Jimin BTS. (Sumber gambar : BigHit Entertainment)

Gokil, Single Like Crazy Jimin BTS Memuncaki Billboard Hot 100

04 April 2023   |   09:29 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Park Jimin akhirnya mengukir sejarah di blantika musik dunia. Member BTS itu berhasil menjadi solois Korea Selatan pertama yang debut di puncak Billboard Hot 100  lewat lagunya yang berjudul Like Crazy pada Senin, 3 April 2023. Tak hanya itu, debut Jimin sebagai solois juga berhasil mengalahkan penyanyi top lain di dunia pekan ini.

Beberapa di antaranya termasuk Miley Cyrus, Morgan Wallen, SZA, Metro Boomin, The Weeknd & 21 Savage, Taylor Swift, hingga Coi Leray.
Rilis pada 24 Maret 2023, Like Crazy dalam satu pekan terakhir ini menurut Billboard juga terdongkrak dari angka penjualan lagu yang dirilis dalam beberapa versi. Termasuk deep house remix dan UK garage remix yang juga diluncurkan di Korea Selatan.
 
 


Selama periode pencatatan dari 24-30 Maret 2023, lagu Like Crazy terjual 254.000 unit dalam bentuk unduhan dan single CD. Tak hanya itu, lagu ini juga diakses secara streaming hingga 10 juta stream, dan 64.000 kali diputar di radio.

Billboard mencatat, jumlah penjualan single Like Crazy bahkan menjadi yang tertinggi sejak perilisan single Anti-Hero dari Taylor Swift. Lagu yang dirilis pada 19 November 2022 tersebut sebelumnya tersedia dalam tujuh versi dan terjual 328.000 kopi.

Baca juga: Donasi Besar, Jimin BTS Masuk Green Noble Club for Children

Like Crazy merupakan satu dari enam lagu dalam album FACE. Lagu lain dalam album ini adalah Face-off, Interlude: Dive, Alone, Set Me Free Pt. 2, dan Like Crazy (berbahasa Inggris) yang sebelumnya telah dirilis sebagai single.

Sejumlah musisi besar dunia juga ikut berkolaborasi dalam album ini. Seperti Pdogg, Supreme Boi, GHSTLOOP, EVAN, BLVSH dan Chris James, serta RM BTS, yang berpartisipasi dalam produksi album tersebut.

Jimin menjadi member keempat BTS yang mengeluarkan album solo setelah J-Hope, Jin, dan RM. Proyek solo itu diketahui dilakukan para member BTS sebelum menunaikan wajib militer serta persiapan awal baru sebagai solois setelah pandemi.

Sementara J-Hope diketahui menjadi member BTS yang pertama merilis album solo bertajuk Jack in the Box pada Juli 2022. Ada 10 lagu dalam album tersebut, More dan Arson menjadi hit dan sudah dibuatkan video klip. 

Setekha J-Hope, Jin juga merilis debut solonya sebelum berangkat wajib militer jelang akhir tahun lalu. Jin merilis lagu The Astronaut yang ditulis dengan grup musik asal London, Coldplay.

Adapun, Jungkook juga bekerja sama dengan Charlie Puth pada lagu Left and Right dan yang membuat heboh, serta terlibat sebagai salah satu penyanyi dalam lagu resmi Piala Dunia FIFA 2022 berjudul Dreamer

Sepekan sebelum perilisan album, Jimin juga merilis single Set Me Free Pt. 2. Mengambil genre hip-hop lagu ini berisi keinginan yang kuat untuk menghilangkan berbagai emosi seperti rasa sakit, kesedihan, dan kekosongan, yang dibalut rasa ingin bergerak maju dengan bebas.

Agensi bahkan mengungkapkan lagu tersebut bahkan berhasil menempati posisi pertama tangga lagu iTunes Top Songs di 110 negara, termasuk Inggris, Kanada, Italia, dan Finlandia, pada hari berikutnya.

Jimin memulai debutnya pada 2013 sebagai anggota BTS. Sebelum merilis album solo, lelaki berusia 27 tahun itu telah menunjukkan warna uniknya melalui Lie dan Serendipity, dua lagu solonya dalam album BTS.
 
Baca juga: Berminat Liburan ke Busan? Ini Cara Seru Bertualang di Kota Kelahiran Jimin & Jungkook BTS

Baru-baru ini, Jimin BTS juga berkolaborasi dengan Taeyang BIGBANG dalam Vibe. Kolaborasi ini sekaligus mewujudkan impian Jimin yang selama ini menjadikan Taeyang sebagai inspirasinya dalam bermusik. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kala Seni Tak Sekadar Berbicara Keindahan

BERIKUTNYA

Siap Tayang Agustus 2023, Cek 5 Fakta Unik dari Trailer Blue Beetle

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: