Takjil menjjadi salah satu kudapan yang diburu saat bulan Ramadan (Sumber gambar: Umar Ben/Unsplash)

Cek 7 Lokasi Berburu Takjil Murah Meriah di Jakarta, dari Benhil hingga Gandaria

27 March 2023   |   17:28 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Berburu takjil pada bulan Ramadan merupakan salah satu kegiatan ngabuburit yang paling mengasyikkan. Ya, aneka jajanan untuk berbuka puasa ini memang banyak dijajakan di berbagai tempat di Tanah Air selama bulan puasa, seperti kolak, kue basah, gorengan, hingga aneka minuman segar.

Aneka kuliner tersebut sering diburu masyarakat di beberapa tempat legendaris yang menjadi pusat jajan takjil yang muncul secara musiman. Di Jakarta, ada beberapa tempat yang menjadi pusat jajanan takjil yang sering dikunjungi masyarakat pada sore hari atau menjelang berbuka.

Baca juga: Rekomendasi Film Buat Ngabuburit: Ada Sang Kiayi & Di Bawah Lindungan Ka'bah

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah lokasi terkenal penjual takjil di Ibu Kota.


1. Pasar Benhil

Pasar Benhil atau Bendungan Hilir merupakan salah satu spot berburu takjil paling populer di Jakarta. Pasalnya, di tempat ini ada banyak pedagang takjil yang menjual aneka makanan dan minuman untuk berbuka dengan harga yang variatif.

Adapun, biasanya yang paling banyak dicari adalah menu gorengan atau es buah. Namun, ada juga makanan khas puasa seperti kue jongkong atau bubur kampiun. Jadi, tidak heran pasar musiman ini selalu ramai dikunjungi masyarakat saat bulan puasa tiba.
 

2. Kramat Raya

Berpindah ke daerah Jakarta Pusat ada juga spot legendaris untuk berburu takjil. Yaitu daerah kawasan Senen, tepatnya di Kramat Raya merupakan salah satu tempat yang menyuguhkan makanan khas Sumatera Barat, termasuk lemang atau nasi padang.

Makanan khas Sumatera Barat yang dijajakan di sepanjang jalan ini memang tidak ada duanya. Biasanya di bulan puasa, tempat ini  juga menyajikan sajian takjil yang menggugah selera, seperti nasi kapau dan menu berbuka lain yang bisa dibeli dengan harga yang ramah di kantong.
 

3. Masjid Sunda Kelapa

Jika berbicara mengenai masjid yang menjadi sentra berburu takjil di Jakarta pasti Genhype sudah tidak asing lagi dengan Masjid Sunda Kelapa. Ya, masjid yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini memang selalu diserbu masyarakat saat bulan puasa.

Adapun, salah satu keunikan dari spot berburu takjil di Masjid Sunda Kelapa adalah setelah berbuka dengan takjil favorit mereka bisa langsung melanjutkan ibadah salat Magrib dan tarawih di masjid tersebut. Tak hanya itu, takjil yang dijajakan di tempat ini juga beragam.
 

4. Pasar Jatinegara

Saat bulan Ramadan tiba, Pasar Jatinegara juga  tidak kalah ramainya oleh pedagang makanan untuk berbuka puasa. Kawasan di Jakarta Timur ini memang tidak hanya dikenal dengan kue keringnya saja, tapi juga menyajikan lauk pauk dan aneka takjil khas Ramadan.

Sama seperti tempat lainya, spot berburu takjil di Jatinegara biasanya juga digelar di trotoar jalan dengan aneka jajanan pasar. Beberapa yang sering diburu masyarakat tentu saja aneka gorengan, kolak biji salak, es buah, dan kudapan manis lain untuk berbuka. 


5. Jalan Panjang

Di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat tepatnya di Jalan Panjang juga tidak kalah ramainya menjadi lokasi berburu takjil masyarakat saat Ramadan tiba. Pasalnya, di tempat ini juga banyak makanan takjil favorit yang dijajakan para penjual. 

Adapun, Genhype bisa menemukan berbagai jajanan takjil dengan citarasa manis atau menu tradisional khas puasa dengan sangat mudah. Tak hanya itu, harga takjil yang ditawarkan pun cukup terjangkau mula Rp5.000 hingga Rp20.000-an.


6. Masjid Agung Al-Azhar

Tidak hanya Masjid Sunda Kelapa, Masjid Agung Al-Azhar di kawasan Jakarta selatan ini pun menjadi lokasi favorit masyarakat  untuk berburu takjil ketika bulan Ramadan tiba. Sebab, di tempat ini sering mengadakan bazar Ramadan dengan menu-menu takjil unik seperti putu mayang, klepon, hingga kue carabikang.


7. Gandaria

Jika kalian sedang berada di Jakarta Selatan, bisa juga untuk mencoba berburu takjil di kawasan Gandaria. Pasalnya di tempat ini ada sederet spot untuk berburu takjil yang sayang untuk dilewatkan. Di tempat ini pun banyak yang menjual gorengan aneka kue basah, dan menu kudapan untuk berbuka. Beberapa di antaranya seperti kue soes, pastel, bolu, dan kue manis lainnya

Baca juga: Serba-Serbi Ramadan, Ini Asal Usul Istilah Ngabuburit

Nah, itulah dia Genhype 7 lokasi berburu takjil legendaris dan terkenal di Jakarta. Jadi, sudah memutuskan untuk berburu takjil ke mana sore ini?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tiket Konser Agust D Tour in Jakarta Ludes dalam 12 Menit

BERIKUTNYA

Strategi Brand Hijab Dongkrak Penjualan di Momen Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: