Matahari Terbenam (Sumber Foto: Freepik)

6 Tempat Indah di Dunia yang Jarang Tersorot Matahari

29 March 2023   |   15:42 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Matahari terbenam menandakan hari malam segera tiba. Inilah saat yang tepat untuk masyarakat menghentikan seluruh aktivitasnya dan bersiap istirahat. Namun, ada beberapa tempat di dunia yang tidak pernah mengalami malam hari, sehingga mataharinya selalu terbit dan bersinar terang.

Pada dasarnya, satu hari terhitung 24 jam yang dibagi menjadi siang dan malam. Untuk beberapa negara seperti Norwegia, Kanada, dan Islandia akan mengalami waktu siang lebih lama, dibandingkan dengan malam hari. Bahkan, ada negara yang mataharinya tidak terbenam selama lebih dari 70 hari.

Baca juga: 7 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Sudan hingga Mesir

Di sisi lain, negara-negara ini juga dianugerahi dengan panorama alam yang menarik. Dengan demikian, cocok untuk dijadikan tujuan berwisata. Berikut beberapa negara di dunia yang tidak pernah ada matahari terbenam.


1. Norwegia

  

Svalbard (Sumber foto: Unsplash/Janik Rohland)

Svalbard (Sumber foto: Unsplash/Janik Rohland)

Norwegia menupakan negara yang dijuluki 'Tanah Matahari Tengah Malam', di mana dari Mei hingga akhir Juli atau selama kurang lebih 76 hari di sana matahari tidak pernah terbenam. Adapun di Svalbard, Norwegia yang terletak di wilayah paling utara di Eropa, matahari terus bersinar dari tanggal 10 April hingga 23 Agustus.


2. Kanada

 

Toronto, Kanda (Sumber foto: Unsplash/Eugene Aikimov)

Toronto, Kanda (Sumber foto: Unsplash/Eugene Aikimov)

Kanada juga menjadi salah satu negara yang beberapa wilayahnya tak mengalami malam hari. Terutama Nunavut dan Inuvik yang terletak di bagian utara. Selama musim panas, Matahari di Nunavut dan Inuvik bersinar penuh selama 24 jam dalam waktu dua bulan.


3. Islandia

 

Reykjavik, Islandia (Sumber foto: Unsplash/Ji Seongkwang)

Reykjavik, Islandia (Sumber foto: Unsplash/Ji Seongkwang)

Islandia adalah pulau terbesar di Eropa setelah Inggris Raya, juga dikenal sebagai negara yang tidak memiliki nyamuk sama sekali. Selama musim panas pada Juni, matahari tidak pernah terbenam di Islandia. Untuk melihat matahari tengah malam, wisatawan bisa berkunjung ke kota Akureyri dan Pulau Grimsey di Lingkar Arktik.


4. Alaska

 

Alaska (Sumber foto: Unsplash/Alexis Mette)

Alaska (Sumber foto: Unsplash/Alexis Mette)

Dari akhir Mei hingga akhir Juli, matahari tidak pernah terbenam di Barrow dan Fairbanks, Alaska. Kemudian pada November menjelang musim dingin kebalikannya, matahari tidak terbit sama sekali. Fenomena ini dikenal sebagai malam kutub, di mana pegunungan tertutup salju dan terbentuk gletser yang memesona.


5. Finlandia

 

Helsinki, Finlandia (Sumber foto: Unsplash/Tapio Haaja)

Helsinki, Finlandia (Sumber foto: Unsplash/Tapio Haaja)

Finlandia dijuluki tanah seribu danau dan pulau, di negara ini kita dapat melihat matahari secara langsung hanya selama 73 hari di musim panas. Saat itu, matahari terus bersinar, sedangkan pada musim dingin wilayah ini tidak ada sinar matahari sama sekali.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang di sini kurang tidur di musim panas dan lebih banyak tidur di musim dingin. Saat berada di Finlandia, kamu dapat merasakan pengalaman bermain ski dan menginap di iglo kaca.


6. Swedia

 

Uppsala, Swedia (Sumber foto: Unsplash/Ayadi Ghaith)

Uppsala, Swedia (Sumber foto: Unsplash/Ayadi Ghaith)

Dari awal Mei hingga akhir Agustus, masyarakat Swedia menyaksikan matahari terbenam sekitar tengah malam dan terbit pada pukul 4 pagi. Di negara ini matahari terbit bisa berlangsung hingga enam bulan dalam setahun. Para wisatawan bisa menghabiskan hari-hari yang panjang dengan melakukan berbagai aktivitas seperti bermain golf, memancing, menjelajahi jalur trekking, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kompak, 5 Negara Asean Usulkan Kebaya Jadi Warisan Budaya ke UNESCO

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Film tentang Pianis Keren yang Pas Ditonton pada Hari Piano Sedunia

BERIKUTNYA

Kuliner Seafood Jakarta 2023: Tempat Makan yang Wajib Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: