Aktor Marthino Lio berhasil menyabet penghargaan Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Selasa malam (22/11/2022). (Hypeabis.id/Abdurahman)

Marthino Lio Sabet Penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2022

22 November 2022   |   23:18 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Marthino Lio berhasil menyabet penghargaan Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Selasa malam (22/11/2022). 

"Pemenang kategori Pemeran Utama Pria Terbaik adalah Marthino Lio," kata aktris Raihaanun. Setelah pengumuman pemenang itu, Piala Citra juga diberikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Martino di atas panggung.

Baca jugaSlamet Rahardjo Sabet Piala Citra FFI 2022, Jujur Jadi Kunci Utama Seorang Aktor

Penyanyi sekaligus aktor itu berhasil memenangkan kategori Pemeran Utama Pria terbaik berkat perannya sebagai karakter Ajo Kawir di film Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas karya sutradara Edwin.

Pemilik nama lengkap Rafael Guiliano Marthino Lio itu berhasil menyingkirkan nominator lain termasuk  Bio One dalam film (Srimulat: Hil Yang Mustahal - Babak Pertama), Kevin Ardilova (Autobiography), Oka Antara (Noktah Merah Perkawinan), dan Vino G. Bastian (Miracle In Cell No.7).

Menurut Marthino lewat kemenangan tersebut kebdepannya bisa menjadikan dirinya untuk tetap menjalani profesi sebagai aktor. Piala itu juga dia persembahkan khusus untuk keluarga dan sineas Tanah Air.

"Selama ini aku kan melakukan kerja kreatif itu untuk keluarga gitu ya, enggak nyangka aja sih dari hasil kerja keras tersebut bisa mendapatkan (piala) ini. Ini bentuk apresiasi buat saya. Jadi kayak ada beban yang lepas aja," papar Marthino.

Adapun, FFI 2022 digelar dengan mengangkat tema Perempuan: Citra, Karya & Karsa. Tajuk tersebut dipilih karena perempuan dianggap memiliki andil  besar dalam membangun ekosistem film yang ada di Indonesia sejak zaman Ratna Asmara hingga sekarang.

Untuk mendukung tema acara penganugerahan ini juga mendapuk  duta FFI 2022 yang terdiri dari para perempuan inspiratif termasuk  Prilly Latuconsina,Shenina Cinnamon, Marsha Timothy, dan Cut Mini.  

Tak hanya itu, deretan pembaca nominasi di FFI 2022 juga didominasi oleh figur publik perempuan dari berbagai latar belakang, seperti Asmara Abigail, Najwa Shihab, Asha Darra, Ayu Laksmi, Titiek Puspa, Putri Marino, dan Kamila Andini.

Baca jugaPutri Marino Raih Penghargaan Pemeran Pendukung Utama Terbaik di FFI 2022

Diketahui, selama ajang FFI 2022 berlangsung Komite FFI telah menerima sebanyak 470 karya film, baik film cerita panjang, film pendek, film dokumenter maupun film animasi, dan kritik film secara daring.

Selama ajang berlangsung, proses seleksi dan penjurian dilakukan secara daring melalui laman Ruang Penayangan FFI yang bekerja sama dengan aplikasi Bioskop Online. Total jumlah dewan juri yang mengkurasi karya film di ajang FFI 2022 adalah 24 orang yang terdiri dari sineas dan pengamat film nasional.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Mendikbud Nadiem Makarim Sebut Perempuan Miliki Kans Besar di Industri Film Nasional

BERIKUTNYA

Kejutan! Arab Saudi Sukses Taklukan Argentina di Laga Grup C Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: