Ilustrasi seseorang bermain jet ski (Sumber gambar: Jetski Safari Jakarta/Instagram)

Mau Coba Wisata Olahraga Jet Ski? Cek Dulu Aturan & Tarifnya

26 December 2022   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hamparan laut yang biru dan pasir yang putih nyaris tak pernah gagal membuat setiap orang merasa dimanjakan pemandangan indah saat berwisata ke pantai. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati momen saat berkunjung ke tempat wisata pinggir laut itu. 

Mulai dari berenang, berlayar menggunakan perahu, memancing, snorkeling, hingga menyelam. Namun, bagi penggemar wisata olahraga ekstrem, laut juga menjadi medan menyenangkan untuk menguji adrenalin, seperti misalnya mengendarai jet ski.

Jet ski merupakan kegiatan mengendarai sepeda motor air yang mengandalkan kecepatan dan keseimbangan. Permainan ini disukai karena menggunakan kendaraan yang cepat, mudah dikontrol, terjangkau, dan memiliki sistem propulsi tanpa baling-baling eksternal sehingga lebih aman bagi para perenang maupun biota laut.

Baca jugaTertarik Wisata Downhill? Yuk Coba Trek Menantang di Galunggung Bike Park

Salah satu tempat bermain jet ski yakni Jet Ski Safari Jakarta yang berada di Pantai Ancol, Jakarta Utara. Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan trip jet ski mulai dari jarak dekat hingga jarak jauh yang akan menyusuri beberapa pulau di sekitar Ancol seperti Pulau Kelor, Pulau Bidadari, dan Pulau Tongkeng.

CEO Tripwe & Seadoo Safari Indonesia, Sofian Lusa, mengatakan untuk bermain jet ski pada dasarnya tidak perlu memiliki kemampuan (skill) khusus, karena bisa dilakukan oleh siapapun. Namun, sebagai pengelola, Jet Ski Safari Jakarta selalu memberikan training terlebih dahulu kepada seluruh pengunjung sebelum menggunakan jet ski.

"Kalau mereka [pengunjung] sudah bisa, biasanya mereka secara otomatis minta destinasi yang lebih jauh," katanya saat diwawancarai oleh Hypeabis.id.

 


Tarif & Aturan Bermain Jetski

Untuk dapat menyusuri lautan dengan jet ski, Jet Ski Safari Jakarta menyediakan beberapa paket wisata yang dipatok dengan harga mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp7,5 juta per unit jet ski, tergantung dari pilihan destinasi. Harga tersebut juga sudah sudah lengkap dengan berbagai fasilitas seperti makan siang, perlengkapan tambahan, hingga pemandu wisata.

Bagi pemain pemula, Sofian mengatakan biasanya mereka akan bermain jet ski dengan destinasi yang masih dekat dengan pantai. Sebaliknya, bagi mereka yang sudah mahir, biasanya akan melakukan perjalanan dengan destinasi yang lebih jauh. Adapun, durasi bermain jet ski yang ditawarkan mulai dari 1-7 jam sudah termasuk pulang-pergi (PP).

Berawal dari permainan yang cenderung individual, jet ski juga kini tak jarang menjadi pilihan wisata bagi keluarga. Sofian menjelaskan untuk bermain jet ski, sebenarnya tidak ada aturan khusus terkait usia minimum bagi anak-anak. Selama anak bisa memegang stir jet ski dengan kaki menapak, mereka sudah diperbolehkan bermain.

"Rata-rata 7 atau 8 tahun, itu sudah mulai main [jet ski] mereka," ucapnya.

Untuk memberikan layanan yang lebih efektif dan efisien, pengunjung yang ingin menikmati wisata di Jet Ski Safari Jakarta harus melakukan reservasi melalui aplikasi Tripwe. Tak hanya memesan, di aplikasi tersebut pengunjung juga akan mendapatkan edukasi terkait aturan keamanan dalam melakukan wisata olahraga ekstrem seperti jet ski.

"Ini adalah extreme sport. Tapi bukan berarti tidak ada antisipasi. Justru kami memberikan literasi, mengedukasi masyarakat. Ini kalau dijalankan secara benar, bisa menjadi olahraga yang sangat baik dan menjanjikan," jelas Sofian.

Baca jugaMenguji Nyali di Wisata Panjat Tebing Via Ferrata
 
 

Potensi Bisnis Wisata

Dia mengatakan jumlah rata-rata pengunjung saat ini di Jet Ski Safari Jakarta mencapai 300 orang per bulan. Musim puncak kunjungan terjadi saat kondisi laut sedang tenang seperti pada masa awal tahun, serta saat musim liburan sekolah anak.

Untuk memperluas jangkauan pengetahuan masyarakat akan jet ski, dia mengatakan pihaknya menggunakan strategi pemasaran comunity-based. Dalam hal ini, Jet Ski Safari bekerja sama dengan komunitas-komunitas untuk semakin memberikan awareness terkait wisata olahraga jet ski.

Selain itu, hadir pula konten-konten di berbagai platform media sosial, untuk mengedukasi masyarakat sekaligus mengeksplorasi potensi destinasi wisata laut agar semakin dikenal luas. "At the end, orang kan awareness-nya dapet dan kemudian ada intention. Minimal mereka bertanya, baru kemudian kami jelaskan bahwa permainan ini sebenarnya aman," katanya.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, Sofian menuturkan pihaknya pun mencoba memenuhi kebutuhan pengunjung salah satunya menyediakan fotografer untuk menghasilkan foto terbaik secara gratis.

Menurut Sofian, seiring dengan meredanya pandemi, saat ini banyak orang yang lebih memiliki kegiatan wisata outdoor daripada indoor. Mereka yang berwisata pun didominasi oleh kalangan muda. Dua hal inilah yang akhirnya menjadi peluang besar bagi bisnis wisata olahraga air seperti jet ski.

"Growth-nya dari tahun ke tahun [pengunjung] perempuan dan anak muda yang suka water adventure itu meningkat. Kalau menurut kami, trennya akan seperti itu seterusnya, tinggal bagaimana kami bisa menawarkan paket-paket menarik untuk mereka," ucapnya.

Baca jugaIngin Nyobain Wisata Paralayang? Segini Biayanya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Episode Terakhir Reborn Rich, Hyun-woo Terlibat Pembunuhan Do-jun

BERIKUTNYA

Profil & Daftar Serial Populer Kento Yamazaki, Pemeran Utama Alice In Borderland

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: