(Ilustrasi cuaca panas. (Sumber gambar: Istock)

5 Tip Supaya Tetap Fit saat Puncak Musim Panas

24 July 2023   |   21:36 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Bulan Juli hingga Agustus ini menurut BMKG adalah puncak dari musim kemarau 2023. 
Mempertahankan kondisi tubuh agar tetap fit di tengah cuaca panas adalah hal yang penting untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang disebabkan oleh cuaca panas yang berlebihan. 

Manjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah upaya penting yang harus diperhatikan agar risiko dehidrasi dan kelelahan dapat dihindari. Namun, apakah mengonsumsi air saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian saat cuaca terik, atau dibutuhkan asupan tambahan lainnya.

Baca juga: Waspada Risiko Minum Air Dingin di Tengah Cuaca Panas, Bisa Sebabkan Flu hingga Diare

Berikut lima tip agar kondisi tubuh tetap fit saat cuaca panas melanda:

1. Minum air putih yang cukup
Pastikan kamu memenuhi asupan air putih di tengah cuaca yang panas, sesuai anjuran kesehatan minimal 2 liter per hari. Suhu udara yang tinggi dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan melalui keringat, dan menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah minum air putih setidaknya delapan gelas per hari, terlebih jika kamu aktif berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung
Hindarilah berada di bawah sinar matahari langsung pada jam-jam rawan panas dalam sehari, biasanya berkisar pada pukul 11 siang hingga pukul 4 sore.

Jika harus berada di luar ruangan, maka kamu dapat memakai payung atau pakaian yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya

3. Hindari pakaian berwarna gelap
Langkah berikutnya adalah gunakan pakaian yang nyaman atau berbahan lembut terhadap kulit seperti kain berbahan katun. Hindarilah pakaian berwarna gelap karena cenderung menyerap lebih banyak panas.

Jika kamu beraktivitas di luar ruangan, pilih pakaian yang dirancang untuk membantu mengatur suhu tubuh.

4. Jaga pola makan yang sehat
Tips berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan. Hindari makanan berat dan berlemak karena dapat menyebabkan tubuh merasa lebih panas.

Perbanyak makanan yang mengandung mineral dan natrium seperti contohnya air kelapa, untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan ion dalam tubuh.

5. Gunakan pendingin udara
Tips terakhir adalah berada di ruangan ber-AC atau gunakanlah kipas angin untuk membantu menjaga suhu tubuh untuk tetap nyaman dan bisa juga menghabiskan waktu di tempat-tempat umum yang ber-AC seperti pusat perbelanjaan atau mal. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gerah Akibat Cuaca Panas saat Musim Kemarau

Itulah beberapa tip yang bisa diterapkan di tengah puncak musim kemarau saat ini. Penting bagi kita untuk tetap fit di saat cuaca panas karena dapat membahayakan kesehatan terutama bagi anak-anak, orang tua, dan orang dengan kondisi kesehatan khusus. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Kiat Memaksimalkan Huawei MatePad Air

BERIKUTNYA

4 Langkah Penting Agar Tak Jadi Korban Modus Penipuan di WhatsApp

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: