Mengatur Keuangan (Sumber Foto: Freepik)

5 Tip Atur Dana THR untuk Mudik Lebaran

23 April 2023   |   13:49 WIB

Like
Menjelang Lebaran yang tinggal belasan hari lagi. banyak orang mulai merencanakan perjalanan mudik ke kampung halaman. Bahkan, Pemerintah telah mengumumkan hari cuti bersama selama tujuh hari, mulai dari 19 hingga 25 April 2023, untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang akan mudik tahun ini agar lebih leluasa.

Namun, merencakan mudik bukan hanya persiapan teknis perjalanan pulang ke kampung halaman, tetapi butuh perencanaan detail yang semuanya membutuhkan dana yang cukup. Salah satu sumber dana yang diandalkan pada momen Lebaran adalah dari Tunjangan Hari Raya.

Jadi, penting sekali mengatur alokasi dana THR untuk perjalanan mudik. Apalagi tak menutup kemungkinan untuk mengunjungi destinasi wisata di kampung halaman bersama sanak saudara. Jangan sampai dana yang disiapkan kurang atau habis tak terkendali.

Baca juga: Alasan Uang Belanja Bulanan dan THR Tak Boleh Dicampur Dalam 1 Rekening

Pencanaan keuangan pun perlu terus diatur dengan disiplin walaupun akan ada pengeluaran signifikan untuk berbagai kebutuhan perjalanan dan liburan Lebaran. Masyarakat harus tetap jeli agar setia dengan komitmen cita-cita memiliki
tabungan sehat.

Yuk, simak 5 kiat cermat dan sederhana untuk atur keuangan pribadi sambil turut menikmati hari liburan dan cuti bersama di hari raya Lebaran.

1. Alokasikan untuk zakat dan sedekah

Bagi setiap umat Muslim terdapat kewajiban menunaikan zakat fitrah dari setiap anggota keluarganya yang masih menjadi tanggungan. Selain itu, hitung juga alokasi dana untuk sedekah, bantuan sosial, atau pun membayar zakat harta yang selama ini tertunda yang besarannya bisa mencapai 10 persen dari dana THR.


2. Siapkan dana untuk berbagai kebutuhan Lebaran

Prioritaskan penggunaan dana THR untuk kebutuhan Lebaran, diantaranya THR untuk para pekerja di rumah, angpao untuk saudara dan keponakan, serta hidangan Lebaran termasuk dalam kategori kebutuhan Lebaran. Jika kalian berencana menghabiskan libur Lebaran dengan mudik dengan keluarga, usahakan agar dana ini dialokasikan dari THR. Idealnya penggunaan THR maksimal 50-70 persen untuk segala urusan Lebaran.


3. Perhatikan dana untuk kebutuhan darurat

Dana THR sebaiknya tetap disisihkan sebesar 10% untuk keperluan tak terduga seperti jikalau sakit sepulang mudik, maupun untuk asisten infal. Lalu, sisihkan juga 10 persen untuk keperluan hewan kurban Idul Adha. Sisa dana dapat digunakan untuk berinvestasi sesuai tujuan kesejahteraan.


4. Melunasi utang konsumtif

Salah satu checklist penting dengan tingkat urgensi tinggi adalah pembayaran utang konsumtif. Hal ini agar kita dapat bebas dari beban utang. Selanjutnya bisa mulai mengalokasikan dana untuk keperluan-keperluan primer lainnya, seperti merencanakan perjalanan mudik ke kampung halaman.


5. Pilih opsi moda transportasi yang nyaman untuk mudik

Transportasi adalah salah satu pengeluaran yang mampu jadi faktor penentu jadi atau tidaknya rencana perjalanan mudik. Dalam merealisasikan budget mudik, masyarakat harus jeli memanfaatkan berbagai program promo diskon bernilai agar
dana transportasi tidak membengkak.

Baca juga: Simak Berbagai Cara 'Menghabiskan' Uang THR yang Masih Tersisa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Sembari Servis Mobil, Cicipi Aneka Hidangan di Holy’s Brew

BERIKUTNYA

7 Ide Mix and Match OOTD Bukber, Tampilan Klasik Hingga Kasual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: