Membuat Kue Tanpa Oven (Sumber Foto: Freepik)

6 Tip Membuat Kue Tanpa Oven yang Anti Gagal, Bisa Pakai Panci Presto

31 March 2023   |   07:55 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, apakah kamu gemar membuat kue tapi tidak punya oven di rumah? Jangan khawatir, karena kamu tidak butuh peralatan masak lengkap untuk membuat kue yang enak dan sempurna. Sebagai pengganti oven, kalian bisa memanfaatkan pressure cooker.

Pressure cooker 
biasa kita kenal sebagai panci presto, biasanya digunakan untuk merebus, mengukus, atau mengempukkan daging dan bahan makanan lainnya. Namun ternyata, panci presto juga bisa dipakai membuat kue yang lembut dan kenyal, serta waktu memasak yang singkat. Simak tips menggunakannya yuk!

Baca juga: 3 Resep Kreasi Camilan Kue dari Sagu & Edamame untuk Menu Takjil Buka Puasa
 

1. Lakukan Tahap Pra-pemanasan

Sama seperti oven, sebelum menggunakan pressure cooker sebaiknya lakukan pra pemanasan dulu. Tujuannya guna memastikan panci memiliki panas yang merata untuk memasak kue dari semua sisi. Jika kamu tidak melakukan pra pemanasan dulu dan langsung memasukkan loyang kue, maka akan membutuhkan waktu lama untuk membentuk panas yang merata.

Akhirnya dapat menyebabkan kue matang tidak merata. Bagian luar kue bisa matang terlalu cepat, sedangkan bagian dalamnya tetap mentah. Karenanya, sebelum digunakan panaskan terlebih dahulu pressure cooker selama sekitar 8-10 menit.


2. Mengolesi Loyang Kue dengan Minyak

Supaya kue tidak menempel di bagian samping atau bawah, pastikan kamu mengolesi loyang dengan minyak dan melapisinya dengan kertas perkamen. Namun, jika kamu tidak memiliki kertas perkamen, oleskan loyang dengan minyak dan tepung saja.

Caranya ambil loyang dan gunakan sikat silikon untuk menyebarkan minyak dengan benar di bagian dalam. Kemudian taburkan sedikit tepung ke dalam loyang dan ratakan dengan tangan. Sekarang tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke pressure cooker. 
 

3. Pastikan Kue Empuk & Kenyal

Supaya hasil kuenya tidak keras dan teksturnya tidak kasar, ikuti trik berikut ini. Kamu bisa menambahkan sedikit cuka ke adonan kue, lalu kocok setidaknya selama 2-3 menit untuk membuat adonan lebih pulen. Cara ini akan mengurangi kepadatan adonan dan memasukkan lebih banyak udara ke dalamnya.
 

4. Stabilkan Loyang Kue dalam Panci

Untuk menahan loyang kue agar tetap stabil dalam oven, kalian bisa memakai dudukan logam. Fungsinya untuk membuat loyang kue mendapatkan panas yang tepat dan merata. Apabila kamu tidak punya dudukan logam, gunakan garam atau pasir untuk menstabilkan loyang kue.

Caranya tuang 2-3 cangkir garam atau pasir ke dalam sekat atau tatakan pada panci presto, sebarkan secara merata. Sekarang dengan hati-hati letakkan loyang kue di atasnya. Panas akan dialirkan secara merata melalui partikel garam atau pasir, sehingga kue dapat terpanggang dengan baik. 
 

5. Masak Adonan Kue

Masukkan loyang berisi adonan kue ke dalam panci, lalu tutup panci rapat-rapat. Gunakan sarung tangan tahan panas, lalu letakkan loyang keik perlahan di atas sekat atau tatakan panci. Lalu, tutup panci rapat-rapat untuk memulai proses pemanggangan. Kecilkan api ke suhu sedang dan panggang adonan selama 5 menit, tunggu sampai mengembang dan matang sempurna. 


6. Cek Tingkat Kematangannya

Untuk mengecek tingkat kematangan kue, cobalah menusuk bagian dalam kue dengan tusuk gigi. Jika tidak ada adonan yang melekat ketika tusuk gigi dikeluarkan, artinya kue sudah matang sempurna. Apabila masih ada adonan yang melekat, lanjutkan proses pemanggangan kue dan cek kembali kondisinya setelah 3-5 menit. 

Baca juga: Resep Kue Lapis Legit yang Manis dan  Mengenyangkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Rangkaian Festival Film Indonesia Resmi Dibuka, Usung Tema Citra

BERIKUTNYA

Ini Kiat Menjaga Tubuh Tetap Fit dan Anti Ngantuk Saat Berpuasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: