Ilustrasi berpuasa (Sumber gambar: Laura Chouette/Unsplash)

Ini Kiat Menjaga Tubuh Tetap Fit dan Anti Ngantuk Saat Berpuasa

30 March 2023   |   23:38 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

3. Cukupi Kebutuhan Cairan

Tak ada alasan untuk tidak mencukupi kebutuhan cairan saat berpuasa. Meskipun tak bisa mengonsumsi air dari terbit matahari hingga tenggelam, baiknya kita memastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan di waktu malam hingga menjelang sahur. Rasa kantuk juga bisa muncul jika tubuh kekurangan cairan. Jika kebutuhan minum manusia pada 2-3 liter, pastikan untuk mencukupi minum di antara waktu malam dengan menjadwal minum air.

Beyondly menyarankan untuk menjadwal minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Tidak disarankan juga mengonsumsi  minuman bersoda atau kopi di waktu berbka da saur. Kandungan gulanya akan membuat tubuh cenderung lemas dan mengantuk saat berpuasa.
 

4. Tidur Cukup

Makanan yang  sehat dan olahraga yang cukup tak serta merta membuat tubuh bugar dan optimal saat berpuasa. Seperti yang dkatakan, meminum air juga menjadi hal penting lainnya. Satu hal penting lagi adalah mengenai jadwal tidur yang harus cukup.

Disarankan untuk tidak tidur kurang dari 4 jam setiap harinya. Tidur yang cukup sekitar 8 jam tentu sangat membantu menjaga tubuh tetap fit.  Sesuai dengan saran Badan Kesehatan Dunia, WHO, manusia dengan usia 18-65 tahun disarankan memiliki waktu rata-rata tidur sekitar 7-9 jam. Disarankan untuk membuat suasana kamar yang nyaman agar tidur lebih nyenyak. Misalnya, dengan mengatur penerangan yang lebh redup dengan suhu ruangan yang sejuk.


Baca juga: Mau Capai Berat Badan Ideal saat Bulan Puasa? Yuk Coba Program Satu Ini!


5. Hindari Makan Terlalu Banyak

Tip terakhir yang harus diperhatikan adalah tidak makan secara berlebhan. Sama dengan minum yang harus dijadwalkan, segala konsumsi makana atau minuman yang banyak dalam satu waktu justru akan membahayakan organ tubuh.

Mdanderson mengatakan, makan terlalu banyak membuat organ bekerja lebih keras dalam mengeluarkan hormon dan enzim ekstra untuk memecah makanan. Lambung harus  menghasilkan asam klorida. Jika makan berlebihan, asam ini dapat kembali ke kerongkongan yang mengakibatkan mulas.

Saat berbuka puasa, cobalah untuk maakan ssedikit demi sedikit. Makan terlalu banyak  bisa menyebabkan tubuh mudah mengantuk dan lemas. Apalagi jika makanan tersebut mengandung banyak gula dan lemak. Tetaplah berbuka puasa dengan makanan yang sehat.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

 
1
2


SEBELUMNYA

6 Tip Membuat Kue Tanpa Oven yang Anti Gagal, Bisa Pakai Panci Presto

BERIKUTNYA

Waspada Infeksi Saluran Kemih saat Puasa, Begini Cara Mencegahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: