Ilustarasi Paskah (Sumber gambar: Unsplash/Jeshoots)

7 Tradisi Unik Paskah di Berbagai Negara, Ada Perang Air hingga Membaca Novel Kriminal

09 April 2023   |   17:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Adu Telur, Bulgaria

Lain lagi di Bulgaria. Saat perayaan Paskah masyarakat di Negara Balkan ini akan saling beradu telur rebus yang telah dilukis dengan saling mengadunya satu sama lain. Tradisi yang sudah berlangsung berabad-abad ini bahkan masih lestari di Bulgaria.

Sebelum memulai pertarungan, penduduk setempat biasanya akan menghias telur rebus dengan desain yang rumit sebelum mengetuknya satu sama lain. Telur yang paling keras atau tidak retak selama pertarungan tersebut maka akan dijadikan sebagai pemenang lomba ini.
 

5. Melempar Wajan, Yunani 

Penduduk pulau Kerkyra atau Corfu di Yunani memiliki tradisi bernama Botides saat perayaan Paskah. Botides dalam bahasa setempat adalah lambang dari gempa bumi yang terjadi setelah kebangkitan Yesus Kristus usai dihidupkan lagi oleh Tuhan.

Oleh karena itu, pada hari Sabtu Suci, penduduk setempat biasanya akan melemparkan panci, wajan tanah liat, atau barang pecah belah lainnya  dari jendela mereka hingga hancur di tanah. Menurut beberapa sumber, kegiatan ini dipercaya juga untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di sekeliling rumah mereka. 
 

6. Menerbangkan Layangan, Bermuda

Menjelang perayaan Paskah, atau tepatnya saat Jumat Agung tiba, langit di kawasan Bermuda akan dipenuhi dengan layang-layang. Tradisi turun temurun ini oleh penduduk setempat untuk melambangkan kenaikan Kristus ke langit setelah disalib di Bukit Golgota.

Acara tahunan ini pun juga populer sebagai festival layang-layang di kepulauan di Samudera Atlantik itu. Masyarakat biasanya akan menonton. layang-layang dalam berbagai bentuk, warna, maupun ukuran yang dibaca saat Paskah tiba. Beberapa di antaranya bahkan dihiasi dengan pesan-pesan spiritual yang menonjol.
 

7. Membaca Novel Kriminal, Norwegia

Lain di Bermuda, lain di Norwegia. Pada saat Paskah para penduduk di Norwegia justru merayakannya dengan membaca novel dengan tema kriminal. Kendati begitu, tidak jelas apa yang melatarbelakangi tradisi unik tersebut saat perayaan Paskekrim atau Paskah di negara tersebut.  

Tradisi yang bermula sejak 1923, menurut beberapa sumber muncul saat sebuah penerbit buku terkenal mempromosikan novel kriminal selama Paskah di Norwegia. Kini, setelah menjadi kebiasaan, tradisi tersebut juga mengalami transformasi, di mana masyarakat di sana juga mulai menonton film kriminal selama libur Paskah.

Baca juga: 16 Ucapan Selamat Hari Paskah, Cocok Dikirim ke Keluarga & Sahabat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

Coldplay Bakal Tur Konser ke Indonesia? Segini Perkiraan Harga Tiketnya

BERIKUTNYA

Hunian Selaras Alam Bakal jadi Tren Arsitektur 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: