Asus Rog Ally (Sumber gambar: Twitter.com/Rog Global)

Bukan April Mop, ASUS Perkenalkan Rog Ally Jadi Konsol Game Handheld Pertama

04 April 2023   |   17:32 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Rog Ally, konsol gim handheld bikinan Asus diperkenalkan pertama kali pada 1 April 2023. Lantaran bertepatan dengan April Mop, banyak pihak meragukan Asus benar-benar telah membuat game konsol handheld pertama mereka. Hal itu membuat peluncuran Rog Ally justru dipertanyakan banyak orang.

Namun, pengumuman mengenai kehadiran Rog Ally ini langsung dikabarkan melalui akun Twitter resmi ROG Global. Dalam kicauan tersebut, mereka dengan bangga memperkenalkan konsol genggam game pertamanya.

Mereka menjanjikan gim konsol ini bisa memainkan sejumlah judul gim PC. Model Rog Ally yang lebih ringkas membuat gim PC bisa dimainkan di mana pun dan kapan pun.

Baca juga: Game PC & Konsol Buatan Indonesia Sukses Dominasi Pasar Sepanjang 2022

“Membaca gim PC Anda keluar dari ruang gim Anda kini bukan lagi sebuah fantasi. Mainkan di mana pun Anda berada dan kapan pun. Dengan Rog Ally, Anda tidak perlu berhenti bermain gim,” tulis akun Twitter resmi Rog Global pada 1 April 2023.

Meski diluncurkan tepat pada tanggal April Mop berlangsung, rasanya Asus cukup niat jika menyebut ini hanya sebuah lelucon. Sebab, mereka tidak hanya menyajikan informasi saja, tetapi bentuk dari Rog Ally juga diperkenalkan dalam sebuah video promosi yang mereka bagikan.

Video peluncuran tersebut terlalu bagus untuk diabaikan. Terlalu sayang juga jika kemudian Rog Ally hanya berakhir sebagai sebuah lelucon. Terlebih, Asus juga menyertakan tautan pembelian di platform Best Buy.

Kini, beberapa hari setelah peluncuran yang agak ambigu itu, Asus mengonfirmasi bahwa perangkat konsol handheld mereka adalah kenyataan. Para gamer dapat segera mendaftarkan diri untuk melakukan pembelian di Best Buy.
 

Meski sudah diumumkan bahwa perangkat mereka nyata, tetapi Asus masih belum terlalu banyak menginformasikan perihal spesifikasinya. Hanya ada beberapa detail kecil yang mereka bagikan kepada publik.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Asus, mereka menginformasikan Rog Ally akan dijalankan dengan Windows 11 dan ditenagai chipset AMD Ryzen khusus.

Video tersebut juga mempertontonkan bagaimana keseruan saat memainkan berbagai gim di Rog Ally. Terlihat tombol-tombol kecil di sekitar layar yang menjadi kendali permainan sekaligus mengakses sejumlah pengaturan gim.

Youtuber Dave Lee yang membagikan video review singkat prototipe Rog Ally di akun YouTube-nya menyebutkan bahwa perangkat ini hadir dengan layar sentuh berukuran 7 inci. Dengan resolusi Full HD 1080p, Rog Ally memiliki aspek rasio 16:9 dengan kecepatan refresh rate 120 Hz.

Dia juga mengatakan Rog Ally memiliki suara yang jauh lebih senyap dibanding pesaingnya, Steam Deck. Hal ini membuat pengguna bisa bermain gim dengan lebih menyenangkan karena tidak ada polusi suara yang terjadi.

ROG Ally juga memiliki pengaturan standar yang terlihat dari stik analog ganda, D-pad yang dipasang di kiri, dan empat tombol muka, ditambah beberapa tombol kecil di sekitar layar untuk mengakses menu dan pengaturan.

Rog Ally akan menjadi pesaing kuat bagi Steam Deck, perangkat konsol game handheld serupa yang telah meluncur terlebih dahulu ke pasaran. Keduanya, bakal meramaikan pasar konsol yang bisa memainkan gim-gim seru dari PC. Meskipun demikian, kita perlu menanti lebih sabar lagi sampai Asus mengeluarkan spesifikasi resmi mereka untuk Rog Ally.

Baca juga: Mengintip Jajaran Laptop Gaming ASUS yang Bakal Rilis Sepanjang 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Intip Cerita Rapper Yacko & Tuan Tigabelas Sukses Gebrak Panggung 2 Festival Musik Dunia

BERIKUTNYA

Lensa 50mm Masih jadi Primadona Fotografer & Videografer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: