Ilustrasi Kurma (sumber gambar Unsplash/ Masjid Pogung)

7 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Sudan hingga Mesir

26 March 2023   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kurma selalu identik sebagai makanan khas Ramadan. Buah bercita rasa manis ini memang selalu dijadikan menu andalan saat berbuka puasa. Pasalnya, selain disunahkan dalam agama Islam, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kurma merupakan salah satu sumber energi, gula, dan serat yang baik. Buah ini mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium, sodium, dan zinc. tak hanya itu, kurma juga mengandung thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K. 

Kendati memiliki banyak manfaat, pohon kurma tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Biasanya kurma tumbuh di daerah gersang dengan iklim kering seperti wilayah gurun, termasuk kawasan Timur Tengah hingga Afrika Utara, atau Mesir.

Namun, tahukah Genhype negara mana saja yang menjadi penghasil kurma terbanyak di dunia? Dihimpun dari berbagai sumber resmi berikut 7 negara penghasil kurma terbesar di dunia yang buahnya sering kita makan saat berbuka puasa. 

Baca juga: 5 Kurma Termahal di Dunia, Bisa Hampir Rp400 Ribu per Kilogram!


1. Mesir

Menurut data dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, negara Mesir adalah penghasil kurma terbesar di dunia. Pada 2021 saja, negara Afrika-Asia ini tercatat memproduksi sekitar 1,7 juta ton kurma, dan ini diprediksi terus bertambah setiap tahunnya.

Mesir memiliki 15 juta pohon kurma yang tersebar di seluruh wilayahnya yang didominasi jenis kurma Hayang dan Zaghloul. Sejauh ini, Mesir telah mengekspor 53 persen dari 3 persen kapasitas ekspornya ke Maroko, lalu disusul 24 persen ke Indonesia, dan 15 persen ke Malaysia. 
 

2. Arab Saudi

Negeri tempat lahirnya agama Islam ini dikenal sebagai penghasil kurma terbesar kedua setelah Mesir. Arab Saudi tercatat memproduksi sekitar 1,6 juta ton kurma dengan jenis kurma meliputi Ajwah, Al Khunaizi, Medjool, hingga Rotab. 

Menurut laman Saudi Gazette, Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian (MEWA) membuat laporan yang menyebutkan bahwa total ekspor kurma Arab Saudi bernilai 1,215 miliar riyal Saudi pada 2022. Hal ini pun diprediksi terus tumbuh pada 2023 pasca pandemi global. 

Adapun, negara pengimpor kurma dari Saudi Arabia didominasi oleh negara Jordan sekitar 19 persen, Yaman sekitar 17 persen, dan Kuwait sebesar 15 persen. Total pohon kurma di Saudi berjumlah sekitar 33 juta batang, atau mewakili 27 persen dari populasi yang ada di seluruh dunia. 
 

3. Iran

Posisi ketiga negara penghasil kurma terbanyak di dunia adalah Iran. Setiap tahunnya negara di kawasan Timur tengah ini memproduksi sekitar 1,3 juta ton kurma yang didominasi jenis kurma Mazafati. Dari total produksi, Iran mengekspor sekitar 7,7 persen yang dihasilkan negara tersebut ke berbagai negara di di dunia. 

Adapun, negara yang paling banyak menerima kurma dari Iran adalah negara-negara di kawasan Asia. Beberapa di antaranya teramsk India sebesar 16 persen dan Malaysia sekitar 11 persen. Namun, nyatanya Rusia juga mengimpor kurma dari negara ini sebesar 9,9 persen setiap tahunnya.

Baca juga: Jadi Favorit Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Buah Kurma
1
2


SEBELUMNYA

Menjaga Warisan Pelopor Puisi Mbeling Lewat Pameran Remy Sylado 23761

BERIKUTNYA

Cek 3 Peristiwa Bersejarah saat Bulan Ramadan: Momen Diturunkannya Al-Qur'an hingga Fathu Makkah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: