Olahraga berselancar atau surfing (Sumber: Unsplash/Jeremy Bishop)

7 Lokasi Surfing Terbaik di Indonesia yang Ombaknya Bisa Pacu Adrenalin

05 April 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, apakah kamu salah satu pencinta olahraga air seperti surfing? Kegiatan surfing atau berselancar biasanya dilakukan di pantai menggunakan papan khusus. Para surfer selalu mengincar ombak besar yang bisa memacu adrenalin saat berselancar di atas papan. 

Kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak pantai menakjubkan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Karenanya negara kita dikenal sebagai salah salah satu destinasi wisata surfing terbaik di dunia. Yuk, simak sejumlah pantai di Indonesia yang cocok untuk surfing

Baca juga: Mengenal Bodysurfing, Olahraga Ekstrem yang Menguji Adrenalin


1. Pulau Rote, NTT 

Pantai Nemberala (Sumber: rotendaokab.go.id)

Pantai Nemberala (Sumber: rotendaokab.go.id)

Pulau Rote terletak di Nusa Tenggara Timur. Salah satu pantainya yang menjadi lokasi surfing favorit adalah Pantai Nemberala. Ombaknya begitu menantang dan memacu adrenalin, sehingga setiap tahunnya selalu diselenggarakan turnamen surfing di tempat ini.
 

2. Pulau Sipora, Sumatra Barat

Pulau Sipora yang berada di kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat merupakan tempat populer untuk melakukan olahraga surfing. Kualitas ombaknya disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Cobalah datang sekitar bulan April, ketika ombaknya sedang berada di ketinggian paling pas untuk berselancar. 


3. Pulau Nias, Sumatra Utara

Pantai Sorake (Sumber: niasselatankab.go.id)

Pantai Sorake (Sumber: niasselatankab.go.id)

Pulau Nias terkenal dengan ombaknya yang fantastis di kalangan surfer luar negeri. Ada dua tempat surfing paling terkenal, yaitu Pantai Sorake dan Pantai Lagundri. Ketinggian ombak di pulau Nias bisa mencapai 4 meter, sehingga sangat memacu adrenalin para surfer.  


4. Uluwatu, Bali

Ombak di Uluwatu, Bali sudah sangat terkenal dan terbilang menantang bagi para peselancar tingkat dunia. Hal ini menjadikan Uluwatu sebagai salah satu destinasi surfing favorit turis mancanegara sejak tahun 1970-an. Ada dua pantai di wilayah Uluwatu yang populer untuk olahraga yakni Pantai Green Bowl dan Pantai Impossible.

5. Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta (Sumber: Indonesia Kaya)

Pantai Kuta (Sumber: Indonesia Kaya)

Salah satu tempat surfing terbaik yang banyak digemari wisatawan lokal dan mancanegara adalah Pantai Kuta, Bali. Menariknya, ombak di Pantai Kuta termasuk ramah untuk para surfer pemula sampai surfer kelas profesional. Pantai ini juga selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin belajar selancar maupun mereka yang ingin menikmati suasana pantai. 


6. Pulau Panaitan, Banten

Pulau Jawa juga memiliki spot surfing yang tak kalah menantang yakni Pulau Panaitan. Tempat ini memiliki tujuh spot surfing dan empat di antaranya cukup populer di kalangan peselancar dari berbagai negara. Misalnya One Palm Point, Apocalypse, Napalms, dan Pussy. Di spot One Palm Point, terdapat ombak dengan interval 800 meter.


7. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung (Sumber: Pesona Indonesia)

Pantai Plengkung (Sumber: Pesona Indonesia)

Siapa sangka pantai Plengkung yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur dikenal sebagai Hawaii-nya Indonesia. Pantai ini dijuluki sebagai G-Land, dengan ketinggian ombak mencapai 6-8 meter dan panjang 2 kilometer. 

Ombak besar tersebut membuat para surfer profesional kelas dunia menjadi tertantang. Bahkan, belum lama ini di Pantai Plengkung mengadakan lomba surfing tingkat internasional bertajuk 'Banyuwangi G-Land International Team Challenge' yang diikuti oleh 12 tim dari berbagai negara. 

Baca juga: Mau Coba Wisata Olahraga Jet Ski? Cek Dulu Aturan & Tarifnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Kiat Meningkatkan Imun Anak yang Lahir Caesar

BERIKUTNYA

Tip Mengirim Hampers dan Kado Anti Ribet, Bisa Pakai Jasa GrabGifts Loh!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: