Ilustrasi olahraga di rumah (Sumber gambar: Yan Krukau/Pexels)

Mau Capai Berat Badan Ideal saat Bulan Puasa? Yuk Coba Program Satu Ini!

30 March 2023   |   14:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Perubahan pola makan dan aktivitas selama bulan Ramadan tentu menjadi tantangan tersendiri untuk tetap sehat dan bugar menjalankan semua aktivitas ibadah serta kegiatan harian. Namun, pada momen ini, tak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan selama menjalankan pola makanan dan olahraga yang tepat.

Saat ini, sejumlah platform olahraga dan kebugaran menawarkan berbagai program yang dapat membantu seseorang bisa mencapai berat badan ideal selama ramadan. Salah satunya adalah Salsaliveft yang kembali meluncurkan program Ramadan Stay in Shape untuk mencapai berat badan ideal dengan cara sehat, cepat, dan tetap bugar menjalani ibadah di bulan Ramadan.

Co-Founder Salsalivefit, Salsabila Avinandita, menjelaskan  Ramadan Stay in Shape merupakan program yang menggabungkan pola makan sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori harian dengan olahraga Low Impact Interval Training yang cocok untuk pembentukan dan penurunan berat badan.

Baca juga: Mau Punya Badan Ideal? Intip 3 Jenis Diet yang Sehat & Aman

"Dengan mengikuti pola makan dan olahraga yang sudah disiapkan dalam program ini, peserta program dapat menurunkan kadar lemak dengan maksimal sambil berpuasa," jelasnya.

Program Ramadan Stay in Shape yang berlangsung selama 30 hari ini merupakan program tahunan yang dirancang oleh Salsa dan Tim Salsalivefit. Membawa konsep home training, workout yang disiapkannya memungkinkan untuk dilakukan kapanpun dan di manapun serta dapat disesuaikan dengan fitness level masing-masing individu.

Nantinya, setiap peserta akan mendapatkan healthy mini e-book yang menjadi panduan menu makanan praktis, video panduan berolahraga, konsultasi dengan trainer, kelas online olahraga, serta support system group sebagai wadah untuk saling berbagi semangat.

Salsa menuturkan, berpuasa selama bulan Ramadan tidak berarti aktivitas olahraga harus terhenti. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, paparnya, olahraga yang tepat dengan intensitas yang disesuaikan membuat tubuh tetap bugar sehingga bisa menciptakan energi semangat menjalani aktivitas harian dan ibadah dengan bonus berat badan ideal.
 

Ilustrasi olahraga di rumah (Sumber gambar: Yan Krukau/Pexels)

Penting untuk tetap menjaga pola makan saat Bulan Puasa (Sumber gambar: Nathan Cowley/Pexels)


Jaga Pola Makan

Sebagai certified sport nutritionist, menurutnya penting untuk cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi selama  Ramadan. Salsa menambahkan menu makanan dengan paduan makro dan mikro nutrisi akan membuat badan lebih bugar dan fit saat menjalankan puasa dan ibadah lainnya.

Salsa merekomendasikan untuk berbuka puasa, kurma atau jus buah tanpa gula bisa menjadi pilihan takjil untuk mendapatkan gula alami, dilanjutkan dengan menu utama yang harus terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

"Hindari konsumsi gula berlebih yang membuat gula darah naik dan memberikan efek lemas serta mengantuk selama berpuasa. Asupan gula alami yang baik untuk tubuh bisa didapatkan dari konsumsi buah-buahan," jelasnya.

Saat sahur, kalian bisa mengonsumsi oatmeal atau roti gandum dengan kacang-kacangan dan buah yang cukup untuk memberikan energi selama berpuasa. Salsa menjelaskan sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung tepung, karena bisa membuat perut kembung sehingga tidak nyaman saat berpuasa.

Selain itu, penting untuk menjaga asupan air putih selama berpuasa. Konsumsi air putih bisa diatur sesuai dengan kenyamanan, seperti 1 liter setelah berbuka sampai saat mau tidur, dan 1 liter saat sahur sampai waktu imsak tiba.

Selain pilihan jenis makanan yang baik dan sehat, rutin berolahraga juga menjadi kunci kebugaran selama bulan Ramadan. Salsa menjelaskan sebaiknya hindari berolahraga pada pagi hari, karena seseorang harus menyimpan energi untuk beraktivitas seharian.

Untuk berolahraga, pilihlah di waktu sore sekitar 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa, atau bisa 30 menit atau 1 jam setelah berbuka puasa dengan takjil. "Usahakan untuk tetap berolahraga, minimal 10 menit per hari dengan intensitas ringan dan bisa gunakan beban minimal 1 kilogram untuk latihan pembentukan otot," jelas dia.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Bagaimana Nasib Sepak Bola Indonesia Setelah Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20? 

BERIKUTNYA

Yuk Cek Fakta Tentang Serial Bulk & Cha Eun Woo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: