ilustrasi (sumber gambar : nubikini/pexels)

Cara Praktis Mengatur Dana Mudik Biar Enggak Over Budget

06 April 2024   |   20:26 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki penghujung bulan Ramadan, mudik ke kampung halaman menjadi momen yang paling banyak ditunggu orang, terutama para pekerja migran. Tradisi mudik ke kampung halaman ini biasanya dilakukan agar bisa merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarga besar.

Nah, untuk memastikan kelancaran beraktivitas selama momen libur Lebaran ini, penting rasanya untuk mengatur keuangan agar tetap aman, baik sebelum, saat, dan sesudah momen Lebaran. Hal ini tentu agar kalian bisa tetap mudik dengan nyaman dan merayakan Lebaran penuh dengan kegembiraan bersama sanak keluarga di manapun berada. 

Baca juga: Auto Glowing, 5 Perawatan Wajah Ini Paling Populer Menjelang Lebaran

Salah satu yang paling krusial untuk memenuhi kebutuhan selama momen Lebaran adalah kesiapan anggaran finansial. Supaya semua berjalan sesuai rencana, yuk simak tips mengelola dana mudik Lebaran antiboncos dan bikin liburan jadi nyaman.


1. Pakai cara praktis dan hemat untuk beli tiket mudik

Tradisi mudik di Indonesia biasanya berjalan mulai H-7 hingga menjelang hari raya. Masyarakat biasanya menggunakan berbagai moda transportasi untuk mudik, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta, bis sampai kendaraan pribadi.

Kalau kalian memilih untuk menggunakan transportasi umum, menggunakan layanan dari online travel agent bisa jadi salah satu pilihan praktis untuk membeli tiket berbagai moda transportasi. Nah, biar pembayarannya juga praktis, kamu juga bisa gunakan metode pembayaran kartu dengan. Jangan lupa, cek juga berbagai promo yang sedang berjalan dan ditawarkan ya.


2. Pastikan saldo kartu uang elektronik terisi sesuai kebutuhan

Buat kalian yang memilih untuk menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk mudik, kartu pembayaran gerbang tol jadi item wajib yang harus disiapkan agar perjalanan berjalan lancar. Biar enggak panik kehabisan saldo dan membuat antrean mengular saat berada di gerbang tol, kalian harus pastikan jumlah saldo sudah terpenuhi sampai kota tujuan, dan sebaliknya.

Enggak perlu pusing cari minimarket terdekat, saat ini semua penyedia kartu uang elektronik memiliki layanan top up saldo melalui aplikasi daring, yang dapat diakses dengan smartphone yang memiliki fitur NFC, yang tinggal ditempel pada ponsel pribadi.


3. Siapkan beberapa alternatif metode pembayaran

Buat generasi cashless, ataupun kalian yang khawatir untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar, bisa menggunakan kartu debit maupun QRIS sebagai alternatif pembayaran yang nyaman dan praktis dalam menemani perjalanan mudik.

Selama perjalanan, ada kemungkinan handphone kalian sulit untuk mengakses sinyal atau kehabisan baterai. Untuk hal ini kartu debit bisa jadi solusinya. Sebaiknya, siapkan juga sejumlah uang tunai dalam berbagai pecahan untuk memudahkan transaksi di daerah yang belum memiliki layanan transaksi digital, seperti warung tradisional, pusat jajanan di rest area, hingga pedagang asongan.


4. Hitung detail alokasi angpau THR Lebaran

Selain menjadi momen untuk saling memaafkan, Lebaran juga biasanya menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian hadiah Lebaran atau berbagi angpau THR kepada adik-adik, keponakan dan saudara dekat. Besaran dana THR ini juga bisa kalian atur dengan menyesuaikan umur keponakan, seberapa dekat hubunganmu dengan keluarga saudara, dan lainnya.

Agar besaran dana masing-masing saudara tidak tertukar, kalian bisa memberikan nama pada setiap amplop yang sudah disiapkan. 

Edwin Tirta, Head of Digital Business BCA Digital mengatakan bahwa memisahkan dana keuangan adalah sesuatu yang krusial, terutama saat kita memiliki banyak kebutuhan yang berbeda-beda saat Lebaran. 

Baca juga: Yuk Cek Lagi Jadwal Libur Nasional & Cuti Bersama Lebaran 2024

“Dengan memanfaatkan berbagai fitur keuangan dari blu by BCA Digital untuk melakukan budgeting seperti membuat kantong-kantong bluSaving dan bluGether, kami harap nasabah dapat lebih mudah mengatur semua kebutuhan keuangan dan bisa mencapai kedewasaan finansialnya," ujarnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Harga Franchise D'Kriuk Fried Chicken yang Punya Ribuan Outlet

BERIKUTNYA

Cara Kreatif Gina Abdillah Garap Bisnis Mukena Kustom lewat Hijab Store

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: