Mudik dengan mobil rental (Sumber Foto: Freepik)

Berencana Pulang Kampung? Simak 5 Keuntungan Mudik dengan Mobil Rental

05 April 2023   |   06:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idulfitri. Apalagi dengan berakhirnya pandemi, pergerakan masyarakat tak lagi dibatasi. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik pada 2022 mencapai 85 juta orang, dan tahun ini diperkirakan jumlahnya akan bertambah.

Kendati demikian antusiasme pemudik yang tinggi kerap menimbulkan tantangan, terutama bagi mereka yang menggunakan transportasi umum. Misalnya kehabisan tiket, berdesakan, hingga risiko barang hilang selama perjalanan jarak jauh menggunakan transportasi publik.

Hal tersebut membuat jasa rental mobil makin banyak dilirik para pemudik yang ingin tiba dengan aman dan selamat sampai tujuan. Nik Muhammad Amin, CEO dan Founder Moovby, mengatakan bahwa demand akan rental mobil pribadi cukup tinggi, tapi layanannya masih terbatas.

Dia menyebut, sebagai layanan sewa mobil peer to peer, melihat peluang tersebut. Perusahaan bertujuan mempermudah mobilitas masyarakat dengan akses 24 jam seminggu ke mobil rental terdekat. Terkait dengan tradisi mudik, dia juga memaparkan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika pulang kampung dengan mobil rental. 

Berikut sejumlah sisi positif saat melakukan mudik dengan mobil rental. Yuk simak, Genhype!

Baca juga: Tip Mudik Lebaran Aman dan Nyaman, Pentingnya Pilih Moda Transportasi yang Tepat


1. Menghindari Ticket War Transportasi Umum

Meski tiket mudik sudah dijual sejak jauh-jauh hari, kepastian libur lebaran di tempat kerja seringkali baru muncul saat tiket sudah menipis bahkan terjual habis. Daripada harus berebut beli tiket transportasi umum, ka;oam dapat menyewa mobil agar perjalanan mudik bisa direncanakan lebih leluasa. Dengan mobil sewaan, perjalanan juga lebih nyaman tanpa harus berhimpitan dengan banyak orang.


2. Fleksibel Menjangkau Berbagai Destinasi

Biasanya saat pulang kampung, ada banyak kegiatan yang dilakukan. Mulai dari mengunjungi kerabat, jalan-jalan ke tempat wisata, dan lain sebagainya. Nah, jika ingin berkunjung ke banyak tempat, penggunaan mobil sewaan membuat perjalanan jadi lebih efisien ketimbang mengandalkan transportasi umum. 

Pilihlah rental mobil yang memasang bujet tetap, sehingga biayanya tidak membengkak. Kamu juga bisa meminta layanan supir yang akan mengemudikan mobilnya jika diperlukan. 


3. Kondisi Kendaraan Pribadi Tetap Prima

Perjalanan jauh dapat menyebabkan performa mobil menurun, mulai dari kondisi kopling hingga ketahanan shockbreaker. Jika terjadi kerusakan, kamu perlu merogoh kocek dalam untuk keperluan servis. Sementara itu, mobil rental umumnya sudah melalui quality check yang baik guna memastikan kondisinya aman dan memenuhi standar.
 

4. Bawa Oleh-Oleh Lebih Banyak

Dengan menyewa kendaraan pribadi saat mudik, kamu tidak perlu khawatir dengan ruang penyimpanan yang terbatas. Pemudik bisa membawa lebih banyak oleh-oleh untuk keluarganya di kampung halaman. Ketika pulang nanti kamu juga bisa membawa oleh-oleh dari kampung halaman untuk mengobati kerinduan setelah mudik. 
 

5. Bepergian Lebih Nyaman bersama Keluarga

Perjalanan jauh dengan angkutan umum dapat membuat jenuh. Anak-anak cepat bosan dan rewel, belum lagi suasananya tidak ramah untuk lansia karena harus berhimpitan dengan pemudik lainnya. Rental mobil bisa menjadi pilihan karena para pengguna bisa memilih jenis kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Di layanan Moovby misalnya, terdapat sekitar 4.000 armada kendaraan yang siap dipakai. Mulai dari Honda Brio, Daihatsu Sigra dan Toyota Yaris yang cocok untuk keluarga kecil. Adapun Toyota Innova, Isuzu Elf Long dan Toyota Hiace Premio untuk anggota keluarga yang lebih banyak. 

Baca juga: Moms, Simak 4 Tips Nyaman Mudik Lebaran Bersama Si Kecil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Pengusaha UMKM Catat, Begini Kunci Sukses Ajukan Pinjaman ke Bank

BERIKUTNYA

Rekap Kejutan Sepanjang Fase Liga FFML Season 7, Tim Unggulan Saling Kejar Poin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: