling favorit salad buah dan puding,” sebutnya. 

Ketika membuat salad buah, Mona cukup repot untuk membuat dressing atau saus yang digunakan untuk memberikan tambahan pada salad. Namun demikian, kini dia dimudahkan dengan hadirnya saus salad kemasan. “Pernah buat saus sendiri, lemonnya kebanyakan. Kalau pake Mayumi, rasanya pas dan kemasannya praktis,” imbuhnya. 

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada 2018, sekitar 95,5 persen orang Indonesia masuk dalam kategori sedikit dalam mengonsumsi buah dan sayur. Oleh karena itu, PT. Ajinomoto Indonesia menghadirkan Mayumi Saus Salad Buah untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan di keluarga Indonesia. 

Saus salad buah ini memiliki rasa manis creamy dengan rasa lemon yang menyegarkan. Kemasannya yang praktis, bisa langsung dituang ke buah-buahan dan praktis dibawa kemana-mana. Berikut cara menikmatinya. 
 

Resep Salad Buah


Bahan

  • 100 gr stroberi
  • 100 gr anggur ungu
  • 100 gr anggur hijau
  • 100 gr kiwi
  • 100 gr jeruk
  • 100 gr mangga
  • 100 gr apel
  • 3 sachet Mayumi Saus Salad Buah
  • Keju (pelengkap)
 

Cara Membuat 

  1. Potong dadu ragam buah yang disiapkan.
  2. Siapkan wadah. Masukkan semua buah ke dalam wadah lalu tambahkan Mayumi Saus Salad Buah.
  3. Sajikan dengan keju parut di atasnya.

Baca juga: 5 Makanan Super Agar Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Cara Mengatur Pencahayaan Rumah dengan Lampu LED, Bikin Nyaman & Terkesan Luas

BERIKUTNYA

Keren, ICAD Mewakili Indonesia di Milan Design Week 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: