Ramadan in Style 2023. (sumber gambar : Tokopedia)

Tren Belanja Melonjak, Brand Siapkan Ragam Koleksi Busana Hari Raya

31 March 2023   |   20:18 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bulan Ramadan yang identik dengan silaturahmi cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat termasuk akan pakaian. Buka puasa bersama hingga momen Lebaran mendorong masyarakat untuk hadir dengan gaya terbaik mereka, tentunya mendorong minat belanja pakaian.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menyatakan kinerja industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil (TPT) pada 2022 menunjukkan hasil yang baik. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal-kuartal berlangsungnya Ramadan.

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) pun mengatakan permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30 persen pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021. Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan selama Ramadan 2022, fesyen (termasuk fesyen muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi.

Baca juga: Si.Se.Sa dan NASL by Nagita Slavina Hadirkan Koleksi Hari Raya 2023

Memasuki awal Ramadan 2023, tren belanja produk fashion muslim lewat Tokopedia menunjukkan peningkatan pesat. Aldhy mengatakan berbagai produk fashion muslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia.

Misalnya saja, blus muslim yang mengalami peningkat dua kali lipat, gamis dan kaftan masing-masing dua setengah kali lipat, baju koko tiga setengah kali lipat dan baju muslim keluarga empat kali lipat.

“Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya kami melihat adanya peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion muslim selama awal Ramadan 2023," ujarnya, dalam siaran pers yang diterima Hypeabis, Jumat (31/3/2023).

Adapun wilayah seperti Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) mengalami rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.

Peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk fesyen muslim di awal Ramadan 2023 terjadi di Banyuwangi (Jawa Timur), Serang (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), Makassar (Sulawesi Selatan) hingga Medan (Sumatera Utara) dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion khususnya fashion muslim, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fashion muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Aldhy mengatakan Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadan.
 

Koleksi spesial Ramadan dari perancang Ria Miranda (sumber gambar : Tokopedia)

Koleksi dari Ria Miranda (sumber gambar : Tokopedia)


Ria Miranda menjadi salah satu brand fesyen yang mengalami peningkatan penjualan 127 persen di Tokopedia. Brand fesyen muslim yang berdiri sejak 2009 ini terinspirasi dari cara berpakaian ibu sang pemilik yang feminin, elegan dan menyukai warna pastel. Selain itu, Ria juga terinspirasi dari budaya Minang seperti songket, rempah masakan Padang serta ukiran rumah gadang.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, bisnis Ria Miranda makin maju dan dikenal lebih banyak orang. Di awal tahun 2023, penjualan Ria Miranda di Tokopedia naik sekitar 127 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022,” jelas Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari. 

Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, Ria Miranda meluncurkan koleksi eksklusif, Sangsata, yang menghadirkan motif songket berbalut ornamen bunga yang modern. Koleksi ini terdiri dari dress, tunik, mukena, atasan, scarf dan koleksi keluarga.

Selain Ria Miranda, brand fesyen lain yang juga menghadirkan koleksi terbaiknya dalam Ramadan in Style adalah Fatih Indonesia, yang didirikan oleh Fahmi Hendrawan pada tahun 2015. Brand fesyen ini menawarkan berbagai baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia.

Dalam kampanye ini, Fatih Indonesia akan menghadirkan koleksi eksklusif bertajuk Harmonia dengan warna bumi (earth tone) dan mengambil motif batik dari Tasikmalaya. Koleksi Harmonia dari Fatih Indonesia akan diluncurkan pada 3 April 2023 hanya melalui Tokopedia.

Sementara itu, CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil mengatakan bahwa selama Ramadan, pihaknya bisa mendapatkan ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadan lewat Tokopedia. Kali ini, ZM Zaskia Mecca akan meluncurkan koleksi Romansa Khatulistiwa edisi Melati. Warna putih bunga melati menggambarkan kesucian yang selaras dengan Ramadan.

"Koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 3 April 2023, dan terdiri dari blus, dress, tunik dan scarf,” jelas Haykal.

Baca juga: Jenahara x Mothercare Rilis Koleksi Ramadan untuk Anak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek 7 Spot Legendaris Berburu Takjil dari Berbagai Daerah di Indonesia Ini 

BERIKUTNYA

Acara Refleksi Legenda Film Komedi Bahas Unsur Satire atau Humor Kritis dalam Film Warkop DKI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: