Ilustrasi berpuasa (Sumber gambar: Laura Chouette/Unsplash)

Ini Kiat Menjaga Tubuh Tetap Fit dan Anti Ngantuk Saat Berpuasa

30 March 2023   |   23:38 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, menjalankan puasa di tengah padatnya aktivitas selama bulan Ramadan memiliki banyak tantangan. Tak jarang, tubuh menjadi lemas karena harus menjalani aktivitas yang banyak selama berpuasa. Terkadang, rasa kantuk tiba-tiba menyerang menjelang siang saat berpuasa.

Padahal, ada banyak aktivitas yang harus dijalankan di siang hari. Uasa tak menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan. Menjaga kondisi tubuh tetap fit merupakan hal penting. Apalagi, berpuasa memang memiliki manfaat kesehatan dalam mengurangi kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung.  

Vice President of Business Innovation & Development ParagonCorp, Alfia Wardah mengatakan bahwa orang yang berpuasa tak boleh lupa dengan tujuan kesehatan yang bisa dioptimalkan, antara lain untuk mencapai keseimbangan, tubuh, emosi, pikirian, dan energi dalam diri.

“Dengan menjalankan gaya hidup kesehatan holistik yang bermakna sehat secara menyeluruh, diharapkan tubuh bisa tetap terjaga fit sehingga ibadah dapat lebih dijalankan dengan lebih optimal dan aktivitas sehari-hari pun menjadi tidak terganggu meski sedang berpuasa,” kata Alfia.  Maka, yang paling penting dilakukan adalah mencari cara agar tubuh tetap sehat dan tidak mengantuk saat berpuasa. Bagaimana caranya? Yuk simak!


1. Jangan Meninggalkan Sahur

Sahur menjadi bagian penting dalam melaksanakan puasa. Sahur dilakukan di pagi hari sebelum waktu berpuasa dimulai. Sahur bisa diibaratkan sebagai fondasi yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan puasa dengan lancar. Kadar gula darah bisa menjadi rendah jika menjalankan puasa tanpa sahur.

Hal ini berpengaruh pada rasa kantuk yang mudah mendera di pagi hingga siang hari. Maka, pastikan untuk tetap sahur dengan pilihan makanan yang bernutris Misalnya buah-buahan, daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, serta sumber protein lainnya yang cenderung lambat dicerna tubuh.


2. Olahraga Rutin

Siapa bilang berpuasa menghentikan kegiatan olahraga? Bahkan, olahraga bisa lebih optimal jika dilakukan selama bulan Ramadan. Melakukan olahraga ringan bisa membantu membuat tubuh bugar dan tidak mudah mengantuk. Berolaharaga bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan kapasitas yang ringan. Beberapa jenis olahraga  yang direkomendasikan untuk dilakukan adalah berjalan santai atau bersepeda  sekitar 30 menit setelah sahur.

Penelitian dari Hassane Zouhal dan kawan-kawan yang dipubliksasikan di National Center for Biotechnology Information menjelaskan, berolahraga selama keadaan puasa meningkatkan lipolisis di jaringan adiposa sekaligus merangsang oksidasi lemak perifer, menghasilkan peningkatan penggunaan lemak dan penurunan berat badan. Lakukan olahraga  sekitar 3 hingga 5 kali perminggu untuk menjaga tubuh tetap fit.

Baca juga :  Kiat Memilih Waktu Olahraga yang Tepat saat Berpuasa, Pagi atau Sore?

 
1
2


SEBELUMNYA

6 Tip Membuat Kue Tanpa Oven yang Anti Gagal, Bisa Pakai Panci Presto

BERIKUTNYA

Waspada Infeksi Saluran Kemih saat Puasa, Begini Cara Mencegahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: