Domba panggang menjadi salah satu makanan yang kerap tersedia saat paskah (Sumber gambar: pexels/ Maria Bortolotto)

5 Hidangan Khas Saat Paskah Dari Berbagi Negara

28 March 2024   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Makanan menjadi bagian yang tidak terlepaskan dalam berbagai perayaan. Selain dapat membuat perut kenyang, hidangan di atas meja juga dapat menambah keseruan lantaran nilai filosofis yang terkandungnya. Saat perayaan paskah, sejumlah menu menjadi khas dan kerap tersaji di atas meja.

Dikutip dari The Spruce Eats, berbagai negara di belahan dunia memiliki menu-menu khas yang kerap tersaji saat perayaan paskah. Selain nikmat, menu makanan itu juga sangat dinantikan bagi mereka yang merayakannya.

Kemudian, hidangan-hidangan itu juga beragam, dari kue kering, daging, telur, sampai dengan roti manis yang akan memanjakan lidah. Genhype yang merayakan paskah dapat menyajikan menu makanan tersebut di atas meja untuk merasakan pengalaman yang ada di negara lain.

Baca juga:  4 Kreasi Resep dari Edamame & Tepung Sagu untuk Takjil Buka Puasa

Berikut makanan dan hidangan khas paskah di berbagai belahan dunia.

1. Sup Gandum Hitam

Makanan khas paskah yang pertama datang dari Polandia berupa sup gandum hitam atau yang biasa disebut dengan zurek. Hidangan yang satu ini memiliki bahan dasar zur atau tepung gandum hitam yang difermentasi.

Sosis polandia, kentang, dan telur matang yang terdapat di dalam sup ini menambah kenikmatannya. Satu tau dua potong roti gandum juga menjadi teman ketika memakan sup dalam keadaan panas.

2. Pai gandum Neapolitan

Pai gandum Neapolitan menjadi hidangan yang juga kerap ada pada saat paskah. Makanan penutup asal Italia ini menggunakan biji-bijian yang sudah direndam terlebih dahulu sebelum diolah menjadi kue.

Hidangan ini juga menggunakan air bunga jeruk dan krim kue manis. Pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, yakni 16 jam.

3. Cepelinai

Cepelinai adalah hidangan yang juga kerap tersedia saat paskah. Di Lituania, banyak keluarga menyertakan makanan ini ketika santap malam.

Cepelinai adalah pangsit daging kentang dan menjadi makanan nasional di negara tersebut. Selain itu, menu tersebut juga kerap dikenal sebagai zeppelin karena bentuknya. Cepelinai terdiri dari kentang parut yang dihaluskan dengan campuran bombay dan bumbu dan dibentuk bulat-bulat.

4. Domba panggang

Domba panggang merupakan makanan yang selalu ada dalam setiap paskah. Menu yang satu ini kerap ada dalam banyak budaya.

Pembuatan domba panggang dalam perayaan paskahh menggunakan berbagai rempah sehingga memberikan rasa yang begitu kaya. Selain rempah, bumbu seperti bawang putih dan lemon juga disematkan sebelum dipanggang.

5. Tiropitas

Tiropitas adalah makanan dari Yunani yang memiliki bentuk segitiga phyllo yang berisi berbagai jenis keju. Camilan yang satu ini menjadi primadona ketika paskah lantaran memiliki rasa yang enak dan cocok dikonsumsi bersama-sama.

Pembuatan camilan yang satu ini menggunakan krim keju, feta, blue cheese, ricotta, dan parmesan sebagai filling. Banyak keluarga biasanya membuat menu ini dan memasukkan ke dalam freezer sebelum dipanggang saat paskah. 

Baca juga: Resep Bubur Kampiun Khas Sumatra Barat, Inspirasi Menu Takjil untuk Buka Puasa

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

3 Karakter Anime Psikopat Dengan Taktik Manipulatif

BERIKUTNYA

5 Persamaan Karakter Paul Atreides, Anakin Skywalker, dan Eren Yaeger

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: