Ilustrasi Pasar Ramadan (sumber gambar Unsplash/ Umar Ben)

Cek 7 Spot Legendaris Berburu Takjil dari Berbagai Daerah di Indonesia Ini 

31 March 2023   |   18:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ramadan telah tiba nih Genhype. Salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu saat bulan suci adalah berburu takjil favorit. Ya, setelah seharian penuh berpuasa, momen berburu kuliner khas Ramadan ini adalah salah satu kegiatan paling mengasyikkan.

Momen berburu takjil memang menjadi agenda wajib menjelang berbuka puasa. Bahkan, tradisi ini juga memunculkan berbagai pasar dadakan yang menjual takjil di berbagai wilayah di Indonesia dan kini menjadi pasar legendaris. 

Baca juga: Cek 7 Lokasi Berburu Takjil Murah Meriah di Jakarta, dari Benhil hingga Gandaria

Nah, biar enggak penasaran lokasi berburu takjil terkenal di berbagai daerah Indonesia berikut 7 pasar Ramadan tersebut di himpun Hypeabis.id dari berbagai sumber resmi.


1. Masjid Baiturrahman, Aceh

Kota Serambi Mekkah, Aceh, memiliki salah satu lokasi berburu takjil yang menjadi favorit warga, yakni kawasan Masjid Baiturrahman. Menjelang berbuka puasa, masyarakat Aceh memang berbondong-bondong ke pasar Ramadan ini untuk membeli kudapan berbuka puasa.

Di pasar ini juga bisa ditemukan beragam takjil khas Aceh yang bisa dinikmati. Beberapa di antaranya seperti kue bhoi dan timpan, hingga makanan pedas khas Aceh, yakni mie caluk. Jika ingin menikmati makanan segar, kalian juga bisa menemukan rujak khas Aceh yang segar ini.


2.  Pasar Benhil Jakarta

Pasar Benhil atau Bendungan Hilir merupakan salah satu spot berburu takjil paling populer di Jakarta. Pasalnya, di tempat ini ada banyak pedagang takjil yang menjual aneka makanan dan minuman untuk berbuka dengan harga yang variatif.

Adapun, biasanya yang paling banyak dicari adalah menu gorengan atau es buah. Namun, ada juga makanan khas puasa seperti kue jongkong atau bubur kampiun. Jadi, tidak heran pasar musiman ini selalu ramai dikunjungi masyarakat saat bulan puasa tiba.


3. Pasar Pabukoan, Padang

Saat berkunjung ke Kota Padang di bulan Ramadan kurang lengkap kalau Genhype tidak ngabuburit di Pasar Pabukoan. Adapun, Pabukoan adalah pasar musiman yang muncul saat bulan puasa di Padang. Salah satu yang paling populer adalah Pasar Banda Buek, yang ada di Jalan Raya Indarung. 

Di sini ada beragam takjil khas Padang yang bisa kalian buru untuk berbuka. Beberapa di antaranya adalah termasuk kue bongko yang menjadi kudapan khas Ramadan, lemang tapai, lupis serabi, bubur kampiun, hingga rendang dengan rasa yang ciamik. 


4. Pasar Pusdai Bandung

Pusat Dakwah Islam atau akrab disebut Pasar Pusdai merupakan pasar dadakan yang hanya buka saat Ramadan dan hari Jumat saja di Kota Bandung, Jawa Barat. Spot ini memang ramai dikunjungi masyarakat untuk ngabuburit, sekaligus mencari takjil untuk berbuka puasa. 

Di pasar dadakan ini Genhype juga bisa menemukan berbagai jajanan khas Bandung. Adapun beberapa di antaranya termasuk cimol, batagor, es doger, es oyen, hingga cireng. Tentu berbagai kudapan ini sangat cocok dijadikan menu untuk berbuka puasa.
1
2


SEBELUMNYA

8 Seafood Terenak di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

BERIKUTNYA

Tren Belanja Melonjak, Brand Siapkan Ragam Koleksi Busana Hari Raya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: